alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mendikbud Minta BAN Rumuskan Penakar Radikalisme di Sekolah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9fb7f5018e0d327e2de090/mendikbud-minta-ban-rumuskan-penakar-radikalisme-di-sekolah

Mendikbud Minta BAN Rumuskan Penakar Radikalisme di Sekolah

Mendikbud Minta BAN Rumuskan Penakar Radikalisme di Sekolah

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengatakan saat ini belum ada takaran yang tepat dalam menilai kadar radikalisme yang muncul di sekolah. Menurutnya, dalam melihat radikalisme saat ini masih sangat positivistik sehingga penilaian tidak bisa disampaikan secara langsung.

Untuk itu, demi mendapatkan pengukuran dalam penilaian radikalisme di sekolah, Mendikbud meminta Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) dan Inspektorat Kemendikbud untuk merumuskan apa yang dinamakan Soft Kurikulum.

"Tadi saya minta agar Badan Akreditasi dan Inspektorat untuk bagaimana nanti merumuskan pada aspek soft kurikulum yang beraspek pada pembentukan karakter, sikap, ideologi dari siswa. Harapnnya dari situ ada pengukuran yang mana nanti bisa ketahuan dimana wilayah yang rawan," kata Muhadjir saat ditemui di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (9/10).

Muhadjir juga mengatakan bahwa peran kepala sekolah juga akan didorong dalam rangka mencegah radikalisme memapar ke sekolah. Selain itu para kepala sekolah dan guru diharapkan mampu menjadikan buku Maarif Institute tentang Pendidikan Karakter untuk Penguatan Ideologi Pancasila sebagai buku pegangan.

Muhadjir juga mengatakan bahwa hal ini merupakan wujud dari komitmen kemendikbud dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan di sekolah, dengan berkolaborasi dengan pihak pemerintahan masyarakat sipil. "Ini adalah komitmen Kemendikbud untuk memastikan sekolah sebagai ruang inkubasi nilai-nilai kebangsaan, kebhinnekaan, dan kemanusiaan. Sebagai mana komitmen Presiden Joko Widodo dalam Nawa Cita," pungkasnya.

https://www.gatra.com/detail/news/44...sme-di-sekolah

emoticon-Shakehand2

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Gampang.. salah satunya sekolah yang mewajibkan pemakaian jilbab pada siswinya dapat dijadikan acuan sudah terpapar radikal.
Diubah oleh balado.jengkol
Tujuannya baik.

Quote:
gimana caranya ya hmmm
lebih tingkatkan lagi penyuluhan kebhinekaan dan cinta tanah air kpd siswa-siswi.. NKRI itu satu walau beda suku beda agama.
selidiki jika guru agama berpaham khilafah yg ekstrimis.
https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/09/113000465/buka-bukaan-soal-buzzer-4-menelusuri-jejak-insightid-buzzer-indonesia-yang?page=all#page2

Quote:
Diubah oleh daimond25
nice , hukum memang harus tumbuh dan harus kearah yg lebih jelas
minta ga disholatin bangkek nih kynya emoticon-Leh Uga
Aelah kebanyakan cerita.... ngabisin duit....
buang2 waktu....
Yg penting hukumnya cuk !! Selama lu gk tegas & gk kasi efek jera ya sampe kiamat bakal dipantatin terus


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di