alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dinasti politik: Putra & menantu Jokowi niat ikut Pilkada, 'godaan kekuasaan sulit di
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9fc9b65cf6c466527aa95b/dinasti-politik-putra-amp-menantu-jokowi-niat-ikut-pilkada-godaan-kekuasaan-sulit-di

Dinasti politik: Putra & menantu Jokowi niat ikut Pilkada, 'godaan kekuasaan sulit di

Kemunculan Joko Widodo di kancah politik nasional pada mulanya diyakini bisa mendobrak dinasti politik Indonesia. Tapi sekarang, satu per satu anggota keluarganya mulai berniat mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Gibran Rakabuming Raka, si anak sulung, mengaku hendak mencalonkan diri sebagai wali kota Solo— kursi yang pernah ditempati bapaknya.

Bukan hanya Gibran. Bobby Nasution, menantu Jokowi, sudah mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wali Kota Medan pada 13 September lalu.
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, menilai fenomena ini sebagai awal kelahiran dinasti politik baru dari klan Jokowi.

"Secara moral menjadi sesuatu yang disayangkan oleh banyak kelompok. Karena ternyata kekuasaan itu menggoda, dan godaan itu sulit ditepis oleh lingkungan di sekitar Jokowi," kata Titi kepada wartawan Muhammad Irham yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

Bagaimanapun, Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi, mengaku tak punya tekanan dan arahan dari bapaknya saat berniat maju menjadi bakal calon wali kota Solo.

"Pokoknya bapak nggak pernah memaksa apa pun, nggak pernah mengarahkan harus ke sini, harus ke sana, nggak. Semuanya bebas. Semuanya, yang penting harus mandiri," kata Gibran kepada wartawan Fajar Sodiq di Solo untuk BBC Indonesia beberapa waktu lalu

Jokowi bukan berasal dari keluarga politikus, bukan pula anak ketua partai berlambang banteng bermoncong Putih, Megawati Soekarnoputri. Tapi karier politiknya moncer sejak menjabat wali kota Solo selama dua periode (2005 dan 2010).

Setelah menjadi wali kota Solo, Jokowi meniti tangga politik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012 dengan mengalahkan petahana, Fauzi Bowo.

Sebagai pemimpin ibu kota, dia bertahan selama dua tahun karena anak dari pasangan Wijiatno Notomiarjo dan Sujiatmi mencoba peruntungan menjadi orang nomor satu di Indonesia pada Pilpres 2014.

Menang pada pilpres 2014, Jokowi mempertahankan kursinya pada 2019. Sebanyak dua kali pula lawannya, mantan menantu Presiden Soeharto, Prabowo Subianto, kalah.

"Beliau memang terlihat polos, tapi beliau ini politisi yang ulung. Justru dengan gayanya itu (polos), dia adalah politisi ulung," kata Wakil Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia, Hurriyah kepada BBC News Indonesia.

Keulungan Jokowi, menurut Hurriyah, salah satunya diwujudkan dengan mempersiapkan regenerasi, walau dia sendiri dipersepsikan sebagai antitesa dari semua hal buruk di Orde Baru, termasuk dinasti politik.

"Sebenarnya yang dilakukan Jokowi hanyalah mengikuti, meneruskan, tradisi yang sudah berjalan lama, sejak masa reformasi," kata Hurriyah.

Tradisi yang dimaksud Hurriyah telah dijalankan Susilo Bambang Yudhoyono yang melibatkan anak-anaknya dalam politik praktis.

Begitupun dengan Megawati Soekarnoputri. Putri semata wayang, Puan Maharani kini duduk sebagai ketua DPR.

Gibran telah resmi mendaftar sebagai kader PDI Perjuangan. Mengantongi kartu tanda anggota PDI Perjuangan merupakan syarat untuk maju menjadi calon wali kota Solo.

Sebenarnya Gibran tidak masuk dalam radar calon wali kota dan wakilnya dari PDI Perjuangan untuk Pilkada 2020 mendatang. Ketua DPC PDI Perjuangan Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku sudah punya calon-calon di luar Gibran.

"Kita sudah punya calon sendiri dari PDI Perjuangan. Cuma itu last minute, nanti yang mau dideklarasikan oleh teman-teman PDIP," kata FX Hadi seperti dilaporkan wartawan Fajar Sodiq untuk BBC Indonesia.

Namun, nama-nama calon ini pada akhirnya akan dipilih Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

"Jadi, semua tergantung ketua umum, rekomendasi-nya. Misalnya saya daftar, kalau saya tidak dapat rekomendasi ya ndak jadi. Gitu aja," lanjut FX Hadi.

Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Arief Wibowo mengaku belum ada rekomendasi dari ketua umum untuk Gibran untuk melaju ke kursi satu Solo.

"Masih panjang jalannya. Kita tidak mau gegabah dalam rekomendasi ini," katanya melalui sambungan telepon, Selasa (08/10).

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, mengatakan semestinya untuk mendapat posisi kepala daerah atau setingkatnya, seseorang melalui proses rekrutmen dan kaderisasi yang demokratis di internal partai politik.

Tapi, lanjut Titi, hal ini tidak berlaku ketika pemimpin keluarga memperoleh kekuasaan politik karena kerabatnya mendapat 'tiket emas' untuk maju menjadi kepala daerah atau anggota parlemen daerah.

Adapun orang-orang yang telah melalui proses pengkaderan dengan baik, akan dilangkahi.

Akan tetapi, Arief menegaskan seluruh kader PDIP di Solo berhak untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon orang nomor satu di sana.

"Siapa pun yang mendaftar, termasuk Mas Gibran anaknya presiden akan kita terima dengan baik," katanya.

Terkait dengan tudingan berdirinya dinasti politik Jokowi, Arief mengklaim partainya tetap berpegang pada seleksi yang terukur dan objektif.

"Jadi bisa saja tanya petinggi misalnya pada ujungnya tidak diberi rekomendasi. Tapi bisa saja sebaliknya, diberi rekomendasi karena memenuhi syarat-syarat objektif untuk memenangkan pilkadanya," katanya.

Selengkapnya...

Sulit atau mudah
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Megatron, incess dan mas pisang gak dinasti politik heh. emoticon-Marah


Selain itu iya emoticon-Salaman
profile-picture
venomfox88 memberi reputasi
makanya, belajar dan kerja yang rajin, perbanyak teman, perbanyak koneksi, belajar sosialisasi di dunia luar.. supaya nga bawaannya iri dengan milik orang lain melulu.. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
Rasuna dan codot.1 memberi reputasi
Yg menentukan khan pemilih, bisa aja nih anak gagal klo suara kecil.coba ente bilang gitu sama junjungan ente Aming Roses!
Diubah oleh i71lm4c4n
Lihat 1 balasan
Balasan post i71lm4c4n
Quote:


Yg milih ketua DPR puan dan ketua DPD la nyala ente ya
Quote:


Mudah atau sulit
antisipasi solo banyak oposisi buat 2020
klo jokowi niat bangun politik dinasti
gibran ga usa lagi jadi walikota

lgsg jadi menteri aja
kan hak presiden angkat menteri

buktinya gibran jadi menteri kaga?
dari sini mah uda dapat jawabannya

sayangnya nasbung ga punya otak
jadi ga dapat deh jawabannya

emoticon-Traveller
profile-picture
daimond25 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Balasan post pasti2periode
Quote:


presiden kalo mau bikin politik dinasti yaa caranya gak begok juga kayak elu emoticon-Leh Uga
Rudy masih bisa ikut pilwalkot sekali lagi ya? Pantes reaksinya ke Gibran jutek kalo gitu. Kalo pake unggah-ungguh ke mantan wakil bapaknya, Gibran jadi wawali dulu atau masuk DPRD, setelah Rudy periode 2 barulah Gibran nyalon.
profile-picture
HelpMegrils memberi reputasi
Balasan post pasti2periode
Cara tsb terlalu polos


Quote:


Setau saya pak rudy udh 2 periode
Cmiiw
Lihat 1 balasan
Balasan post HelpMegrils
Periode pertama bukan dari pilkada bre tapi naik karena pakdhe Jokowi jadi gubernur DKI. Aturannya itu dihitung 2 kali masa jabatan nggak kalo terkait pilkada? Mesti cek lagi sih.
profile-picture
HelpMegrils memberi reputasi
Balasan post kasparov161
@kasparov161
kenapa gitu disebut bego?
bukannya AHY juga di tiup2 demokrat lgsg jadi menteri?

kan sama sama ga pernah kerja di bidang pemerintahan?

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Ya itu hak masing masing...

Anakny jokowi sejauh ini belom punya dosa politik, jadi ga pas kalo d hakimi terlalu jauh....

Nasbung kalo udah benci bapakny, anakny juga ikutan dijelekin...

emoticon-Big Grin
Balasan post pasti2periode
bisa emang ky gitu njenk? ga bakal ada kontra dari partai pendukung yg ga kebagian jatah njenk? kl ngejilat otak dipake njenk...tanpa partai mah si kodok cm sampah njenk...idiot lo
Balasan post pasti2periode
diquote sama buzzer idiot

pasti lagi ngemis2 di reply

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

kalau ane mah setuju aja , asal jangan bawa SARA buat kepilih , pas kepilih juga kualitas kepemimpinannya juga bagus , kenapa nggak ?

malah lebih ok dari walikota dulu dan berhasil bisa level selanjutnya
Rakyat punya hak utk memilih, pakailah dg bijaksana dlm pilkada.
Pilihan dalam pilkada akan menentukan masa depan.
Siapa yg pernah sangka pak Jokowi saat pertama kali ikut pilkada walikota Solo, dia bisa sampai 2 periode.
Jangan dilihat anak siapa dan menantu siapa, jika memang program2 nya tidak sesuai, ya jangan dipilih.
2016 : gibran & bobby - tidak tertarik masuk politik. Mau urus bisnis sahaja.
Jokkower & cebbonk : jokkoui hebat, tidak mendorong keluarga masuk politik agar tidak nepotisme

2019 : gibran-bobby masuk politik.
Jokkower & cebbonk : hak anaknya jokkoui dong. Daripada wowok gagal maning. Kampret move on lah.

Demi junjungan, apapun slalu bisa dibenarkan.. emoticon-Big Grin
profile-picture
ntapzzz memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di