alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sebarkan Hoax Rusuh di Papua, Pria Asal Garut Diciduk
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da06b8de83c726aad2186e0/sebarkan-hoax-rusuh-di-papua-pria-asal-garut-diciduk

Sebarkan Hoax Rusuh di Papua, Pria Asal Garut Diciduk

Sebarkan Hoax Rusuh di Papua, Pria Asal Garut Diciduk

Jayapura, Beritasatu.com - Pria berusia 52 tahun berinisial AD, asal Garut Jawa Barat terpaksa berurusan dengan pihak kepolisian Polda Papua, lantaran melakukan aksi ujaran kebencian dan isu sara di media sosial.

Pemilik nama akun Facebook bernama Legiun Tandabe ini ditangkap Subdit V Siber Ditkrimsus Polda Papua, pada Minggu (6/10/2019) siang, di Jalan Jeruk Nipis Kota Jayapura. Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa HP yang digunakan memposting video yang berbau SARA dan ujaran kebencian, serta satu buah parang dan tongkat plastik.

Kasubdit V Siber Ditkrimsus Polda Papua, Kompol Cahyo Sukarnito menerangkan AD kini telah ditetapkan tersangka dalam kasus perkara ITE lantaran telah melakukan ujaran kebencian serta isu sara di media sosial.

"Tersangka AD telah melakukan perkara ITE sebagai pembuat, penyebar video hoax, provokatif, dan SARA terkait kejadian beberapa waktu lalu di Papua," terangnya saat memberikan keterangan pers di Mapolda Papua, Kamis (10/10) pagi.

Kata Cahyo, tersangka AD menyebar video berita bohong di media sosial baik di facebook, instagram dan youtube, bahwa seolah-olah telah terjadi pembakaran tempat ibadah dan penyerangan yang dilakukan kelompok masyarakat tertentu saat kejadian kerusuhan beberapa waktu lalu di Jayapura dan Wamena.

"Untuk modus sendiri kami akan dalami lagi, namun tujuan dari postingan itu menurut tersangka dirinya terpanggil sebagai umat Islam untuk jihad karena ada informasi masjid yang dibakar," ucapnya.

Lanjut Cahyo saat ini tersangka telah diamankan di rumah tahanan Mapolda Papua untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh penyidik.

Ia pun menambahkan atas perbuatannya tersangka AD di jerat pasal 45A ayat 2 Jo pasal 28 ayat 2 UU RI No 19 tahun 2016 atas perubahan UU No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan pasal 14 ayat 2 atau pasal 15 UU RI no 1 tahun 1946 tentang peraturan pidana dengan ancaman 6 tahun penjara atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

Sementara itu Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial dan tidak mudah terpancing dan terprovokasi dengan isu-isu provokatif, SARA dan ujaran kebencian.

"Saya harap masyarakat menggunakan media sosial dengan baik tanpa perlu menyebar informasi yang belum tentu ada kebenarannya. Begitu juga sebaliknya masyarakat juga harus bijak apabila menerima informasi yang ada di berbagai media sosial ," tegasnya.

sumur
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
subannalloh, alhamdullilah, wa syukurilah, bersyukur padamu ya alloh emoticon-Nyepi

Sebarkan Hoax Rusuh di Papua, Pria Asal Garut Diciduk
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Kadrun emang gerombolan taikemoticon-Malu
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Alhamdulillah ya akhi sudah keciduk.
luat biasa prestasi penduduk garut . kemaren ceweknya sekarang cowoknya emoticon-Recommended Seller
Lihat 1 balasan
Pelakunya ga jauh2 dari kampret emoticon-Ngakak
Balasan post basmi.kompret
Belum dombanya gan..dan dodolnya ah..banyak deh
profile-picture
Edex memberi reputasi
Ada fitur delete gak dipakai emoticon-Cape d...

Sebarkan Hoax Rusuh di Papua, Pria Asal Garut Diciduk
hidup normal kok susah amat yak...

sekolah
cari kerja/berwirausaha
shalat 5 waktu
puasa
kimpoi
punya anak
naik haji (kalau ada rejeki)

akhirat dapat. duniawi dapat

hidup nornal kek gt masak masih masuk neraka...??
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan ruuuruuu memberi reputasi
Diubah oleh leonard21
Sebarkan Hoax Rusuh di Papua, Pria Asal Garut Diciduk
Sekumpulan manusia yg sok merasa benar, tapi hobinya justru menyebarkan ketidakbenaran emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan Ulqiora memberi reputasi
jabar
Jujur lebih baik tinggalkan ajaran ini. Tuhan gak mngkn bngt bikin agama yg menjerumuskan manusia jd bodoh, miskin, keras kepala dan suka kerusakan.....

Gw dulu orang fanatik , tp lama2 mikir gak mngkn Tuhan menciptakan ajaran yg bikin manusia jd negatif
profile-picture
speedy.buntang memberi reputasi
Diubah oleh smogal
Lihat 3 balasan
bener bener udah pada bosan hidup tenang di rumah, butuh tantangan hidup baru di bui




salut emoticon-Jempol
Tampol aja pak emoticon-Big Grin
Segitu susahnya ya nyari duit, sampe rela jd tolol.. mending jd pilot, tentara, dokter.. apa kek.. masa jadi tolol. Yaj selamat menikmati. Paling di penjara lo di tusbol.. emoticon-Betty
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Balasan post smogal
Quote:


Gue perjelas ya bre.. ajaran (kelompoknya) ya.. bukan agamanya. Oke bre.. Ga ada agama yg mengajarkan radikal, cuma emang aliran itu ga kebagian otak aja..
Balasan post bycakra
@bycakra kenapa itu kelompok bs radikal ????.....krn ada ajaran
dlm agama yg bikin mereka jd sprti itu
Balasan post smogal
Quote:


Menurut lo ortu lo pernah ngajarin lo ga bener? Pasti ngajarin bener, cuma kadang elo nya yg emang menyimpang. Ibaratnya begitu.. jd bukan agamanya, tp subjeknya..


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di