alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9fd6e5e83c72763c7b57a5/wiranto-ditusuk-pemetaan-kelompok-teror-jadi-tanda-tanya

Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya

Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya  - Idham Kholid - detikNews

Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya


Jakarta - Pengamat Intelijen dan Terorisme UI Ridlwan Habib menyoroti pemetaan kelompok teroris terkait ditusuknya Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang, Banten. Ridlwan mengatakan tindakan teror selalu berkejaran atau berlomba dengan upaya penangkalannya.

"Kelompok teroris itu kan adu cepat dan adu strategi, bahwa selalu berusaha selangkah lebih maju dari aparat keamanan, maka ini PR bersama, misalkan soal kunjungan VVIP, bagaimana intelijen wilayah memetakan," kata Ridlwan saat dihubungi, Kamis (10/10/2019).

Dia menuturkan intelijen wilayah ada polsek dan korem. Intilejen itu kemudian memetakan wilayah. Dia menilai pelaku di Pandeglang berhasil menyusup di saat terakhir Wiranto hendak meninggalkan lokasi.

"Misalnya kalau Pak Wiranto mau ke Menes, kira-kira ada nggak kelompok-kelompok atau organisasi atau orang perorangan yang kira-kira mengarah ke tindakan terorisme. Kalau ada ya langsung segera lakukan langkah pencegahan, misalnya apakah ditangkap dulu, atau dijauhkan dari lokasi, ini sebenarnya protap ya, sudah baku. Saya kira yang di Menes ini kelompok ini berhasil menyusup di akhir-akhir Wiranto mau terbang itu," ujarnya.

Ridlwan menjelaskan langkahnya tidak hanya pemetaan. Tapi setelah data diperoleh, lalu diberikan ke polisi yang berwenang dalam penindakan.

"Intelijen itu tidak bisa menangkap ya, tidak punya kewenangan penangkapan. Maka itu segera dibagi informasinya ke instansi yang bisa nangkap, polisi. Jangan kemudian ada menahan informasi, tidak mau power sharing," ucapnya.

Ridlwan juga menyoroti kelengahan pengamanan dalam penusukan yang menimpa Wiranto. Para pelaku berpura-pura sebagai warga yang menunggu mobil Wiranto mendekat, jarak pelaku saat menunggu hanya 3 meter dari sasaran. "Ini kelengahan pihak pengamanan setempat," kata Ridlwan.

Dari cara memegang senjata saat dihunjamkan ke sasaran, dia menilai pelaku cukup terlatih. Teroris, katanya, memegang senjata dengan teknik reverse grip atau pegangan terbalik yang mengakibatkan daya hunjaman dua kali lebih kuat dari gaya pegang biasa.

Ridlwan menilai informasi kunjungan Wiranto ke desa Mendes Pandeglang yang memicu kedua pelaku untuk beraksi. Dia juga mengatakan aksi itu sudah terencana. Termasuk teknik pelaku menyembunyikan senjata tanpa terdeteksi petugas keamanan.

Serangan terorisme terhadap Wiranto dilakukan 10 hari jelang pelantikan Presiden Jokowi. Ridlwan menilai perlu ada persiapan menghadapi skenario terburuk untuk mengantisipasi serangan jelang pelantikan Jokowi.

"Harus ada persiapan menghadapi skenario terburuk, jadi misalnya rute presiden dari DPR ke Istana itu harus benar-benar steril," ujarnya.

Selain itu, dia menilai harus diwaspadai juga serangan terorisme simbolik. Terorisme simbolik itu seperti melempar bendera ISIS. Serangan simbolik itu memang tidak melukai, tapi bisa membuat citra terorisme moncer.

"Jangan lupa pasti akan ada kerumunan massa saat pelantikan itu. Itu juga harus diantisipasi. Kalau skenario mereka misalnya dengan mengorbankan diri, misalnya berlari ke arah iring-iringan, jadi mereka niatnya memang untuk mati. Skenario-skenario ini harus diwaspadai paspampres terutama," paparnya. (idh/fdn)


--

Udahlah kata gue juga gausah dikasih pulang itu orang-orang yang udah masuk ISIS. Gak jelas. Mau jihad yaudah jihad aja atas nama masing-masing di sana tanah ISIS gausah jihad di sinilah. Like we need stupid people like that. Udah kebanyakan masalah negara ini gausah ditambah lagi sama eks ISIS kayak gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 24 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
menurut google dan detik, hendak ditusuk jadi belum ditusuk emoticon-Cool

Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 6 lainnya memberi reputasi
Selevel menko pengamanan kaya jagain ketua RT.. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh filusufkacang
Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya

Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya

Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya

dan masih banyak lagi
terutama di grup kampret

heran
sesama WNI di tusuk, kok bisa senang ya?
apalagi aparat negara

jelas banget jiwa pengkhianatnya
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yenyoktafia dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:


Jadi inget sama sang ratu yg plei piktim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


PR bersama dan tetap waspada aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
sekelas mentri ga ada sterilisasi area ama protokoler , dikata itu pak lurah yg turun dari mobil? pecatin semua itu kapolsek ama kapolda nya, masih untung tuh kadal gurun gak bawa bom emoticon-Leh Uga:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 11 lainnya memberi reputasi
Emg pengamanannya ga ketat kyknya, jadi inget, waktu di Palu, wa bisa nyalamin nih orang, ya untung aja sih wa bukan teroris yak emoticon-Peace

Tapi klo pengamanan ketat, ntar ada yg komen, pejabat tidak merakyat, rakyat mau salaman aja ga bisa emoticon-Hammer

Klo wa sih lebih melihat "kegagalan" BIN dalam mengungkap niat pelaku, padahal katanya udah dalam pantauan emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau KPk banyak yg mempertanyakan kinerjanya..

Bagaimana BNPT ini tugasnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
pertarungan antara islam moderat vs islam radikal resmi di mulai ditandai dgn kasus penusukan wiranto
islam moderat kini punya alasan membenarkan penangkapan mereka2 yg bawa bendera tauhid dan teriak2 khilafah, pembenaran nya yah kasus penusukan wiranto sendiri
islam radikal kini sibuk mendiskreditkan si penusuk, dibilang gak pernah sholat lah, di bilang doyan togel lah, dll. pendiskreditan itu penting sebagai upaya jaga2 terhadap langkah balasan wiranto usai sembuh dari penusukan itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Balasan post ronin1969
hah?
mulai?
mulai ngimpi kali emoticon-Leh Uga

bakalan masih tetap diam saja kok
ga percaya?
liat saja

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan rizaradri memberi reputasi
wooooooyyyyyyyyyy tetep awasi kelanjutan perppu uu kpk dan kuhp emoticon-Mad
jangan lupa emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi


Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya


Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya


Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya


Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya


Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya


Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya



Wiranto Ditusuk, Pemetaan Kelompok Teror Jadi Tanda Tanya



profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yesknow
yang udah ikut ISIS di suriah biarin aja... jgn disuruh pulang.
negara punya masalah sama militan radikal bombing jg.

ini pengamanan menteri/presiden harus lebih diperketat.
paspampres harus siap mati demi presiden klo ada tindakan penikaman atau penembakan emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 8 lainnya memberi reputasi
Balasan post pasti2periode
Quote:


ckckckc....jelas banget orang sakit hati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Dalam pantauan BIN tapi gk nemu indikasi yg bersangkutan ke arah akan melakukan kejahatan , y gk bisa ditangkap juga gan. Klo maksa tetap ditangkap bisa di semprit HAM entar , apalagi kl misal gk nemu bukti , bisa di tuntut balik / dia malah dpt amunisi buat cari simpati karena dizalimi

Kl gak salah dpt nonton d wawancara kmarin ,dikatakan saat ini ada sekitar 1000 lebih orang dlm pantauan. Tp ya gk bisa diciduk , krena belum ada indikasi akan berbuat sesuatu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:


Ini kacau sih ... ga pny hati nurani
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Gentayaumal memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


protap pengamanan menhan bijimana ya, kok kayanya rawan banget bisa dideketin sampe masuk jarak tusuk gini. Kalau ga ada screening warga mendingan jangan dikasih mendekat (Biarin aja deh dikatain sombong daripada kejadian model begini emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)
profile-picture
arjunlap memberi reputasi
Balasan post djinggo88
Quote:


Makanya wa tulis "kegagalan" mengungkap niat si pelaku.. Tau niatnya juga klo pelaku ga melakukan juga ga bisa ditangkep (kecuali niatnya dikoar2in di muka umum emoticon-Hammer )

Nah.. Klo misalnya udah tau niatnya kan, bakal diikuti dan dicegah saat dia mau berbuat dan bisa ditangkep karena jelas sudah melakukan percobaan dari niatnya itu..

Asumsi wa, gara2 BIN lebih fokus sama ancaman pemboman, jd selama yg dalam pantauan aksesnya blom sampai ke bahan2 bom, jdnya ga terlalu diperhatiin lagi.. Ya bisa wa bayangin sih, berapa banyak sel2 gini yg ada dalam pantauan BIN, tp ga bisa diapa2in selama mereka belum jelas mau ngapainnya.. Dan tugasnya BIN nyari tau mereka ini sebenernya mau ngapain..

Mungkin ke depan, sebaiknya BIN berbagi informasi ke polisi, membagi wajah2 orang yg dalam pantauan, sehingga walopun niatnya blom ketauan, tapi apabila mereka ketahuan oleh aparat lain sedang berada di suatu tempat yg ada acara pejabat pemerintah, maka bisa segera diwaspadai.. Tentu saja ini juga tergantung dari kesigapan aparat di lokasi.. Dan tentu saja, daya inget mereka sama wajah2 yg dalam pantauan, ya syukur2 klo pelaku ga menyamarkan penampilannya ya..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 3 lainnya memberi reputasi
asik. siap siap aja nih operasi besar besaran berantas daesh.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan ferrysrocsten memberi reputasi
ayo, BIN mana? mana kesigapan anggotanya...? jng magabut ya, ayo om2 anggota Densus 88 anti teror kerahkan seluruh anggotamu diseluruh kawasan2 daerah2 yg telah menjadi objek target dan yg telah terkontaminasi jihad teroris. jng sampai dng masalah ini berdampak sangat vital terhadap perekonomian bangsa ini.
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di