alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menpar Optimis Sirkuit MotoGP Mandalika Mampu Tarik 100.000 Wisatawan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da0389810d29578ab1a4141/menpar-optimis-sirkuit-motogp-mandalika-mampu-tarik-100000-wisatawan

Menpar Optimis Sirkuit MotoGP Mandalika Mampu Tarik 100.000 Wisatawan

Menpar Optimis Sirkuit MotoGP Mandalika Mampu Tarik 100.000 Wisatawan
* Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya (kiri) saat memaparkan tentang pembangunan sirkuit Mandalika. (Foto: Dok Kemenpar)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) optimis sirkuit Mandalika, NTB, sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP akan rampung dan siap digunakan pada 2021.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat melakukan kunjungan kerjanya ke Mandalika, NTB pada Kamis (10/10/2019).

Dia mengatakan, saat ini persiapan awal untuk ground working sudah 30 persen, sementara untuk total seluruh komplek sirkuit jalanan baru 10 persen. Untuk itu ditargetkan sirkuit Mandalika ini rampung 2021.

“Komplek MotoGP Mandalika ini direncanakan selesai pada 2021. Kita untuk pertama kali akan punya event MotoGP di Indonesia,” ungkap Arief dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Jumat (11/10).

Penyelenggaraan event MotoGP pada 2021 nanti, kata dia, dinilai akan memberikan keuntungan bagi Indonesia, khususnya bagi sektor pariwisata. Menurut Arief, diproyeksikan melalui event MotoGP ini, Indonesia dapat menarik 100.000 wisatawan untuk datang menonton. Perlu diketahui, Indonesia merupakan salah satu pengguna motor terbesar di dunia. Dengan kata lain, secara domestik penggemar MotoGP di dunia sudah besar, apalagi di dunia.

“Kita harapkan MotoGP mampu menjadi daya tarik utama bagi destinasi Mandalika,”tambah Arief.

Dia juga menekankan kembali positioning Mandalika sebagai Sport Tourism Destination merupakan keputusan paling tepat. Sebab positioning akan menentukan branding. Portfolio produk Mandalika yang paling menonjol adalah man made termasuk di dalamnya wisata olahraga (sport tourism), apalagi Mandalika terpilih sebagai lokasi MotoGP.

“Karena untuk pantai, Mandalika punya banyak saingan pantai terindah di Indonesia. Tagline untuk Mandalika sebagai sport tourism harus segera dibuat,” ucapnya.

Menpar Optimis Sirkuit MotoGP Mandalika Mampu Tarik 100.000 WisatawanMenteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meninjau pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika. (Foto: Dok Kemenpar)

Sementara itu, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer menambahkan, sirkuit Mandalika berkonsep street circuit dan sudah mendapatkan izin dari MotoGP difungsikan sebagai jalan biasa saat tidak digunakan untuk event balap. Sirkuit MotoGP Mandalika dibangun dengan konsep terintegrasi dan menjadi bagian dari distrik entertainment dan sport terpadu.

“Kawasan di tengah sirkuit Mandalika akan digunakan sebagai destinasi pariwisata,” kata Abdulbar.

Dia mengungkapkan, di kawasan tersebut akan dibangun glamping, commercial area, dan kondotel. “Seperti yang sudah disampaikan Menpar, saat ini pembangunan baru 10 persen dari total keseluruhan komplek dan untuk sirkuit pada Desember 2019 ini akan mulai pengaspalan,” ujar Abdulbar.

Sejumlah hal telah dilakukan ITDC dalam rangka mempersiapkan event MotoGP pada 2021. Mulai dari penyusunan pedoman operasional event MotoGP, persiapan optimalisasi UMKM Bazaar Mandalika sebagai pusat belanja dan kuliner wisatawan, persiapan sarana akomodasi atau hotel, penyusunan program mitigasi bencana KEK Mandalika, dukungan pemerintah pusat dan daerah terkait pelebaran jalan provinsi sisi utara kawasan serta rencana jalan by pass The Mandalika, dan persiapan marketing juga event programs pendukung MotoGP 2021.

Terkait kemudahan aksesibilitas wisatawan dari Bali dan Lombok yang akan hadir di MotoGP 2021, ITDC akan melakukan sinergi dengan Angkasapura, Damri, dan Pelindo. Untuk menguji antusiasime masyarakat terkait MotoGP di Mandalika pada 2021, rencananya pada November 2019 akan dilakukan pre-sale 20.000 tiket MotoGP secara online.

Sekadar untuk diketahui, sirkuit MotoGP Mandalika direncanakan memiliki panjang 4,32 km, 19 tikungan, kapasitas area paddock mencapai 40 garasi, area grand stand berkapasitas 50.000 tempat duduk, area berdiri mencapai 138.000, dan hospitality suites berkapasitas 7.700 pengunjung. (Poy)




sumur gan!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
apa mungkin balik modal gak sih dgn 100 000 wisatawan
itu pun ada 2 wisatawan lokal dan luar emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
jakabaring ga jadi?
pengen nonton kalo emang udah jadiemoticon-Big Grin
pengen nanya, emang motogp boleh diselenggarain di street circuit?

emoticon-Bingung
Belum tentu. Coba pake fanatikisme agama kayak aceh yg ini itu haram, tak boleh, dll.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di