alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da7e950f0bdb21a451eda1d/kenapa-sih-anjing-suka-banget-ngikutin-kita-ke-mana-mana

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Hewan peliharaan memang bisa dijadikan teman akrab di rumah. Selain kucing, salah satu hewan peliharaan  yang jadi pilihan banyak orang adalah anjing. Pernah denger nggak  Gan, istilah dogs are man’s best friend? Yap, banyak orang yang memilih anjing sebagai hewan peliharaan mereka karena kepribadian anjing yang dikenal ramah dan deket banget sama pemiliknya.

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Saking deketnya, si anjing suka banget nih ngikutin pemiliknya kemanapun mereka pergi.  Agan dan sista yang pelihara anjing pasti udah hapal deh sama kebiasaan si doggy yang satu ini. Nggak cuma anjing peliharaan kita aja sih, anjing teman kita yang udah akrab sama kita pun juga punya kebiasaan serupa. Kita di sofa, dia ikutan pergi ke sofa. Kita berdiri, dia juga ikutan berdiri. Bahkan kita ke toilet pun, dia suka ikut masuk. Layaknya bayangan, anjing kita bakal nempeel terus sama kita.

Kebiasaan ini emang nggak menjengkelkan sih, tapi penasaran nggak apa sebenernya yang menyebabkan kebiasaan ini? Nah, menurut ahli perilaku hewan, Mary Burch, Ph.D., seperti dilansir dari Reader’s Digest, ternyata ada beberapa penjelasan ilmiah dibalik perilaku  anjing yang satu ini:

1. Anjing mampu belajar dari pengalaman

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Saat si anjing mengikuti kita, biasanya hal-hal baik bakal terjadi. Maksudnya? Ya, setiap dia mendekat ke kita, kita pasti bakal elus-elus dia, ngajak dia main, atau ngasih dia snack kan? Anjing kita pinter, Gan, dan salah satu “talenta” terbesar anjing adalah kemampuannya belajar dari pengalaman. Jadi, selama dia merasakan pengalaman positif saat di deket kalian, dia bakal terus deket-deket deh sama kalian.


2. Insting alami untuk bergabung dalam kawanan

Meski anjing kita anjing rumahan, mereka tetap keturunan anjing liar, Gan, yang biasa hidup dalam kawanan. Maka dari itu, naluri untuk mencari dan menetap di sebuah kawanan ada di DNA mereka, di manapun mereka ditempatkan. Termasuk di lingkungan rumah Agan. Jadi, karena keakraban Agan dengan si anjing, Agan dan keluarga atau teman-teman udah dianggap sebagai kawanan atau kerabatnya. Lucu, ya!

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Princeton Unviersity pun membenarkan teori ini. Studi ini menyebutkan kalau dorongan dalam diri anjing untuk mengikuti, mengamati, dan menginginkan kontak fisik dari pemiliknya udah bagian dari genetik mereka.
 

3. Otak anjing melepas zat kimia baik saat berada dekat pemiliknya

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Keberadaan sang pemilik akan membuat anjing melepas zat-zat kimia baik, atau “feel good” chemicals, seperti dopamin, oksitosin, serotonin, dan endorfin yang membuat anjing merasa bahagia. Nggak cuma anjing aja, otak kita pun juga bakal melepaskan hormon-hormon yang sama saat bermain sama anjing kesayangan kita. Wah, rupanya main-main sama doggy sama-sama menguntungkan nih buat si anjing dan pemiliknya.
 

4. Anjing merasa punya kewajiban untuk membantu

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Menurut dokter hewan asal Tenessee, A.S, Kathryn Primm, anjing secara alami sangat menghargai sumber daya demi bertahan hidup. Salah satu sumber daya yang paling penting bagi anjing adalah teritori atau wilayah. Nah, saat anjing tinggal di rumah kita, rumah kita udah dia anggep sebagai teritori yang harus dia lindungi. Saat kita berkeliling di rumah, anjing pun akan mengira kita lagi berpatroli di teritori kita, dan ia pun merasa bertanggung jawab untuk membantu. Aduh, bikin gemes, yaa


5. Rasa penasaran

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Secara alami, anjing juga punya rasa penasaran dan rasa ingin tau yang tinggi. Makanya, ia akan terus mengikuti kita karena penasaran sama apa yang lagi kita lakukan.
 

Itu dia Gan, beberapa alasan kenapa anjing demen banget ngebuntutin kita ke manapun kita pergi. Jadi, jangan buru-buru diusir atau disuruh pergi, ya. Karena kebiasaan ini memang naluri alami seekor anjing. 



sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chrysalis99 dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
masih mending Lah diikutin ANJING , daripada diikuti KEMISKINAN


profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 5 lainnya memberi reputasi
karena kita miara brae
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
dia mau menjaga
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Mau main bareng
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Dasar anjing, suka ngikutin..


emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Kalau ada kucing bakal ngikutin kucing, bukan owner nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Anjing juga suka ngikutin kalau kita lagi ada duit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo kalian takut, anjing ngeliat kalian kayak maling trus di gong2 in. Jd jangan takut sma anjing makhluk terbaik di muka bumi. Lbh stia dr manusia emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Hoala pantesan temen ane ke Kost mulu numpang-numpang, ke Warung mikut, makan ikut, anjing ternyata... emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Anjing tuh setia
Coba kucing, suka kabur2 cari yg baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sevenfiveseven dan 4 lainnya memberi reputasi
Pengen banget punya gogok.. Kyanya setia bgt yaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane nggak pelihara anjing biarpun kadang suka lihat anjing jenis Shiba di internet. Tapi ane pernah waktu mau pergi subuhan ke masjid diikuti anjing padahal ane nggak ngapa-ngapain dia, kayaknya bener kayak yg di poin terakhir, dia penasaran sekalipun ane ngerasa was-was takut digigit atau digonggongi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoksaffa dan 4 lainnya memberi reputasi
yupss. nomor satu bener banget... makanya si eyang Pavlov untuk meneliti stimulus respon... si doggy memang pengamat yang luar biasa... dengan pengalaman pertama dan seterusnya itu bisa langsung apal...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botaksebelah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sialan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
Gabut kurang kerjaan, namanya juga binatang

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
uchh uchh yang nomor dua memang bagus yaa... si doggy bisa hidup sendiri.. dia juga bisa hidup bersamaan dengan kawanannya... jadi makhluk sosial ya dogg...
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
udah hampir 19 tahun miara anjing,
pernah sekali anjing pertama hilang,emak sama adek ane nyarinya sampe nangis nangis keliling komplek,soalnya tu anjing pinter,nurut trus ga bandal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
waahh... unyuu bettt yaah yang nomor tigaa... jadi penenang di kala ku gundah... kayak gitu mungkin ya... jadi membuat pemiliknya lebih adem kalau ada di dalam rumah ya.. tapi y itu.. anjingnya kudu selalu bersih ya gan sis...
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
oh pantas doggy style bikin bahagia yaa..
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kakekane.cell memberi reputasi
waaahhh.... yang keempat merasa diperhatikan ya gan sis... entu tu.. anjing aja peka ya gan...kudunya sesama manusia juga zaling peka satu sama lain ya gan... sis...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di