alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
Wanita Hamil Rutin Olahraga, Berkontribusi pada Kesehatan Bayi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da69c408d94d063013f3fa0/wanita-hamil-rutin-olahraga-berkontribusi-pada-kesehatan-bayi

Wanita Hamil Rutin Olahraga, Berkontribusi pada Kesehatan Bayi

 Wanita Hamil Rutin Olahraga, Berkontribusi pada Kesehatan Bayi

Ilustrasi. (Shutterstock)




Sejumlah cara dilakukan wanita hamil agar jabang bayi terlahir dalam keadaan sehat dan bertumbuh kembang dengan baik. Salah satu caranya ialah berolahraga.

Berolahraga tidak hanya bemanfaat bagi kesehatan sang calon ibu. Kegiatan ini juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi, terutama pada kesehatan jantung serta sistem koordinasi dan motorik bayi.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengungkap wanita yang sedang mengandung dapat melakukan olahraga dengan intensitas sedang (moderate-intensity). Kegiatan tersebut dilakukan untuk menyesuaikan tubuh terhadap perubahan yang diakibatkan kehamilan.

Penelitian teranyar dari University of East Carolina menyarankan wanita hamil untuk melakukan kegiatan aktif seperti berjalan cepat, joging, aerobik, atau spin dalam waktu 50 menit. Hal ini dikatakan mampu membuat bayi memiliki kemampuan motorik yang lebih baik. Khususnya untuk bayi berjenis kelamin perempuan.

Mengutip CNNIndonesia.com dari Daily Mail, hal ini dibuktikan peneliti Dr Linda May beserta timnya yang menemukan bahwa bayi terlahir dari ibu yang rajin berolahraga saat masa kehamilannya, memiliki jantung yang lebih kuat dan detak yang sehat.

Dalam masa penelitiannya, tim peneliti East Carolina mengambil sampel dari 71 wanita hamil sehat dengan kisaran usia 18-35 tahun. Masing-masing dari wanita ini mengandung satu bayi, dan tidak kembar.

Setengah dari wanita ini ditempatkan di kelompok program melakukan olahraga, yang tentu disetujui dengan kemauan mereka sendiri. Mereka menghabiskan waktu 45-50 menit melakukan treadmill, sepeda statis dan aerobik tiga kali dalam satu minggu. Kegiatan ini mereka lakukan secara rutin dari minggu 16 masa hamil, sampai minggu 36.

Sedangkan di kelompok lainnya, para wanita hamil tersebut hanya melakukan peregangan ringan serta latihan pernapasan dengan pengawasan. Kegiatan ini mereka lakukan tiga kali seminggu.

Hasil dari uji penelitian ini pun memiliki kabar baik. Pasalnya, semua 71 wanita berhasil melahirkan bayi dalam keadaan sehat. Namun selang beberapa minggu, beberapa perbedaan muncul di antara bayi-bayi yang lahir dari antara dua kelompok ini.

Pada saat bayi berusia satu bulan, bayi yang berasal dari ibu yang aktif berolahraga saat masa kehamilan dilaporkan berkembang lebih kuat dan cepat. Sejumlah perbedaan ini diketahui saat bayi diminta mengepalkan tangan, memindahkan objek, merangkak, berguling, dan pergerakan lain.

Olahraga pada wanita hamil juga memiliki manfaat lain. Lebih dari itu, pergerakan aliran darah akan lebih optimal. Hal ini akan membuat bayi yang sedang berkembang mendapatkan aliran nutrisi dan hormon yang lebih baik secara umum.
 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhinyzfrn dan 2 lainnya memberi reputasi
bener banget gan. sekarang kayanya udah banyak deh tempat olahraga khusus untuk ibu hamil, soalnya kan takaran olahraganya pasti beda kan antara ibu hamil sama yang lainnya. jadi tetep harus diperhatiin juga sih menurut ane
Lihat 1 balasan
salam sehat selalu
Jalan santai pagi tanpa alas kaki emoticon-Peluk
nice thread gan, kalo kata nyokap aneh sih yang penting banyak gerak sist kalo lagi hamil jangan mageran dan pola makannya dijaga hehe, sekarang juga udah banyak program olah raga buat bumil kok yaaa hehehe
sekarang olahraga bagi wanita hamil banyak jernisnya tapi sesuaikan dengan minat dan jangan lupa sesuai dengan usia.kehamilannya .
Saya juga berolahraga waktu hamil.
Setujuuuu karena di lingkungan aku works bangettt dan proses persalinan juga lebih mudah
Balasan post sagit30
beneer, kalo mau olahraga better ke tempat olahraga yang emang khusus untuk ibu hamil dahh jadi amaan.
banyak tuuu sekarang pada ikutan yoga ibu hamil
bayi terlahir dari ibu yang rajin berolahraga saat masa kehamilannya, memiliki jantung yang lebih kuat dan detak yang sehat.


wadidaw otw rajin olahraga tiap hari nih
Quote:


semuanya tetep harus dikonsultasikan dulu ke dokternya yak, karena kondisi ibu hamil beda beda
profile-picture
sriwijayapuisis memberi reputasi
Asal sesuai dengan aturan dan tidak terlalu berat bisa dilakukan dan jangan terlalu terforsir juga...
betul, bukan cuma ngefek ke bayinya sih tapi juga ke si ibu hamilnya itu, asalkan ngga terlalu berlebihan aja porsi olahraganya
olahraga tapi jangan terlalu berat
sesuai saran dokter dan aturan juga ya sis
keep healthy momy dan babynya


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di