alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Menjalani Prinsip Hidup Kere dengan Menjadi Freegans
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da967ef7e3a725bc90a402c/menjalani-prinsip-hidup-kere-dengan-menjadi-freegans

Menjalani Prinsip Hidup Kere dengan Menjadi Freegans

Menjalani Prinsip Hidup Kere dengan Menjadi Freegans


Sudah pada tau belum apa itu Freegan? Ini adalah gaya hidup super hemat yang lebih ketat dibandingkan gaya hidup frugal dan minimalis. Berasal dari kata "Free" yang artinya bebas/ gratis. Para freegans terkadang memiliki pengeluaran yang amat tidak masuk akal dilakukan oleh orang biasa. Bayangkan saja, dalam satu tahun mereka hanya butuh uang senilai kurang dari Rp. 200.000. Tak heran bila banyak yang menyebut gaya hidup ini sebagai gaya hidup kere/ miskin walaupun yang menjalaninya bukanlah orang kurang mampu. Kebanyakan para penganut lifestyle freegan adalah orang yang berdomisili di luar negeri. Mungkin akan sangat berbeda jika diterapkan oleh orang di Indonesia.

Pasalnya cara hidup freegan sendiri cenderung meminimalisir pengeluaran, bahkan kalau bisa alat pemenuhan kebutuhan didapatkan secara free alias gratis. Mayoritas mereka mencari makanan ke restoran dan rumah makan yang masih punya sisa bahan tak terpakai. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan bahan pangan secara cuma - cuma. Mereka juga terkadang melakukan transaksi dengan barter pada orang yang mau menukarkan barangnya dengan milik si freegan. Cara lain untuk bertahan hidup ala freegans adalah dengan menanam bahan makanan di kebun sendiri demi menghemat budget mereka. Mungkin terdengar keterlaluan pelit sih, tapi ya memang begitu prinsip hidup mereka. Dan yang membuat TS salut pada para freegans adalah mereka tidak gengsi melakoninya.

Sebenarnya dibalik 'kenekatan' mereka meminta bahan pangan sisa tersebut terselip satu tujuan mulia, yaitu untuk meminimalkan terjadinya peristiwa makanan yang dibuang sia - sia dan menyelamatkan barang yang masih bagus agar tidak mubadzir karena berakhir di tong sampah.

Beberapa freegan di Thailand dan Eropa ada yang secara ekstrim memenuhi kebutuhan hidupnya dari mencarinya di tong sampah. Namun yang perlu diingat bahwa sistem pembuangan sampah disana dengan disini jelas - jelas berbeda. Sehingga tidak mungkin kita menjalani gaya hidup freegan dengan mengais tempat sampah untuk mencari makanan karena justru bukan sehat dan hemat yang kita peroleh melainkan penyakit berat. Agan nggak mau kan sakit karena pengen hemat?

Melihat kenyataan seperti itu, bukan tidak mungkin kita bisa tetap menerapkan gaya hidup tersebut dengan catatan tidak makan dari makanan yang sudah dibuang di tempat sampah ya! Sebab kesehatan tetap harus dinomorsatukan. Ane sendiri selaku TS sepertinya tidak sanggup jika harus menjalani gaya hidup minim pengeluaran ini, paling banter ane hanya bisa hidup frugal dan minimalis saja. Kalau agan dan sista selaku pembaca thread ini gimana? Share pendapat kalian di kolom komentar ya guys!


Mengenal Snob, Penyakit Jiwanya Orang Sok Yes


Sumber referensi :
Freegans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
Halaman 1 dari 11
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
budayakan membaca isinya juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
Quote:


Reserved
emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rchbgt
Quote:


Udah keduluan ane oey
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Quote:


Sip gan, hehehehe
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Mustahil terapkan gaya hidup freegans di negara yang masyarakatnya terlalu brutal memperlakukan sampah, di mana tulang ayam bercampur aduk kertas gorengan dengan ekstrak popok bekas, dilapisi dedaunan kering yang gugur di tepi jalan, dibungkus aroma pesing emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d.arms.dealer dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Hahhaha ngakak banget ane gan emoticon-Ngakak iya nggak mungkin memang kalo disini
profile-picture
profile-picture
1syarif dan ba.noeng memberi reputasi
Quote:


Hemat boleh, tapi jangan jadi orang pelit menurutku sis.. emoticon-shakehand
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Quote:


Hm.m oppa jangan pelit emoticon-Big Grin
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Mencari sisa makanan, belum tentu higienis. Terpapar penyakit, biaya RS malah mahal.

Nikmati hidup hanya sekali, asalkan nggak boros. Toh duit nggak dibawa mati.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scoria07 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nggak pelit kok

Pernah gak sis, lihat orang pelit tapi boros?
Aku pernah

Hemat itu membatasi diri dari berlebihan, klo pelit keengganan diri untuk berbagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh seojoon
Quote:


Pernah banget tiap hari malah hahahah
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Quote:


Bener emoticon-Jempol justru sebelum mati kita kudu memakai harta harta kita itu biar g mubadzir hahaha dan bisa menikmatinya.
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Quote:


Aku melihatnya gitu sih sis nami..
Dua hal tadi beda tapi sering dipandang sama oleh orang
profile-picture
profile-picture
1syarif dan adnanami memberi reputasi
Quote:


Hu.um
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Setahun 200 ribu😱 makannya gimana itu? Terus keperluan sekolah, listrik, dll gimana?
profile-picture
profile-picture
1syarif dan mamaproduktif memberi reputasi
Quote:


Ya cari yg gratis dong sis
profile-picture
profile-picture
1syarif dan ilafit memberi reputasi
setauku frugal nggak sampai ngacak-ngacak sampah gitu deh. mungkin mainku kurabgbjauh🤭🙈🙈
profile-picture
1syarif memberi reputasi
Quote:


Ada yang gratis gitu? Hehe..
profile-picture
1syarif memberi reputasi
saya step demi step sedang memasuki dunia minimalis, Sis. bantu ya
profile-picture
profile-picture
1syarif dan adnanami memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di