alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Indonesia dan HOAX yang Tak Terbendung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9fff138d9b177c5038b180/indonesia-dan-hoax-yang-tak-terbendung

Indonesia dan HOAX yang Tak Terbendung

Indonesia dan HOAX yang Tak Terbendung

Penyebaran informasi di era digital memang super cepat. Bahkan terlalu cepat sampai tak terbendung.

Segala jenis informasi bertebaran di sosial media, informasi ini terus-menerus di bagikan oleh pengguna sosial media. Tinggal beberapa klik, informasi tersebut bakalan menyebar ke akun sosial media, dan begitu seterusnya.

Indonesia dan HOAX yang Tak Terbendung

Sosial media memungkinkan siapa saja untuk mengunggah informasi namun tidak menghadirkan fitur untuk memvalidasi kebenaran informasi tersebut.

Nah, Inilah salah satu kekurangan sosial media.

Tidak jarang informasi di sosial media bernada provokatif sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat bahkan sampai perpecahan.

Memang betul bahwa sosial media bisa memudahkan komunikasi, mudah berbagi informasi dari berbagai tempat di seluruh dunia.

Dulu, kita hanya berkomunikasi menggunakan surat, setelah itu muncul telepon yang bisa mengirim sms dan komunikasi suara.

Seiring munculnya internet, HP juga menyediakan fitur dan aplikasi sosial media yang bisa di gunakan untuk terhubung ke dunia maya. Disitu kita bisa saling berbalas pesan dengan cepat, mengirim pesan suara, foto, video bahkan video call.

Hal-hal tersebut adalah dampak positif dari teknologi dan internet. Banyak orang yang sudah tertolong berkat perkembangan internet ini, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Di balik manfaat positifnya, sosial media juga memiliki dampak negatif. Namanya manusia, pasti ada saja yang menyalah-gunakan sosial media.

Karena kemudahan berbagi informasi, tidak sedikit berita hoax dan penipuan terjadi di dalam sosial media. Yang lebih buruk lagi, ternyata berita-berita hoax ini di produksi, di edit dan di sebarkan di sosial media dengan tujuan untuk menjatuhkan pihak tertentu, merusak martabat orang dan saling serang antara lawan politik.

Indonesia dan HOAX yang Tak Terbendung

Kondisi ini menjadi berbahaya karena masyarakat kita yang mudah percaya pada berita-berita yang berasal dari situs abal-abal.

Padahal, seharusnya kita melakukan cek terhadap informasi yang kita terima, terutama apabila sumbernya tidak jelas.

Tidak jarang masyarakat yang merasa resah dan marah ketika mendapatkan informasi, apalagi ketika di singgung isu agama, bakalan ada demo deh.

Hoax di sosmed adalah sesuatu yang sulit untuk di bendung, solusi mengatasinya adalah mencerdaskan masyarakat dan berpikir skeptis untuk setiap informasi yang kita terima

Bijak ber-sosmed.





Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di