alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Opsi hukum dalam menghadapi romance scam
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da0aeac48c38d5ebf21792e/opsi-hukum-dalam-menghadapi-romance-scam

Opsi hukum dalam menghadapi romance scam

Saya adalah ayah 1 anak yang sudah menikah selama 7 tahun. Dalam pernikahan kami, banyak hal yang terjadi, kesalahan-kesalahan baik dari saya maupun istri saya, serta problema masa lalu yang tidak pernah terselesaikan secara tuntas sehingga menyebabkan keretakan dalam rumah tangga saya. Sampai di satu titik dimana istri saya terlibat dalam romance scam.

Saya sudah mencoba untuk bicara dengan istri saya, baik sendiri, dengan bantuan salah satu anggota keluarganya, maupun meminta bantuan ke teman kerjanya yang saat ini cukup dekat dengannya untuk menghentikan komunikasi dengan pelaku dan transfer yang sudah mencapai nominal 150jt.

Sebagai latar belakang, awal mula istri saya terjerat romance scam ini adalah melalui LinkedIn di pertengahan bulan Mei 2019. Scammer mengaku berasal dari UK, bekerja di sektor migas dengan alias tertentu. Sepengetahuan saya, di awal Juni, istri saya melakukan transfer ke pelaku untuk pertama kalinya melalui Western Union, dan berlanjut beberapa kali dimana nama penerima berbeda-beda, tetapi selalu di negara yang sama, Turki. Sejak bulan Juli hingga hari tgl 11 Oktober 2019, transfer selalu dilakukan ke rekening bank di Indonesia dengan nama pemilik rekening yang berganti-ganti setiap terjadi beberapa transaksi. Sekurang-kurangnya ada 3 rekening yang berbeda yang digunakan sebagai media untuk transfer dari istri saya ke pelaku.

Suatu waktu di bulan Juni, istri saya merasa ada ketidakberesan dengan scammer ini. Saya tidak mengetahui secara pasti bagaimana prosesnya, tetapi pada akhirnya pelaku pun mengaku memang tergabung dalam scam group. Pelaku memberitahu istri saya nama aslinya (yang saya yakini kecil kemungkinan benar), dan sejak saat itu sering berkomunikasi melalui video call sehingga menampakkan wajah pelaku. Pelaku mengaku berasal dari Nigeria, yang besar kemungkinan adalah benar berdasarkan pertukaran foto pelaku dengan istri saya, yang mana salah satunya adalah foto pelaku mengendarai mobil dengan plat nomor Nigeria.

Sepengetahuan saya, tidak ada perjanjian bisnis antara istri saya dan pelaku. Langkah apa yang sebaiknya saya ambil secara hukum? Apakah saya bisa melaporkan kejadian / pelaku ke pihak berwajib, mengingat bukan saya langsung yang menjadi korban? Bukti-bukti seperti apa yang perlu saya siapkan sekiranya kejadian seperti ini bisa diproses secara hukum? Saat ini, saya bisa menyediakan foto pelaku, nomor rekening komplotan yang terlibat serta beberapa nomor telp scam groupnya di Indonesia, serta bukti screenshot / foto chat antara istri saya dengan pelaku. Mungkin perlu saya sebutkan bahwa sekiranya langkah hukum yang bisa saya ambil akan merugikan nama baik istri, ada kemungkinan saya tidak akan melanjutkan prosesnya, karena tujuan utama saya adalah menjauhkan istri dari scammer tersebut dan berusaha memperbaiki rumah tangga saya.

Terima kasih sebelumnya.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Untuk istrinya apakah merasa tertipu ?
Lihat 1 balasan
Balasan post gie.lank
Quote:


Sepertinya tidak. Kalaupun iya, tidak ada indikasi bahwa istri saya akan berhenti komunikasi maupun transfer dengan pelaku.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di