alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kredit macet pinjaman online capai Rp1,67 triliun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da057610577a90a5064f99a/kredit-macet-pinjaman-online-capai-rp167-triliun

Kredit macet pinjaman online capai Rp1,67 triliun

Kredit macet pinjaman online capai Rp1,67 triliun
Sejumlah petani jagung antre untuk memperoleh pinjaman Rp7,5 juta untuk bibit dan pupuk dari pinjaman DanaRupiah, di Kotamobagu, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Kamis (4/7/2019). Kredit macet pinjaman online mencapai Rp1,67 triliun.
Tingkat kredit macet (nonperforming loan/NPL) pada platform pinjaman online alias fintech lending kembali tembus ke angka 3 persen. Menurut data yang dihimpun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada Agustus 2019 angka NPL batas 90 hari, mencapai 3,06 persen. Melonjak dari 2,52 persen pada bulan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan besarnya dana yang disalurkan, maka besar kredit yang macet platform yang kerap disebut pinjol itu mencapai Rp1,67 triliun. Mengingat jumlah kredit yang disalurkan pada Agustus tembus Rp54,72 triliun.

OJK menilai angka ini tak berbahaya. "Masih sangat logis," ujar Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK Hendrikus Passagi di Jakarta, Kamis (10/10/2019), seperti dikutip dari Kompas.com.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFBI) Sunu Widyatmoko juga menganggap wajar. Menurutnya, di industri mana pun, kredit macet selalu ada dan bukan termasuk 'lampu kuning' untuk industri ini.

"Saya rasa tidak (harus diwaspadai), karena industri ini sedang tumbuh. Kalau bicara risk management, kalau (industri) tumbuh makan akan selalu ada proses penyeimbangan dengan risiko," ujar Sunu di Hotel Four Seasons, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019) seperti dikutip dari [URL="http://fintech"]CNBC Indonesia[/URL]. Menurut Sunu, para pelaku industri fintech selalu memitigasi dan mengupayakan bahwa tingkat NPL itu semakin turun ke depannya.

Tingkat kredit macet 3 persen ini adalah kali kedua yang terjadi di tahun ini. Angka tertinggi terjadi pada Februari lalu. Saat itu, angka NPL mencapai 3,18 persen. Tapi di bulan itu, dana yang disalurkan lewat 'hanya' Rp29,3 triliun. Artinya, kredit yang macet baru mencapai Rp931 miliar.

Sepengetahuan kami belum ada aturan ketat berapa batas NPL untuk industri fintech. Asosiasi Fintech Indonesia, Maret tahun lalu pernah meminta pemerintah menetapkan batas maksimal NPL ini.

Hendrikus, Oktober tahun lalu juga pernah menyatakan batas NPL untuk industri fintech lending maksimum hanya 1 persen. Tapi tak dijelaskan aturan mana yang ia rujuk. Berbeda misalnya dengan bank konvensional yang rasio NPL nya diatur jelas oleh Bank Indonesia dengan batas 5 persen.

Hendrikus menilai, salah satu penyebab dari naiknya angka kredit macet adalah meningkatnya jumlah peminjam baru setiap bulan. Pada Januari lalu, jumlah peminjam mencapai 5,16 juta akun. Namun Agustus kemarin melonjak jadi 12,83 juta akun.

Jumlah pemberi pinjaman juga mengembang. Pada periode yang sama, angkanya naik dari 225,9 ribu akun menjadi 530,4 ribu akun. Tak heran, industri ini makin berkembang. Jumlah terdaftar fintech yang terdaftar ada 127 lembaga. Sedangkan yang sudah mengantongi izin baru 13 lembaga.

Menurut data dari OJK, jumlah peminjam masih terkonsentrasi di Jawa, utamanya Jawa bagian barat seperti Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur. Data per 31 Agustus menunjukkan Jakarta menjadi peputaran dana terbesar, mencapai Rp17,6 triliun. Disusul Jawa Barat dengan Rp14,2 triliun, Jawa Timur Rp6 triliun, dan Banten Rp5 triliun.

Jawa Barat dengan jumlah peminjam terbesar sebanyak 3,72 juta peminjam dan disusul Jakarta dengan 3,11 juta peminjam. Peminjam maupun pemberi pinjaman di seluruh Indonesia didominasi oleh mereka yang berusia antara 19-34 tahun. Porsinya sekitar 70 persen.
Kredit macet pinjaman online capai Rp1,67 triliun


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-rp167-triliun

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kredit macet pinjaman online capai Rp1,67 triliun 28 emiten perkasa lambungkan JII akhir pekan ini - Jumat (11/10/2019)

- Kredit macet pinjaman online capai Rp1,67 triliun IHSG ditutup menguat hingga 1,36 persen

- Kredit macet pinjaman online capai Rp1,67 triliun Agum Gumelar minta intelijen kerja lebih keras cegah teror

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Guys...sekedar info ya...kalian jangan percaya sama komplotan ini, mereka (icha-prima-wiji-irman-ais-yanti) modusnya bisa hapus utang pinjol, KTA ataupun CC dengan meyakinkan korbannya bahwa mereka punya team hacker handal serta boss nya orang mabes polri aka Mr. Malik. mereka meyakinkan lagi dengan gabung di grup wa mereka dengan cara share permasalahan pinjol kalian, sebenarnya dengan gabung grup wa kita dipantau terus aktivitas nya, sepanjang waktu harus online d grup itu padahal mereka lagi brain wash sehingga kita kecanduan di grup itu. mereka (penipu ini akun @renjiro09 , @danial86107 , @bagong754 dan @jitong032) incar korbannya yg punya aplikasi pinjol minimal 7 atau punya limit CC atau KTA yang besar sehingga bisa mematok harga yang cukup besar dan uang tersebut katanya untuk beli software. JANGAN PERCAYA DAN MAU DIBODOHI..tidak ada itu penghapusan data PINJOL, KTA maupun CC...!!! terima kasih


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di