alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Daftar Terbaru Obat Maag Ranitidin yang Ditarik BPOM Terkait Risiko Kanker
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da040eaf0bdb2630076ffaf/daftar-terbaru-obat-maag-ranitidin-yang-ditarik-bpom-terkait-risiko-kanker

Daftar Terbaru Obat Maag Ranitidin yang Ditarik BPOM Terkait Risiko Kanker

Daftar Terbaru Obat Maag Ranitidin yang Ditarik BPOM Terkait Risiko Kanker

Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memutuskan untuk menarik semua produk obat maag dan asam lambung ranitidin. Total ada 67 batch yang tercemar N-Nitrosodimethylamine (NDMA), bahan yang dikaitkan dengan risiko kanker.

"Kemarin kita uji 10 brand dan ada 6 brand yang terindikasi tercemar NDMA. Jadi kami memutuskan untuk meng-hold dulu, semuanya kita tarik, ijin edarnya kita bekukan dulu sementara," jelas Kepala Badan POM, Penny K Lukito, saat ditemui detikcom, Jumat (11/10/2019).

Sebelumnya, pada 4 Oktober 2019, BPOM merilis sejumlah produk ranitidin yang terdeteksi mengandung cemaran NDMA di atas ambang batas. Dalam rangka kehati-hatian, BPOM akhirnya memerintahkan seluruh industri farmasi pemegang izin edar produk ranitidin untuk menghentikan sementara produksi, distribusi, dan peredarannya.

Berikut, daftar lengkap 67 batch produk obat maag dan asam lambung ranitidin yang ditarik atau recall dari peredaran.

PERINTAH PENARIKAN:

1. PT Phapros Tbk

Ranitidine Cairan Injeksi 25 mg/mL
Nomor bets produk beredar:
95486 160 s/d 190
06486 001 s/d 008
16486 001 s/d 051
26486 001 s/d 018

PENARIKAN SUKARELA:

1. PT Glaxo Wellcome Indonesia

Zantac Cairan Injeksi 25 mg/mL
Nomor bets produk beredar:
GP4Y, JG9Y, XF6E


2. PT Global Multi Pharmalab

Rinadin Sirup 75 mg/5mL
Nomor bets produk beredar:
0400518001
0400718001
0400818001

3. PT Indofarma

Indoran Cairan Injeksi 25 mg/mL
Nomor bets produk beredar
BF 12I008

Ranitidine Cairan Injeksi 25 mg/mL
Nomor bets produk beredar:
BF17I 009 s/d 021

4. PT Pharos Indonesia

Ranitidin HCl tablet salut selaput 150 mg
Nomor bets produk beredar:
C8H524G
C8I964G
C8M229I
C9C232K
C9C241K
C9C243K
C9G301M
C9G751M

5. PT Armoxindo Farma

Conranin tablet salut selaput 150 mg
Nomor bets produk beredar:
Produksi tahun 2016 s/d Oktober 2019

6. PT Dexa Medica

Radin tablet salut selaput 150 mg
Nomor bets produk beredar:
3272 115 s/d 116
2871 358 s/d 359
3071 749 s/d 750
2280 374 s/d 275
3282 161 s/d 162
2480 749 s/d 750
2581 019 s/d 022
2681 102
2781 279 s/d 281
2981 694 s/d 517
2590 646
2590 680
2991 295 s/d 296

Ranitidine HCl Tablet Salut Selaput 150 mg
Nomor bets produk beredar:
48G4 121 s/d 124
48H4 189 s/d 191
48H4 195 s/d 228
48I4 126 s/d 155
48I4 220 s/d 229
48J4 146 s/d 175
48K4 127 s/d 129
48K4 133 s/d 155
48K4 270 s/d 279
48L4 141 s/d 151
48L4 153 s/d 160
49A4 163 s/d 191
49B4 165 s/d 179
49B4 181 s/d 184
49C4 115 s/d 142
49D4 100 s/d 124
49D4 210 s/d 224
49E4 141 s/d 150
49E4 260 s/d 268
49F4 122 s/d 131
49G4 169 s/d 178
49J4 220 s/d 229
49K4 179 s/d 184
49K4 185 s/d 204
49L4 179 s/d 188
49L4 249 s/d 258
50A4 200 s/d 207
50A4 212 s/d 219
50B4 151 s/d 156
50F4 163 s/d 167
50G4 169 s/d 178
50H4 170 s/d 194
50H4 196 s/d 197
49C0512

Sumber :

https://m.detik.com/health/berita-de...uredArtikel_11

Ternyata..emoticon-Frown
profile-picture
mamatsapien memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Dipesan
Diubah oleh co_sange45@yaho
jir ranitidin pun kena emoticon-Bingung
rokok vs obat emoticon-Cool
Nice info
Udah gak pernah pake Ranitidin, malah suka bikin perih lambung, mendingan prom*g aja.
profile-picture
petani.syusyu memberi reputasi
gw ga hapal nama obat.
klo sakit, nnton bokep. takut tidur, nonton doraemon.
ane pernah minum obat ini, obat keras untuk mag
emang gile sih, itungan menit langsung ilang tuh sakitnya
Anak gw kemarin dikasih ini nih ama dokter

Coba periksa mereknya apa yah

Kacau ini produsen obat
Waduh thanks infonya TS..Ane pake obat Ranitidin buat maag ane..waduh makasih again ya gan TSemoticon-Shakehand2
penyakit orang miskin nih emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Itu bpom kok gak mengawasi dan menindak tegas para seller obat dishopee yak??

Padahal disana segala macam obat keras macam ultracet, tramdl, dan sejenisnya dijual dengan sangat bebas


emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung
profile-picture
mamatsapien memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mending mylanta aja dah, pabrik obat punya Parke Davis USA, setoran kuat ke kemenkes jadi gak mungkin auto ditarik dari pasaran
Anjir ranitidin andalan ane pas lagi maag emoticon-Frown
Quote:


Bppom mah isi nya sama aj gan org2 nya...lebih ganas mreka dibanding coklat kalo operasi...emoticon-Big Grin

alah bulshit bpom

rokok yg berbahaya knp gak ditarik jg wkwkw bilang aja gak dapat uang pajak dan sertifikasi halal makanya menjelekan produk produk obatnya emoticon-Ngakak

bpom abal abal rakyat indonesia jgn mau dikadalin mereka cuma mau fulus aja emoticon-Ngakak
Balasan post prince.cerberus
dikasih fulus diem dah bpom emoticon-Ngakak
Balasan post redp00l
Quote:


Iya gan ane orang miskin, ternyata obatnya bisa resiko kangker emoticon-Frown

Daftar Terbaru Obat Maag Ranitidin yang Ditarik BPOM Terkait Risiko Kanker


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di