alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi kok Belum Umumkan Kabinet?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da04d01facb952a2e77b384/jokowi-kok-belum-umumkan-kabinet

Jokowi kok Belum Umumkan Kabinet?

Jokowi kok Belum Umumkan Kabinet?
jpnn.com, JAKARTA- Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih belum mengumumkan susunan kabinetnya jelang pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober 2019. Hal ini menjadi tanda tanya dan membuat publik penasaran. 


Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Jakarta Emrus Sihombing menyatakan, di suatu negara yang demokrasinya sudah stabil dan dewasa, pengumuman susunan kabinet dilakukan ketika capres berkampanye.

Sebab, ujar dia, rakyat juga pengin tahu bagaimana leadership yang ada di dalam kabinet tersebut.

Baca Juga:
KSPSI Minta Keamanan Jelang Pelantikan Jokowi - Ma'ruf Diperketat

"Kenapa, supaya masyarakat tahu siapa orang-orang yang akan duduk di pemerintahan, sehingga menjadi pertimbangan dalam memilih capres," ungkap Emrus menjawab JPNN.com, Jumat (11/10).

Emrus menambahkan, bagaimanapun keberhasilan dan kelanjutan suatu pemerintahan atau rezim juga sangat ditentukan susunan kabinet di dalamnya.

"Bagaimanapun, kabinet-kabinet itu dalam tanda petik adalah presiden kecil di bidangnya, karena mereka adalah pembantu presiden, sehingga rakyat pengin tahu," jelasnya. 

Baca Juga:
Jokowi Sampaikan Kabar Terbaru Kondisi Kesehatan Wiranto

Nah, kata Emrus, persoalannya adalah di Indonesia belum bisa melakukan itu. Sebab, capres di Indonesia merupakan hasil dari koalisi. Karena itu, akan dilihat terlebih dahulu bagaimana dukungan politiknya dan memenangkan kompetisinya.


"Karena kita ini negara yang demokrasinya belum stabil, belum dewasa, belum menerapkan demokrasi substansial utuh maka pengumuman itu dilakukan setelah pelantikan," katanya.

Menurut Emrus, di last minutes jelang pelantikan terkadang masih terjadi dialektika dalam penyusunan kabinet antara presiden dengan partai pengusung dan kekuatan politk tertentu. Ada pula yang masih menentukan apakah berada di dalam atau luar kabinet.


Baca Juga:
Jokowi Bertemu SBY Lagi, Komposisi Kabinet 2019-2024 Bakal Direvisi

"Menurut saya, siapa yang ada di kabinet sekalipun itu hak prerogatif presiden, tetap merupakan produk dialektika presiden dengan partai dan kekuatan politik tertentu di masyarakat, bisa juga organisasi kemasyarakatan," jelasnya.

Bahkan, Emrus melihat ada peluang pemerintahan Jokowi berkoalisi dengan Partai Gerindra sekalipun partai besutan Prabowo itu bukanlah pengusung Jokowi.

"Ini membutuhkan waktu sehingga tidak bisa diumumkan secepat mungkin,"  katanya.

Emrus berpendapat sebaiknya kabinet diumumkan tidak lama setelah Jokowi dilantik sebagai presiden untuk masa jabatan kedua.

"Begitu usai pelantikan di MPR, Jokowi langsung ke Istana untuk mengumumkan kabinet. Paling tidak satu jam setelah pelantikan," jelas Emrus.

Menurut dia, tentunya susunan kabinet itu telah dipersiapkan sebelum pelantikan, sehingga satu jam setelah dilantik, Jokowi bisa mengumumkannya.


"Jadi, efektifnya setelah dilantik, satu jam kemudian Jokowi ke Istana mengumumkan kabinet. Lebih baik lebih cepat," pungkasnya.

(boy/jpnn)

BERITA TERKAIT

Prabowo Penuhi Undangan Jokowi?
Ssttt... Sore Ini Presiden Jokowi dan Pak Prabowo Bertemu Lagi
Manuver Jokowi Jelang Dilantik, Kemarin Ketemu SBY, Hari Ini Undang Prabowo
Jokowi Bertemu SBY Lagi, Komposisi Kabinet 2019-2024 Bakal Direvisi
Jokowi: Pengamanan Pejabat Ditambah
Jokowi Sampaikan Kabar Terbaru Kondisi Kesehatan Wiranto



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
masi lobi2 ama oposisi, gmana enaknya kl ngegarong bareng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
belum dilantik kok udah ngumumin kabinet..

piye toh
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan kaiharis memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Emangnya udah dilantik jkw di periode kedua ?
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan kaiharis memberi reputasi
Balasan post Balziev
Quote:


eh tolol, biasanya nama2 calon udh dimumumin...idiot lo


https://jateng.tribunnews.com/amp/2019/04/12/inilah-nama-nama-calon-kabinet-menteri-jika-prabowo-sandi-menang-pilpres-2019-diumumkan-di-surabaya
profile-picture
tuffinks memberi reputasi
Balasan post Balziev
@wolfvenom88
ohh baru tau ane kl prabowo sandi menang pilpres 2019???

profile-picture
profile-picture
profile-picture
riolam dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post Balziev
Quote:


@Balziev kan gue bilang ga haram umumin nama calon kabinet blog? tolol lu
profile-picture
yusuko memberi reputasi
Nyang menang sape nyang ga sabar sape tong...
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan kaiharis memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Ya terserah Jokowi lah.
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan kaiharis memberi reputasi
Jaman Beye aja, kabinet baru dibentuk 2 hari setelah pelantikan Presiden kok emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan kaiharis memberi reputasi
Belum dilantik tuh.
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan kaiharis memberi reputasi
Sabar gan, dilantik aja belum hehehe semoga yang dipilih yang terbaik lah, yg kinerjanya bagus bertahan yang tidak jelas direshuffle
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan kaiharis memberi reputasi
gak di Umumkannya Kabi_Net mungkin jaringannya Lemot emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Secara politik boleh saja dia ngumumin, tapi secara hukum bisa bermasalah kalau dia umumin sebelum pelantikan.

Yg ngatur disini ,Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara

Lalu kalau misal dia mau merge atau pisahin kementrian pun harus melalui persetujuan dpr

Jadi baru bisa dilakukan setelah dia sah diangkat kembali menjadi Presiden periode 2019-2024
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ravenedge dan 4 lainnya memberi reputasi
bakal banyak kejutan
H-9 emoticon-Big Grin
sabar dikit napa
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
ga gmpg bikin kabinet. sabar2 aja bro
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
masih lobi2 kali mau pesan kursi berapa ke koalisinya emoticon-Big Grin
apalagi byk oposisi yg udah merapat emoticon-Big Grin emoticon-Betty (S)
ntar maen umumin ada yg sakit hati g kebagian kan repot emoticon-Betty (S) emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
Sabar aja, gan. emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan king.aslan memberi reputasi
ane mau jadi menteri KASKUS aja
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di