alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jerinx Menang, Menteri Susi Batalkan Reklamasi Teluk Benoa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da057bfc0cad719057c5271/jerinx-menang-menteri-susi-batalkan-reklamasi-teluk-benoa

Jerinx Menang, Menteri Susi Batalkan Reklamasi Teluk Benoa

Jerinx Menang, Menteri Susi Batalkan Reklamasi Teluk Benoa


Perlawanan panjang masyarakat Bali dan para aktivis lingkungan menolak proyek Reklamasi Teluk Benoa akhirnya berbuah manis! Reklamasi dipastikan batal karena pemerintah pusat akhirnya menetapkan Teluk Benoa sebagai Kawasan Konservasi Maritim.

Kepastian ini diperoleh setelah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menerbitkan keputusan yang menetapkan kawasan Teluk Benoa sebagai Kawasan Konservasi Maritim. Penetapan itu dituangkan dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 46/KEPMEN-KP/2019 tertanggal 4 Oktober 2019 yang ditandatangani langsung oleh Susi Pudjiastuti.

Kabar baik soal ditetapkannya Teluk Benoa sebagai Kawasan Konservasi Maritim (KKM) tersebut disampaikan Gubernur Bali, Wayan Koster, dalam keterangan persnya di Rumah Jabatan Gedung Jaya Sabha, Jalan Surapati Nomor 1 Denpasar, Kamis (10/10) sore.

https://www.nusabali.com/berita/6109...san-konservasi

Menurut Gubernur Koster, keputusan menteri tersebut merupakan respons atas surat Gubernur Bali kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor: 523.32/1687/KL/Dislautkan tertanggal 11 September 2019, perihal Usulan Penetapan KKM Teluk Benoa.

Keputusan Menteri Kelautan dan Kemaritiman yang merespons usulan Gubernur Bali tersebut, berisikan lima poin. Pertama, menetapkan Perairan Teluk Benoa sebagai KKM di Perairan Provinsi Bali. Kedua, KKM Teluk Benoa di Perairan Provinsi Bali dikelola sebagai Daerah Perlindungan Budaya Maritim.

Ketiga, mengatur tentang luas Daerah Perlindungan Budaya Maritim keseluruhan mencapai 1.243,41 hektare, yang meliputi zona inti sebanyak 15 titik koordinat masing-masing dengan radius kurang lebih 50 sentimeter (Sikut Bali/telung tampak ngandang) dan zona pemanfaatan terbatas.


Jerinx Menang, Menteri Susi Batalkan Reklamasi Teluk Benoa


Keempat, batas koordinat Daerah Perlindungan Budaya Maritim tercantum dalam lampiran I dan lampiran II, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri Kelautan dan Kemaritiman. Kelima, Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjuk Pemprov Bali untuk melakukan pengelolaan Daerah Perlindungan Budaya Maritim Teluk Benoa, yang meliputi penunjukan organisasi pengelola, penyusunan dan penetapan rencana pengelolaan, serta peraturan zonasi KKM.

Kordinator ForBali, Wayan Gendo Suardana, mengapresiasi langkah Menteri Kelautan dan Perikanan serta Gubernur Bali untuk mendorong penetapan Teluk Benoa sebagai Kawasan Konservasi Maritim. Gendo bilang, penetapan itu bukan hal yang mengejutkan karena selama ini telah secara aktif melakukan pertemuan dengan stakeholder.

Salah satu contohnya adalah Peta 71 titik Suci di Kawasan Teluk Benoa yang dijadikan lampiran dalam Keputusan Pesamuhan Sabha Pandita, No. 01/Kep/SP PARISADHA/IV/2016 tentang Kawasan Suci Teluk Benoa.

Keputusan itu belum cukup untuk sepenuhnya menetapkan Teluk Benoa sebagai Kawasan Konservasi Maritim. Bayang-Bayang Perpres No 51 th 2014 masih cukup kuat. Pihaknya berpendapat bahwa masih dibutuhkan instrumen hukum yang mengkhusus dan/atau sederajat seperti Perpres yang mengatur Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional.

https://kumparan.com/kanalbali/batal...si-1s1uMS8Da6d

Jerinx Menang, Menteri Susi Batalkan Reklamasi Teluk Benoa

Oleh karenanya, instrumen hukum tersebut harus  dapat menggugurkan keberlakuan Perpres Nomor 51 Tahun 2014. Selanjutnya hal tersebut akan dapat menguatkan Perda RZWP3K yang saat ini sedang dalam pembahasan.

Ya, dengan dibatalkannya rencana Reklamasi Teluk Benoa akhirnya tuntas sudah ’pertarungan’ drummer band punk asal Bali, Superman is Dead (SID), I Gede Ari Astina alias Jerinx, dengan Susi Pudjiastuti.

Tentu kita masih ingat kerasnya protes Jerinx karena lagu band-nya dipakai untuk video Susi Pudjiastuti. Keduanya bahkan saling ‘baku hantam’ terbuka alias tweet war di media sosial Twitter, berdebat soal perizinan reklamasi. Debat itu akhirnya ditutup dengan seruan Susi yang menyebut Jerinx tendensius dan bukan orang yang pantas ia ajak bicara.

https://finance.detik.com/berita-eko...si-teluk-benoa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ZenMan1 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh noldeforestasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ngk ada kalah menang..ini semua demi kebaikan generasi berikutnya..

semoga TW menyerah dg rencananya
profile-picture
jokerI88I memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Susi munafik waktu kemaren kemana aja?

Ga akan gw lupain dosanya waktu dia nyerang BTP sama si rajwali kampret soal reklamasi jakarta.

Reklamasi jakarta ditolak. Reklamasi bali malah disetujui. Muna banget

Sekarang ditolak lagi. Kenapa? Karena udah mau selesai masa jabatannya? Bagus lah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bro.z dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 4nt1.sup3r
Lihat 1 balasan
Untuk konservasi alam. Alhamdulillah.
Quote:


Gak kebalik yg muna siapa?

Jerinx dukung ahok otomatis dukungan reklamasi teluk Jakarta jg emoticon-Ngakak
pffffftt.. si jering kurapan eh tatoan itu berjuang sendiri ya??

baru tau ane emoticon-Leh Uga
kurang rame krn ga ada ormas dan isu sara emoticon-Big Grin
Pilpres udah selesai, dpr dah selesai, beban apa lagi?
siapa tuh ane gk kenalemoticon-Cool
berarti di Indonesia tinggal jakarta saja ya yg reklamasi masih jalan?
si jaring nyamuk
si panglima cuit cuitan

waahh selamat emoticon-Selamat
Rayakan dengan emoticon-Angkat Beer
Take emoticon-Angkat Beer
Balasan post 4nt1.sup3r
Quote:


Ngahox kan dulu didukung jerinx. Lupa apa pegimana ente? emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Mantaaaap!
Balasan post manbrotheking
Quote:


Tul bro!
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
Syukur deh akhirnya batal.. Good job, Bu Susi emoticon-Wink
🎉🎊🎉🎉🎊🎉🎊🎉🎊🎊🎉🎊
suru nyaleg aj tuh jerink
dr pada ribut d twiter

kek penting aj
Saketih sekalee nih drummer perjuangannya berhasil.Disaat rekan musisi seangkatannya banyak yang hijrah dan terjun ke politik nih orang gak mau ikut kek gitu.Eh kampret lu jangan buru-buru nyoli pakai alesan nih drummer dukung ahok lu pada lupa apa di medsos sering ditroll ma nih orang dan berakhir kejang-kejang ditempat.Ditantang baku hantam gak ada yang berani jabanin payah amat nyali lu pretemoticon-Leh Uga
Wah kabar baik sih ini, akhirnya dikabulkan temen-temen aktivis bali tolak reklamasi
bu susi debes lah emang
nah gitu dong
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di