alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Teluk Benoa kembali jadi kawasan konservasi, reklamasi batal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9fcd8fc8208412c336de45/teluk-benoa-kembali-jadi-kawasan-konservasi-reklamasi-batal

Teluk Benoa kembali jadi kawasan konservasi, reklamasi batal

Teluk Benoa kembali jadi kawasan konservasi, reklamasi batal
Gubernur Bali Wayan Koster (baju merah) menjelaskan pembatalan reklamasi Teluk Benoa dan menetapkannya sebagai kawasan konservasi maritim di Denpasar, Bali, Kamis (10/10/2019).
Kementerian Kelautan dan Perikanan menetapkan daerah Teluk Benoa Bali sebagai wilayah itu sebagai Kawasan Konservasi Maritim (KKM). Apakah penetapan ini otomatis membatalkan proyek reklamasi Teluk Benoa, Bali?

Menurut Gubernur Bali I Wayan Koster, Menteri Susi Pudjiastuti menetapkannya lewat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 46/KEPMEN-KP/2019 ini diteken tanggal 4 Oktober 2019.

"Saya sudah menelepon ibu menteri untuk konfirmasi mengenai kebijakan ini ibu menteri memang sudah mengeluarkan keputusan yang ditandatangani 4 Oktober 2019 lalu," kata Koster saat jumpa pers di Jaya Sabha, Denpasar, Bali, Kamis (10/10/2019), seperti dikutip dari detikfinance. Namun belum ada pernyataan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dalam surat itu disebutkan lima poin keputusan. Pertama, menetapkan Perairan Teluk Benoa sebagai Kawasan Konservasi Maritim Teluk Benoa di Perairan Provinsi Bali. Kedua, Kawasan Konservasi Maritim Teluk Benoa dikelola sebagai Daerah Perlindungan Budaya Maritim Teluk Benoa di Perairan Provinsi Bali.

Ketiga, Daerah Perlindungan Budaya Maritim Teluk Benoa ditetapkan seluas 1.243,41 hektare. Keempat, Daerah Perlindungan Budaya Maritim Teluk Benoa di Perairan Provinsi Bali merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini. Kelima, Menunjuk Pemerintah Daerah Provinsi Bali untuk mengelola Daerah Perlindungan Budaya Maritim Teluk Benoa di Perairan Provinsi Bali.

Koster menyebut Kepmen ini merupakan respons dari surat Gubernur Bali nomor 523.32/1687/KL/Dislautkan tertanggal 11 September 2019 tentang penetapan kawasan maritim di Teluk Benoa.

Surat Gubernur Bali mengusulkan agar Teluk Benoa ditetapkan sebagai KKM sesuai dengan hasil Konsultasi Publik pada tanggal 6 September 2019 yang dihadiri kelompok ahli, LSM, asosiasi, pemangku kepentingan, para sulinggih serta bendesa adat yang memanfaatkan Perairan Teluk Benoa.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 17 tahun 2009 tentang Kawasan Konservasi di Wilayah Pesisir keputusan penetapan KKM memang diambil oleh Menteri Kelautan dari usul gubernur.

Koster memastikan dengan penetapan ini kawasan Teluk Benoa tak bisa lagi direklamasi. “Saya kira kita sepakat ini pantas disampaikan ke masyarakat agar mengetahui perkembangan saat ini. Dan dengan demikian kita tidak lagi perlu tergoda untuk melakukan aktivitas yang menimbulkan polemik di masyarakat. Apakah jadi reklamasi di Teluk Benoa? saya katakan dengan kebijakan ini sudah selesai itu barang,” kata Koster, seperti dinukil dari Kumparan.com.

Selama ini, reklamasi Teluk Benoa mendapat tentangan. Salah satunya dari Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi (ForBali). I Wayan 'Gendo' Suardana, koordinator ForBali menjelaskan, terbitnya Keputusan Menteri itu patut diapresiasi. Namun belum final. Sebab, masih ada Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2014 yang masih membuka peluang Teluk Benoa sebagai kawasan pemanfaatan.

“Dibutuhkan instrumen hukum khusus seperti Perpres yang menentapkan Teluk Benoa sebagai kawasan konservasi maritim,” kata Gendo, Kamis (10/10/2019) seperti dinukil dari Tempo.co.

Pasal 63 A Peraturan Presiden yang dikeluarkan Susilo Bambang Yudhoyono itu mengatur kawasan Teluk Benoa masih bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kelautan, perikanan, kepelabuhanan, transportasi, pariwisata, pengembangan ekonomi, permukiman, sosial budaya, dan agama.

Hingga saat ini, Peraturan Presiden itu masih berlaku. Sehingga Keputusan Menteri Susi ini belum sepenuhnya membatalkan reklamasi di Teluk Benoa.
Teluk Benoa kembali jadi kawasan konservasi, reklamasi batal


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...eklamasi-batal

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Teluk Benoa kembali jadi kawasan konservasi, reklamasi batal Kualitas udara terbaik dan terburuk di Indonesia (Jumat, 11/10/2019)

- Teluk Benoa kembali jadi kawasan konservasi, reklamasi batal Arteria tak minta maaf, minta Emil Salim cabut ucapan

- Teluk Benoa kembali jadi kawasan konservasi, reklamasi batal Kartun: Ketika Ninoy harus melindungi penyiksa

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di