KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da5db0a018e0d69ba053e2c/tempe-kripik-khas-kota-ngawi-yang-rasa-kriyuknya-nendang

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
pixelab dan di sini

#Tempe Kripik Khas Ngawi yang Bikin Nagih
#Berbagai Varian Rasa Tempe Kripik


Assalamualaikum

Hai Gansist, jumpa lagi dengan thread saya, Abella Citra. Semoga selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.

Tempe Kripik

Siapa sih gak tahu tempe kripik? tempe kripik adalah varian dari olahan tempe cara mengolah tempe yang dipotong tipis-tipis. Setelah diberi bumbu digoreng kering, Gansist.

Tempe kripik merupakan makanan khas kota Ngawi, dengan rasa gurih, krenyes, kriyuk, dan terasa nendang di mulut. Siapapun yang sudah mengicipi pasti nagih, Gansist.

Rasa pun bermacam-macam Gansist ada gurih, pedas, dan perpaduan di antaranya.
Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang

Tempe Kripik Khas Kota Ngawi yang Rasa Kriyuknya Nendang
sumber

Makanan khas kota Ngawi ini biasanya digunakan lauk untuk segala hidangan, Gansist. Terkadang juga hanya digado, beserta saus sambal. Dimakan rame-rame disegala suasana Gansist.

Tempe yang dipergunakan untuk membuat kripik ini adalah jenis tempe pilihan GanSist, dari biji kedelai pilihan juga. Biasanya tingkat kekerasan tertentu, supaya tidak hancur ketika tempe ini masuk ke alat pemotong kripik tempe, Gansist.

Kalau bahan yang digunakan untuk tempe banyak campurannya, tempe tersebut akan keropos. Maka ketika dipotong tempe tersebut akan hancur.

Spoiler for Mesin pemotong tempe otomatis:


Jadi harus diperhatikan betul, Gansist bahan yang akan dipergunakan untuk membuat tempe keripik ini. Mulai dari bahan baku kedelai sampai cara pengolahan menjadi tempe di sini. Harus benar-benar berkualitas agar mendapatkan hasil yang berkualitas juga.

Spoiler for Mesin pemotong kripik tempe manual:


Berikut adalah cara membuat tempe kripik

Bahan

-Tempe dengan tingkat kekerasan tertentu
-Minyak goreng
-Daun jeruk purut diiris tipis-tipis
-Tepung beras
-Tepung kanji
-Telur

Bumbu

-Bawang putih
-Garam
-Royco
-Santan
-Ketumbar

Untuk varian rasa biasanya memakai cabe, terasi, atau kunyit tergantung rasa yang diinginkan.

Cara membuat

1. Potong tempe sesuai keinginan dengan tingkat ketebalan tertentu, singkirkan.

2. Siapkan bumbu
Uleg semua bumbu dan rasa yang diinginkan, jika ingin rasa gurih maka uleg ketumbar dan bawang putih. Jika ingin pedas maka tambahkan cabe.

3. Kemudian uleni tepung beras dan tepung kanji dengan perbandingan 4:1, tepung kanji ini yang akan menciptakan krenyes, Gansist. Tambahkan santan, bumbu, dan telur, juga daun jeruk purutnya.

4. Cek dahulu tingkat kekentalan adonan, Gansist. Siapkan wajan dan panaskan minyak.

5. Goreng dengan api kecil ya, Gansist. Sering dibolak balik biar gak gosong setelah cukup matang dengan warna kecoklatan baru diangkat.

Nah, kripik tempe siap untuk disantap dan disajikan, Gansist. Jika, mau dikemas tunggu hingga uap panasnya hilang ya.

Tempe kripik ini juga diburu sebagai buah tangan ketika datang ke kota Ngawi. Soalnya rugi jika sudah sampai gak bawa oleh-oleh atau sekadar mencicipi makanan jenis ini.

Gimana? Apakah Anda juga tertarik untuk mencicipi kripik tempe khas Ngawi ini?

Terima kasih sudah membacanya thread saya, Gansist. Jangan lupa rate, koment, dan subscribe ya.

emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk

Surakarta, 15 Oktober 2019
Abella Citra
Opini pribadi

Kepoin juga makanan khas Ngawi
Cokelat Tempe yang Lumer di Mulut
Cemue yang Bikin Nagih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 46 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh abellacitra
Halaman 1 dari 18
Kripik tempe merupakan salah satu makanan khas kota Ngawi. Jadi silakan dicoba Gansist, bakal nagih pokoknya
profile-picture
profile-picture
actandprove dan ceuhetty memberi reputasi
Bisa juga ini digunakan sebagai referensi ketika ingin berwirausaha Gansist.
profile-picture
profile-picture
actandprove dan qoni77 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
actandprove dan qoni77 memberi reputasi
Diubah oleh abellacitra
tahu tepo mbah nem & alm pak jali tetap yang terbaik
keripiknya bikin seret tenggorokan

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Aihh 🤨🤨🤨 om bisa aja. Kaya e apal dech
profile-picture
actandprove memberi reputasi
Quote:


Maklum kampung halaman
#Ngawi Ramah
#Visit Ngawi

profile-picture
profile-picture
actandprove dan abellacitra memberi reputasi
Quote:


Wahh aku juga anak Ngawi Ramah, salam hangat omemoticon-Sundul
profile-picture
actandprove memberi reputasi
boleh dicoba ini tipsnya..hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Silakan sist. Pasti mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 2 lainnya memberi reputasi
pengen nyoba nih pasti enak emoticon-Travelleremoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
actandprove dan abellacitra memberi reputasi
Balasan post abellacitra
profile-picture
actandprove memberi reputasi
Diubah oleh BACILIYATSIA
wah...kalo aq ke sana...dikasih ini gak zheyenk???🙄
profile-picture
profile-picture
actandprove dan abellacitra memberi reputasi
Quote:
silakan gan. Pasti bikin pengen bawa pulang juga

Quote:

Pastinya nnnti di bungkus buat oleh2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh abellacitra
sebenernya kalau mau cari tempe krispi sudah banyak sih gak harus di ngawi, pokoknya daerah jawa timur sudah menjamur tempe krispi kaya gini. seperti malang atau batu misalnya emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
actandprove dan abellacitra memberi reputasi
Ah.... aku mah dah bosen makan kripik tempe emoticon-Leh Uga. Tiap hari aja liat tuh makananemoticon-Ngakak. Ortu ane tuh jualan kayak grosir tempe kripik di bandungemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak . Tiap hari liat. Ah

Macem macem udah ane cobakemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anakjahanam721
wowww enaaak
gurih nyo
profile-picture
profile-picture
actandprove dan abellacitra memberi reputasi
Quote:


Berapaan tuh emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actandprove dan 3 lainnya memberi reputasi
Wah ane suka suka tempe kripik emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
10031635 dan actandprove memberi reputasi
lagi khusus tempe ya sistaemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
actandprove dan abellacitra memberi reputasi
Quote:


Pagi2 goyang ompab, mau gombalin ompab lewat pantun, Uda ada yang gombalinemoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
actandprove dan abellacitra memberi reputasi
Halaman 1 dari 18


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di