alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gambaran Suasana Halloween Jika Dirayakan Di Indonesia, Dijamin Lebih Serem
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da03a4065b24d268668883e/gambaran-suasana-halloween-jika-dirayakan-di-indonesia-dijamin-lebih-serem

Gambaran Suasana Halloween Jika Dirayakan Di Indonesia, Dijamin Lebih Serem

Gambaran Suasana Halloween Jika Dirayakan Di Indonesia, Dijamin Lebih Serem

Gambaran Suasana Halloween Jika Dirayakan Di Indonesia, Dijamin Lebih Serem
Picture: blog.reservasi


Thok thok thok, suara pintu diketuk

Kreeek, suara pintu berderit. Saat dibuka beberapa gerombolan hantu jadi-jadian muncul di depan.

"Trick or Treat." Ucap gerombolan itu bersama-sama.

"Permen permen permen." gerombolan hantu kecil-kecil itupun dengan girangnya pergi setelah mendapat permen di keranjang mereka.

Nah, begitulah kira-kira serunya suasana malam Halloween yang sering kulihat di film-film barat jaman kecil dulu.



Spoiler for Sejarah Halloween:


Berbicara tentang Halloween berarti kita sedang membicarakan tentang sebuah tradisi unik dan nyentrik yang udah mendunia. Tak Hanya dirayakan oleh masyarakat Amerika Serikat. Beberapa negara di dunia pun merayakan perayaan mengenang arwah leluhur ini. Tentunya dengan nama dan konsep yang berbeda.

Bahkan beberapa negara Asia pun tak mau ketinggalan merayakan event spiritual ini. Jika di China disebut dengan Teng Chieh. Lalu bagaimana dengan Indoneisa?

Lain halnya di Indonesia, tradisi Halloween sepertinya belum terlalu familiar bagi masyarakat. Selain karena mayoritas penduduk beragama muslim, Indonesia punya banyak tradisi lain dalam menghormati arwah leluhur.

Jika Halloween berarti perayaan mengormati jiwa-jiwa leluhur sumber. Maka Indonesia pun punya banyak tradisi yang hampir bisa dikatakan mirip dengan Halloween. Tradisi yang paling akrab di telinga saya sebgai orang Jawa adalah selametan.

Tradisi ini biasanya dimulai sejak kematian hingga tujuh hari kematian menurut perhitungan kalenderJawa. Selametan biasanya dilakukan dengan membagikan berkat (makanan) kepada para tetangga. Sebwlun mmwbagikan berkat, para kepala keluarga dari tetangga sekitar rumah diundang untuk kirim doa.

Selain pembagian berkat, keluarga juga menyiapkan sesajen berupa makanan dan minuman pada arwah. Dimana makanan kesukaan almarhum/almarhumah disajikan dalam satu piring. Tradisi ini layaknya tradisi Halloween di Austria.

Biasanya setelah 7 hari acara, keluarga akan mengadakan selametan pada malam-malam peringatan kematian (Jawa) misal 40 hari, 100 hari, tenger pisan (setahun pertama) dan tenger pindo (tahun kedua).


Eits, tapi jangan salah meskipun begitu, di kota-kota besar rupanya tradisi halloween juga dirayakan oleh sebagian orang Indonesia. Biasanya hanya beberapa kalangan yang merayakan seru dan meriahnya acara ini. Tak hanya itu beberapa ruang publik seperti mall, restoran dan hotel-hotel pun menjelang tanggal 31 Oktober menyuguhkan konsep Halloween untuk para pengunjung. sumber

Saya jadi auto penasaran nih Gan Sis, bagaimana jika kemeriahan Haloween benar-benar di adaptasi di Indonesia ya?


Kalaupun Halooween dirayakan di Indonesia ada catatan wajib bagi partisipn yakni kostum harus Indonesia banget. Yakni dengan berkostum ala-ala hantu Indonesia, seperti pocong, gendruwo, tuyul, babi ngepet, kuntilanak dan banyak hantu lainnya.

Gimana Gan Sis, setuju tidak jika halloween ala Indonesia hantunya harus berciri khas Indonesia? Jadi kayak gambar berikut:

Gambaran Suasana Halloween Jika Dirayakan Di Indonesia, Dijamin Lebih Serem
Picture: sumber


Sepertinya tokoh horor dari negeri Paman Sam kayak drakula, bakal kalah nih sama tokoh horor Indonesia di atas. Kalah serem maksud saya. Bener gak Sih Gan Sis?

Bayangin nih jika ada orang memakai kostum kuntilanak atau sundel dengan bagian rambut acak-acakan dan perut dihias layaknya berlobang tiba-tiba muncul di depan rumah.

Bayangin juga ada parade atau karnaval yang isinya semua peserta memakai kostum hantu-hantu Indonesia. Trus semua hantu-hantu tersebut memenuhi jalan raya di malam hari. Hiii, pasti serem banget kan?

Hantu tuyul pasti bakal jadi pilihan kebanyakan anak kecil cowok di Indonesia nih jika halloween benar-benar dirayakan. Apalagi di barat juga ada si Casper, si hantu tuyul yang lucu dan imut. Terlebih lagi jadi tuyul gak perlu dandan ribet, cukup pake koteka atau celana kolor warna putih.

Gambaran Suasana Halloween Jika Dirayakan Di Indonesia, Dijamin Lebih Serem
Picture: playbill


Sumpah, bayangin sosok hantu yang bakal muncul d haloween Indonesia sepertinya terlalu menyeramkan ya Gan Sis?

Jika hantu versi Indonesia itu benar-benar meramaikan perayaan Halloween di Indonesia. Saking seremnya mungkin orang jadi ogah buka pintu ketika ada yang bilang trick or treat. Atau gak bisa tidur pada tanggal 31 Oktober karena teringat seremnya muka para hantu yang bertamu ke rumah. emoticon-Ngakak

Inilah gambaran suasana Halloween jika bener-bener jadi tradisi di Indonesia. Kalau Agan Sista bakal pakai kostum apa nih jika ada perayaan Halloween di negeri tercinta ini? Ummm.. Aku jadi suster ngesot aja deh emoticon-Request

Sekian thread nyleneh saya kali ini. Semoga bisa menginspirasi yang ingin tampil beda dalam halloween. Terima Kasih



emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Rate 5 Star

Sumber Lain:

Halloween di Autria
profile-picture
profile-picture
triwinarti dan manbrotheking memberi reputasi
Diubah oleh l13ska
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Bismillah, down sudah


Semoga manfaat
Intip thread lain Gan Sis
Simak thread TS yg lain yah...
sumber
Diubah oleh l13ska
biasany pas halloween ada game2 horor rilis
profile-picture
l13ska memberi reputasi
Quote:


Kalau sekrang, Sudah rilis belum??
Quote:


Sy cm mengikuti ps4 saja,sejauh yg saya tau ngk ada game horror yg rilis pas halloween

Mungkin film kali ya?

Btw masih melek bre?
profile-picture
l13ska memberi reputasi
Quote:


Heeee... Iya film horor lgi rame diprosuksi.

Iya bre, bangun dari tadi emoticon-Toast
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
Quote:


Kirain begadang

emoticon-Toast
profile-picture
l13ska memberi reputasi
Quote:


Wah, gak kuat kalo harua begadang. Tubuh butuh istirahat bre emoticon-Hammer2
jangan suster ngesot mbk berat, nanti klo keliling yg capek sndiri, lainnya jlan dia mlah ngesot spnjang jalan emoticon-Ngakak
profile-picture
l13ska memberi reputasi
iya bener 😂🤣
waw...emoticon-Wow
profile-picture
l13ska memberi reputasi
Quote:


Waw balik emoticon-Hammer2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di