alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ekspedisi Papua Terang, Program Pemerintah untuk Hadirkan Listrik secara Merata
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da0760e09b5ca1b467efcc3/ekspedisi-papua-terang-program-pemerintah-untuk-hadirkan-listrik-secara-merata

Ekspedisi Papua Terang, Program Pemerintah untuk Hadirkan Listrik secara Merata

Ekspedisi Papua Terang, Program Pemerintah untuk Hadirkan Listrik secara MerataPelistrikan Papua merupakan pekerjaan rumah besar yang dihadapi oleh pemerintah. Hingga saat ini, masih ada sejumlah wilayah yang belum teraliri aliran listrik.

Sesuai data yang dipaparkan Direktur Bina Program Kelistrikan Kementerian ESDM Jisman S, untuk mencapai Rasio Desa Berlistrik (RDB) 100% di Provinsi Papua dan Papua Barat pada 2020 nanti, masih ada 414 desa dengan lebih kurang 78.000 rumah yang harus dilistriki. 

Saat ini, sebesar sebesar 98,3% telah dicapai melalui kontribusi PLN (48,5%), program LTSHE (Lampu Tenaga Surya Hemat Energi) dari  Kementerian ESDM dan listrik swadaya inisiatif pemda-pemda setempat. 

Tantangan penugasan PLN di Indonesia Timur, khususnya Papua untuk menuju RDB 100% adalah keterbatasan infrastruktur karena sulitnya medan geografis, kerapatan hunian yang rendah, serta  kompetensi sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan.

Meski begitu, program Ekspedisi Papua Terang (EPT) merupakan langkah awal PLN dalam membangun sistem kelistrikan Papua. Pemerintah terus berkomitmen untuk menghadirkan listrik bagi rakyat secara berkelanjutan.

Data dari hasil survey tersebut sekarang telah dieksekusi melalui program lanjutan “1000 Renewable Energi untuk Papua.” 

Melalui survey tersebut, PLN mendapatkan data berapa desa yang harus dilistriki, berapa jumlah penduduknya, bagaimana tingkat ekonominya, dan sumber energi apa yang potensial.

Dari sana pula PLN bisa menghitung keperluan SDM yang akan mengelola, serta bagaimana menyiapkan pembangunan dan materialnya. 

Program 1000 Energi Terbarukan dipandang bisa menjadi solusi untuk percepatan elektrifikasi melalui implementasi model "wireless electricity".

Sedapat mungkin PLN mengoptimalkan energi lokal berbasis energi baru terbarukan. Optimalisasi energi lokal berbasis energi baru terbarukan diharapkan akan memperbaiki kinerja bauran energi sekaligus menurunkan biaya pokok penyediaan (BPP).

Pembangunan kelistrikan ini diharapkan bisa berjalan paralel dengan pengembangan infrastruktur seperti jalan raya, pengembangan pusat-pusat produksi, ekonomi, pendidikan, kesehatan, serta budaya yang semakin maju, modern, dan mandiri.

Ini dalam rangka mendukung dan memperkuat kemajuan masyarakat yang adil dan makmur dalam bingkai NKRI.
Diubah oleh rangga.adie
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
you punya sumber kaga ada coy. trit you nanti dibredel coy.
Ayo tembak pekerjanya, dasar bajingan emoticon-Mad
o pe eem kan senangnya yang gelap2....ntar di robohin sama o pe em tiang l;istriknya....


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di