alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da03ca4263772020d74088e/temuan-komnas-ham-aparat-gunakan-kekerasan-berlebihan-di-demo-22-mei

Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei

Laras Devi Rachmawati - detikNews
Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (Ari Saputra/detikcom)


Jakarta - Komnas HAM mengatakan ada temuan awal tentang penggunaan kekerasan berlebihan oleh aparat terkait penanganan kericuhan saat aksi 21-22 Mei 2019. Meski demikian, saat ini penyelidikan masih terus berlangsung.

"Temuan awal begitu ada penggunaan kekerasan berlebihan oleh aparat," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara di kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Temuan penggunaan kekerasan oleh aparat itu disebut terkait adanya korban meninggal. Beka menyatakan Komnas HAM sudah meminta keterangan Kapolres Jakarta Barat terkait peristiwa seputar kericuhan 21-22 Mei.

"Yang jelas, temuan kami ada kekerasan ada korban yang meninggal ada kemudian pembakaran dan ini baru temuan belum jadi kesimpulan karena kami harus minta keterangan kepolisian seperti apa penanganannya apakah sudah sesuai protap atau tidak kemudian bagaimana soal provokasi di internet dan social media itu kan juga ke perhatian kami. Kami sudah minta keterangan dari Kapolres Jakbar kemudian komunikasi dengan polda dan mengunjungi juga Rutan Polda," ujarnya.

Nantinya, kata Beka, Komnas HAM bakal membuat kesimpulan apakah temuan awal tentang penggunaan kekerasan berlebihan itu hanya kelakuan oknum aparat atau ada perintah. Saat ini, Komnas HAM masih menginvestigasi hal itu.

"Itu nanti apakah kekerasan berlebihan oleh aparat ini memang dipengaruhi oleh oknum saja atau memang ada perintah atau komando itu yang kita cari," ujarnya.

Sebelumnya, Ombudsman juga telah memaparkan hasil evaluasi lewat rapid assessment (RA) atau penilaian cepat terkait tindakan Polri dalam pengamanan demonstrasi yang berujung ricuh pada 21-22 Mei 2019. Menurut Ombudsman, ada empat hal yang menjadi temuan dalam penilaian itu.

Salah satu temuannya adalah terkait cara bertindak Polri. Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu menyebut polisi menggunakan senjata dan alat-alat kepolisian yang dalam penggunaannya seharusnya dilaporkan ke atasan setiap hari.

"Nah, di dalam pelaksanaannya terkait pengamanan, misalnya ada aktivitas-aktivitas yang kita tahu semua pada 21-22 itu ada penggunaan senjata, ada penggunaan alat-alat kepolisian yang seharusnya oleh atasan yang ada di lapangan itu selalu dilaporkan setiap harinya dan dalam temuan kami laporan sebagai bagian dari upaya melakukan evaluasi dan pengawasan itu yang tidak dilakukan secara efektif sehingga ada penyimpangan prosedur," kata anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (10/10).

Sumber : Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Asik nongol juga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Yang bakar fasum dan fasilitas negara kaga kena HAM?
Yg nimpuk polisi pake batu kaga kena HAM?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
aerisiulang dan extreme78 memberi reputasi
sodom bapaknya si beka apakah kena ham?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Ya udah ditunggu kesimpulannya nanti apa.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
berlebihan ???

ya udah ... sono lu yg maju dah buat hadapin para perusuh emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Mahasiswa mati..

Rakyat menangis..

Polisi benjol..

Koruptor tertawa didepan tv. emoticon-Selamat




















#BukanUrusanSaya
Lihat 1 balasan
Komnas HAM ini melakukan penyelidikan dari sebab akibat ga sih?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ohhh gitu, boleh dong besok lemoticon-Wkwkwk ebih bringas lagi perusuhnya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Balasan post kily89
Sejauh yg gw liat, kebanyakan KOMNAS emang lebih sering ngeliat "akibat" ketimbang "sebab". Disatu sisi emang bikin objektivitas mereka jadi jelas, tapi disisi lain, malah jadi gak bisa melihat keseluruhan/inti permasalahan
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan joseffani memberi reputasi
Quote:


Kalau permasalahan nya aja ga dilihat penuh, hasil keputusan nya juga masuk kategori gagal lah... Ga kredibel
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan eFVZee memberi reputasi
Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei

mestinya sesekali komnas ham perlu diajak berada dibalik tameng. emoticon-Belgia
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Pak Beka kalau punya anak jadi polisi apa ngomongnya ,tetap sama.Jangan bermain di satu sisi apatis sama aparat ,polisi juga manusia punya batas mental.
Bagaimana perasaan anak polisi yg luka atau meninggal dunia,jangan cuma omong itu resiko profesi.
HAM selalu menyudutkan aparat,kalau aparat serba salah apa tunggu demonstran menjarah,merusak,memperkosa rakyat yang tidak bersalah.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Trus yang demo kurang ganas ? polisi kan hanya mengimbangi massa nya, kalo massa damai mrk damai, kalo massa beringas ya ngikut juga, emang polisi bukan manusia gak butuh HAM ?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Komnas taik

Lo ada ambulan bawa batu buat nyerang polisi diem aja
emoticon-Najis
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Percuma ga kedengeran lo pada ribut diluar...

Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei
brimob nya emosional di lapangan
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Balasan post ntapzzz
Quote:



setubuh bre.

Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei

Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei

Malam2 udara dingin enaknya bikin api unggun untuk menghangatkan badan.
Kelihatan kan akur sekali
KOMpor pemaNAS HAM

GEMBOK3D
Diubah oleh lanank.jagad
Buahahaha... Itu oknum yang bawak sajam, batu, dan alat lainnya untuk bentrok ama Polisi gak jadi temuan? emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka Kalo udah cenderung anarkis, saya dukung tindakan represif Polri untuk melakukan penguraian masa..
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di