alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bagaimana Reaksi Pengguna Jalan Ketika Mendengar Suara Sirine Meraung Dijalan Raya???
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da075b3c820845d083e3469/bagaimana-reaksi-pengguna-jalan-ketika-mendengar-suara-sirine-meraung-dijalan-raya

Bagaimana Reaksi Pengguna Jalan Ketika Mendengar Suara Sirine Meraung Dijalan Raya???

Kalau pas lagi berkendara dijalan dan mendengar suara sirine, jangan lupa tengok spion dan memberi ruang untuk mendahulukannya ya sob.

Nah kali ini sekedar edukasi kendaraan apa aja sih yang mendapat prioritas buat kita dahulukan.

Mengacu pada Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Nomor 22 tahun 2009, tepatnya pada pasal 134, Kendaraan yang mendapat prioritas antara lain :
1. Kendaraan Pemadam Kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
2. Ambulans yang mengangkut orang sakit;
3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu-lintas;
4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
6. Iring-iringan pengantar jenazah;
7. Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Bagaimana Reaksi Pengguna Jalan Ketika Mendengar Suara Sirine Meraung Dijalan Raya???

Mungkin timbul pertanyaan, kenapa kok kendaraan pemadam kebakaran mendapat prioritas pertama??

Jawabanya karena misi pemadam kebakaran adalah genting dan penting mengingat menyangkut nyawa dan keselamatan manusia.
Ketika kendaraan pemadam kebakaran, mobil ambulans, mobil pengawalan Polisi dan mobil rombongan Presiden bertemu di suatu persimpangan, kendaraan pemadam kebakaran lah yang mendapat prioritas untuk melintas.

Bagaimana Reaksi Pengguna Jalan Ketika Mendengar Suara Sirine Meraung Dijalan Raya???

Nah, tak jarang kita temui pengendara yang bersikap cuek apabila mendengar suara sirene waktu mengendarai kendaraan dijalan raya. Mungkin salah satu penyebabnya sekarang banyak pemotor/ mobil yang terkesan alay memasang lampu rotator dan sirine di kendaraany entah hanya untuk sekedar gagah-gagahan ataupun konvoi yang terkesan "arogan".
Mungkin masyarakat terkesan cuek karena merasa sering "tertipu", udah tengok spion dan menepi ketika mendengar raungan sirine dan kilatan lampu rotator, eh yang lewat cuma sekedar rombongan konvoy yang gak penting2 banget buat didahuluin.



Rombongan presiden aja yang notabene orang no 1 di Indonesia harus mengalah..

Jadi apabila kebetulan kendaraan pemadam kebakaran yang sedang bertugas ataupun kendaraan-kendaraan lain yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang lewat, para pengguna jalan lain dimohon kesadarannya untuk memberi ruang agar mereka mendahului.

Tetap pahami dan taati rambu serta aturan lalu lintas dalam berkendara ya sob.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Berisik
Quote:


Emang gak ada undang-undang soal soal suara sirine yang boleh make siapa aja gitu?
Quote:


Ada kok gan soal peruntukkan kendaraan yang boleh make warna pada lampu isyarat atau strobo di Pasal 59 ayat 5 masih di UULLAJ nomor 22 tahun 2009.

a. Lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk kendaraan bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.
b. Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk kendaraan bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah.
c. Lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk kendaraan bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan, dan angkutan barang khusus
profile-picture
rausanvikri memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di