alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah yang Kamu Tahu Tentang Hewan Ruminansia?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da01bf597751366da26a13a/apakah-yang-kamu-tahu-tentang-hewan-ruminansia

Apakah yang Kamu Tahu Tentang Hewan Ruminansia?

Apakah yang Kamu Tahu Tentang Hewan Ruminansia?


Apakah yang Kamu Tahu Tentang Hewan Ruminansia?


Hola, Agan dan Sista pembaca setia, apa kabar hari ini? Jumpa lagi dengan ane, TS gaje yang lagi semangat-semangatnya ngethread. Semoga menular ya! emoticon-Wowcantik


Seiring waktu berjalan, seiring bertambahnya usia, ada banyak ilmu yang luput dari perhatian kita. Di tengah kesibukan dan hiruk pikuk, dengan orang-orang yang mulai tak acuh pada sekitar, ijinkan ane berbagi sedikit pengetahuan kepada gansis sekalian, siapa tahu bermanfaat. emoticon-Wowcantik


emoticon-Angelemoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel



Gansis, kalian pernah nggak sih memerhatikan sapi atau kambing yang kelihatan mulutnya sibuk seperti mengunyah sesuatu padahal tidak sedang makan? Biasanya hewan-hewan tersebut melakukannya di kala senggang, duduk-duduk sambil menikmati suasana.

Usut punya usut, ternyata hewan-hewan ini memuntahkan kembali makanan yang sudah masuk ke dalam perutnya dan mengunyah kembali remahan-remahan rumput atau dedaunan hijau yang telah mereka makan. Dalam istilah zoologi, hewan ini biasa disebut dengan Ruminansia. Sebenarnya ini pelajaran yang pernah diberikan semasa sekolah. Namun, jika gansis lupa atau belum paham, yuk kita belajar lagi!


Apakah itu Ruminansia? Simak ulasan berikut ini!


Quote:



Apakah yang Kamu Tahu Tentang Hewan Ruminansia?


Wah, cukup unik ya, Gansis, sistem pencernaan mereka. Jadi hewan-hewan ini memiliki empat lambung dengan fungsi yang berbeda-beda. Lambung pertama digunakan untuk menampung rumput-rumput atau dedaunan hijau yang baru saja dimakan, dan tentunya baru dalam tahap kunyahan pertama yang masih kasar. Setelah dimuntahkan dan dikunyah kembali barulah masuk ke lambung berikutnya dan mengalami proses pencernaan tahap paling penting karena disinilah proses penyerapan nutrisi berlangsung. Selanjutnya, ampas-ampas makanan tersebut akan diteruskan ke usus untuk pencernaan tahap akhir.


Hewan-hewan yang termasuk jenis ini di antara lain, sapi, kambing, kelinci, kerbau dan hewan-hewan herbivora atau pemakan tumbuhan lain. Karena kerja dua kali menjadikan mulut mereka tak berhenti mengunyah meski telah memasuki waktu-waktu rehat. Cukup rumit dan merepotkan memang, tapi dengan begitu para hewan ini akan mengalami masa kenyang yang lebih lama.


Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentang hewan ruminansia dan bagaimana kinerja pencernaannya. Sistem pencernaan unik dan tidak dimiliki oleh manusia maupun hewan lain yang tidak termasuk di dalamnya. Semoga memberi gambaran yang bisa Gansis pahami, jika ada yang mau menambahkan silakan share di kolom komentar.


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia



Cukup sekian thread kali ini. Terima kasih sudah menyimak, semoga menambah pengetahuan baru dalam perjalanan hidup Gansis sekalian. Selamat siang dan selamat beraktivitas. emoticon-Kiss (S)

Sungguh luar biasa ciptaan Tuhan. Keberagaman dan keajaiban di dalamnya menjadikan manusia semakin terlihat kecil di mata-Nya. Apalah yang hendak disombongkan, mengingat kita hanya bagian dari kekuasaan-Nya yang Maha Luas lagi sempurna.


Terima 2C(Cendol dan Cinta)emoticon-Wowcantik


Penulis : Tikus Kecil, Pasukan Anbu BBB

Referensi lain

Ilustrasi : 1, dan 2



Apakah yang Kamu Tahu Tentang Hewan Ruminansia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
triwinarti dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Quote:


Quote:
Selamat membaca dan berdiskusi emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan anna1812 memberi reputasi
Silakan menambahkan jika ada yang kurang.

Terima kasih kunjungannya emoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan anna1812 memberi reputasi
Auto ingat pelajaran zaman sekolah dulu. 😆
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan anna1812 memberi reputasi
Subhanallah. Kuasa Allah
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Pas baca nih tread pas ane lagi makan siang menu gado2 😢
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan YenieSue0101 memberi reputasi
Hewan memamah biak nama lainnya itu
Ane baru tahu
Nice infohemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan YenieSue0101 memberi reputasi
Info baru. Keren juga nama lainnya, Teh.👍
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
selalu mengunyah
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan YenieSue0101 memberi reputasi
Wah keren juga, hewan bisa muntah tapi ngga ketahuan kalo muntah. Udah gitu dikunyah kembali muntahannya

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan YenieSue0101 memberi reputasi
Kok bentuknya mirip kayak monyet yang gede yang ada sering pakai jas di gedung DPR
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
wah ane baru tau nih breee emoticon-Wagelaseh
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
woow. infoematif beut, Kaak emoticon-Jempol
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
ehhh malah baru tau Ane😆 kambing juga?
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Makanya manusia juga kalo makan kudu kunyah beneran sampe alus baru telen biar lama kenyangnya, cuman jangan dimuntahin baru dikunyah kembali ... biar hewan ruminansia yang begitu, kita janganemoticon-Ngakak
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Diubah oleh evywahyuni
Wah😄dapat ilmu baru..baru tau aku
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
unik nih hewan nya
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Ruminansia ternyata namanya. Thanks informasinya TS, sangat membantu emoticon-Smilie
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
organ lambungnya enak gan, gule babat ala padang
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
baru tau hewan tsb
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di