alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Karupuak Leak Jajanan Yang Melegenda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da2d3e809b5ca635d329f38/karupuak-leak-jajanan-yang-melegenda

Karupuak Leak Jajanan Yang Melegenda

Hallo, agansis. gimana nih hari minggunya, semoga menyenangkan untuk semua ya.

Kali ini ane pengen membahas tentang cemilan khas Sumbar lagi nih, tepatnya jajanan anak sekolah yang melegenda di bumi Minang itu. Kerupuk kuah/ kupuak leak.


Karupuak Leak Jajanan Yang Melegenda


Apakah agansis pernah mencoba jajanan satu ini? Kalau sudah pastinya gansis ketagihan dan ingin mencoba dan mencoba lagikan? Karena karupuak leak ini memang mengandung sejenis zat yang membuat orang ingin lagi dan lagi. Eiit ... jangan salah prepepsi dulu ya.

Karupuak leak ini adalah sejenis kerupuk lebar namun tipis (ya iyalah, kalau tebal namanya bukan kerupuk lagi) yang terbuat dari singkong. Namun, ane tidak akan menjelaskan bagaimana proses singkong itu bisa menjadi kerupuk. yang ingin ane bahas adalah kenapa kerupuk leak ini bisa sangat digandrungi dari zaman baheula hingga zaman modern seperti sekarang, bukan tidak mungkin akan tetap abadi sampai zaman robot nanti. (Yang satu ini becanda gan)

Kerupuk lebar tapi bulat itu cukup digoreng aja gan, lalu di kasih kuah kental di atasnya. Perpaduan kerupuk dan kuah inilah makanya dinamakan kerupuk leak. Nah, kuah inilah yang menjadikannya enak, dan bikin ketagihan.

Setidaknya ada tiga kuah kerupuk leak ini yang sangat digemari, yuk kita kepoin satu-satu.

1. Kuah sate.
Tahukan kuah sate, iya kuah sate yang itu. Namun kita juga bisa bikin sendiri kok tanpa harus beli ke tukang sate. Cukup siapkan bumbunya seperti: sedikit jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, cabe. Haluskan lalu tumis, kasih daun jeruk, air, tambahkan tepung terigu biar kental, sedikit bumbu sate kalau tidak ada bumbu Acc saja. Kalau suka tambahkan penyedap rasa. Aduk sampe mengental dan harum lalu siap dileakkan di atas kerupuk. Hmmm dijamin yummy.

Karupuak Leak Jajanan Yang Melegenda

2. Kuah kacang.
Bikinnya juga gampang banget, gan. Pertama kita sangrai kacang tanah, semakin banyak kacangnya maka akan semakin enak. Siap disangrai lalu haluskan, beserta bawang putih, bawang merah, cabe merah, atau kalau suka boleh pakai cabe rawit, biar rasanya makin hot. Selanjutnya, tumis semua bahan terus kasih air secukupnya, kalau suka bisa tambah garam dan penyedap rasa, aduk sampai kental. Kuah kacang siap disajikan bersama pasangan sejatinya.

3.Kuah lado.
Yang ini yang paling gampang. Tinggal dihaluskan saja cabe merah atau rawit, bawang merah, bawang putih. Tomat diiris-iris tipis. Lalu tumis semua bahan kasih air secukupnya, tambah garam bisa juga penyedap rasa kalau suka. Aduk sampai kental dan taraaa, kuah lado yang hot ini begitu menggiurkan untuk segera dileakkan di atas kerupuk. Hmmm Yummy.

Sepertinya tiga macam kuah kerupuk leak diatas itu bikinnya sangat gampang sekali ya gansis. Tapi dijamin saat kita mencobanya sekali, dipastikan kerupuk yang ada dalam toples besar akan ludes tanpa disadari.


Karupuak Leak Jajanan Yang Melegenda


Biasanya di Sumbar, jajanan ini selalu ditemui disekolah-sekolah, warung, bahkan sekarang pun ada di rumah makan serta di cafe. Harganya pun sangat bersahabat sekali, kalau di sekolahan biasanya, satu buah cuma lima ratus rupiah. Kalau di rumah maka dan cafe seribu rupiah, biasalah semakin elit tempat penjualannya semakin mahal pula harganya.

Oh ya, gansis karupuak leak ini biasanya juga disajikan dengan mi atau bihun yang telah diolah, menjadikannya semakin enak untuk disantap.

Karupuak Leak Jajanan Yang Melegenda

So, agansis yang suka ngemil, apalagi di cuaca dingin musim hujan seperti ini, yang membuat perut selalu lapar dan ingin makan, tidak ada salahnya mencoba kuliner yang satu ini. Bahan-bahan mudah dan ramah dikantong, bikinnya juga gampang, enak lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DentaPublisher dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ejawahyuni90
Halaman 1 dari 4
selamat membaca gansis, semoga bermanfaat.
Khas mana?
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
Quote:


Sumbar= sumatera barat😃
mbak ts rumahnya di padang kah?
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
Quote:


Huum😍
kayaknya dulu pernah nyoba deh yg dikasih kuah kacang sama bihun. ini kerupuknya bisa macem2 ya? yg kucoba kayak opak gitu tapi tipis... bukan kecimpring.. emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
jadi pingin nyoba emoticon-Wink))
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
Takana jo kampuang
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
Enak kuah sate...
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
Wah, bikin ngiler ni makanannya emoticon-Matabelo
Lom pernah nyobain emoticon-Malu ane taunya leak yg di Bali emoticon-Cape deeehh
cocok nih buat makan sore
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
Quote:

Makan aja dulu yuk
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
Quote:


Udah makan kok emoticon-Cool
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
Yang dimaksud "leak" disini bukan berkonotasi mistis.
Tapi berdasarkan kosakata Minang, leak=baleak=berserakan (tumpah ruah)
Jadi maksud dari Karupuak Leak itu adalah Kerupuk yg diberi topping Kuah Sate Padang dan biasanya ada tambahan berupa Mie Bihun yg sdh d campur bumbu penyedap termasuk daun 2 sejoli (daun seledri n daun bawang) emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
DentaPublisher dan ejawahyuni90 memberi reputasi
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
jadi laper ,,tanggung jawab tsemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
belum pernah nyoba sampe sekarang nih ane. Makanan khas beginian kalau dibawa keluar daerah biasanya sulit untuk bersaing, tapi kalau sudah punya nama gak bakalan ada yang bisa menggoyahkan. Yang berani coba keluar dari daerahnya, bisa diperkenalkan ke tempat lain
profile-picture
ejawahyuni90 memberi reputasi
Kalo di daerah ane namanya becak emoticon-Malu (S)
Biasanya disiram bumbu kacang emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh giacartone
Quote:


Pinter
profile-picture
boelnauri memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di