alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gaji Guru Sedikit, Mendikbud: Nikmati Saja Nanti Masuk Surga
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da0106b82d49570e1394e3d/gaji-guru-sedikit-mendikbud-nikmati-saja-nanti-masuk-surga

Gaji Guru Sedikit, Mendikbud: Nikmati Saja Nanti Masuk Surga

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menceritakan soal guru sebagai pekerjaan profesional. Menurutnya, guru memiliki tanggung jawab sosial yang besar sebagai pekerja profesional.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir saat memberikan sambutan dalam Peringatan Hari Guru Internasional 2019 di Graha Utama Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2019). Muhadjir awalnya melempar canda soal dirinya yang sudah memasuki akhir masa jabatannya.

"Saya tidak pidato, saya malah ingin dengar dari Bapak Ibu suaranya. Karena kan saya tinggal menghitung hari ini, final countdown," ujar Muhadjir yang disambut tawa guru-guru yang hadir.

Muhadjir lalu menjelaskan pekerjaan profesional adalah pekerjaan yang menuntut keahlian tertentu, dimana untuk mendapatkan kemampuan itu perlu pendidikan dan latihan dalam waktu cukup lama dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Muhadjir juga menyebut pekerjaan profesional memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi karena berdampak langsung ke masyarakat.

"Termasuk guru. Guru itu, apa yang dilakukan guru itu tidak bisa dampaknya sifatnya pribadi. Tapi sifatnya publik. Misalnya guru mengajari anak salah, maka yang menderita nanti bukan anak yang salah itu, tetapi semua orang yang berelasi dengan anak itu, termasuk keturunannya yang akan datang. Dan dampaknya sebagian besar tidak bisa diukur, unintended. Tapi kalau positif juga tinggi," jelasnya.

Muhadjir juga menyinggung soal amal jariyah, yang salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat. Ia menyebut dirinya yakin para guru akan masuk surga karena mengajarkan ilmu kepada anak-anak didiknya.

"Karena itu menurut saya orang yang paling beruntung itu sebetulnya guru. Karena dia mengajarkan moral dan pengetahuan ke siswanya, dan siswanya ini akan mengajarkan ke anaknya. Maka guru itu akan mendapatkan kiriman pahala," ucap Muhadjir.

"Saya agak yakin, bahwa orang yang pertama masuk surga itu adalah guru. Kalau sekarang gajinya sedikit, apalagi guru honorer, nikmati saja, nanti masuk surga," imbuhnya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Menurut Muhadjir, apa yang diajarkan oleh guru memiliki dampak yang luar biasa. Muhadjir kembali menyinggung tanggung jawab sosial jika guru salah dalam mengajar.

"Kalau nggak benar, menghasilkan dosa, dosanya turun temurun, pertama masuk neraka juga guru. Kalau komitmen menjaga tanggung jawab sosialnya, masuk surga. Kalau guru main hp, siswanya ditinggal, itu masuk neraka," ucapnya.

Muhadjir juga menyinggung peran guru dalam pendidikan karakter. Menurutnya, guru punya implikasi besar dalam membangun pendidikan karakter.

"Dampaknya luar biasa. Kalau guru mengajarkan salah, maka punya implikasi yang besar. Kalau sifatnya ilmu pengetahuan, tapi kalau karakter itu sulit. Kalau banyak koruptor, itu salah satu yang salah guru. Cuma dari mana, bagaimana ceritanya kok jadi koruptor, itu ya itu sulit. Itu untuk mengetahui betapa besarnya tanggung jawab sosial guru," tutur Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir juga bicara pentingnya organisasi profesi untuk guru. Menurutnya, guru memerlukan organisasi profesi untuk mengasah kompetensinya.

"Pentingnya asosiasi profesi, maksudnya adalah tempat untuk mengasah itu. Bukan untuk arisan, dukung sana dukung sini. Itu bukan organisasi profesi, itu perkumpulan. Karena itu saya bilang, guru ini harus dibangkitkan namanya self dignity. Tanpa self dignity, guru tidak mungkin mencapai performa pekerjaan yang betul-betul hebat," katanya.

Muhadjir juga memberikan ucapan untuk Hari Guru Internasional. Diketahui, peringatan Hari Guru Internasional kali ini bertema 'Guru Milenial, Sebuah Profesi Masa Depan'.

"Saya mengucapkan selamat Hari Guru Sedunia, tanggal 5 Oktober. Mudah-mudahan kita semua bisa menghayati makna dari Hari Guru Sedunia ini," pungkasnya.

https://news.detik.com/berita/d-4740...ti-masuk-surga

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Terimakasih ibu dan bapak Guru emoticon-Frown
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Kalo ada yang heran komen begini di rejim plongo tak samplus ndakmu!
profile-picture
pdt.henderson memberi reputasi
Ini kalau ada pejabat yg minta tunjangan nya di naikan, di jawab Nikmati saja nanti masuk surga, gimana ya kira kira tanggapannya emoticon-Leh Uga

Guru itu pahlawan tanpa tanda jasa, sudah sepantas nya jika tunjangan mereka di naikan mengingat kebutuhan hidup yg juga semakin meningkat
Diubah oleh kontorukuda
tapi mendikbud tidak mau berangkat ke surga duluan he..he..he..
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
Diubah oleh ATR42
Duluuuuuuu sekali ada yang bilang jangan banyak makan ketika beras mahal, terus ada yang sibuk nyuruh tanam ndiri ketika cabe tak terbeli, ada pulak yang nyuruh makan bekicot saat daging melambung, jugak ada yang bilang cacing nambah protein waktu diprotes ikan kaleng ada cacingnya...sekarang malah jualan surga biar bisa menikmati gaji yang ada...bangcat bangcaaaaat!

emoticon-DP
Sedikit ndasmu! Liat tetanggamu! Guru dah kaya2 sekarang! Emang jaman pak harto!Jgn jadi org yg gak pernah gaul sama tetangga! Bandingkan karyawan swasta kontrak lagi!
profile-picture
novembermann memberi reputasi
Diubah oleh i71lm4c4n
Situ mentri atau "Panitia Surga" emoticon-Lempar Bata
banyak dikit gaji mah manusia ga pernah ckup
Gaji guru honorer kali yang dikit.

Gaji guru PNS mana ada yang dikit, itung total take home pay sama tunjangannya dong..

Ane lebih suka guru zaman dulu, yang memang untuk pengabdian. Tengok saja lirik lagu Guru Oemar Bakri yang gajinya seperti dikebiri padahal banyak mencetak profesor, doktor, insinyur pun jadi. emoticon-Turut Berduka
Ini sades... Menteri nya aj ngomong begini gmn kadiknas2 nya...
Bangke tenan
emoticon-Leh Uga
emoticon-Cool kangen jamannya pak gub?
masuk surga matamu


bisa aja nasbung kalo buat alasan
yang bilang gitu,,, psti penganut SHINTO... emoticon-Smilie
Lah situkan ditunjuk jadi mendikbud buat perbaiki sistem termasuk kesejahteraan mereka, knp malah diwajarkan
Jangan sampai kemiskinan guru-guru itu malah jadi dosa pemimpinnya termasuk mendikbud
profile-picture
FlixBagz memberi reputasi
pns guru mah makmur njirrr... nah honorer baru yg miris
Yang honorer tuh nasibnya kasihan
ga ada mendikbud yang becus sampai saat ini....emoticon-Tai
Gini amat kualitas nastaik

Malu mengakui sodara satu kolam

Padahal masih satu ekor, tetep aja nuduh nasbung yg salah emoticon-Cape deeehh
Quote:


sinto gendeng?
Guru pns kaya krn gaji dan tunjangan gede. Banyak yg bisa beli mobil. Padahal ada ngajarnya suka seenaknya
profile-picture
Jalan Cinta memberi reputasi
Hari gini Mana Ada guru pns miskin. Yg masih susah Palingan yg honorer emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di