alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Parkir sepeda akan disiapkan di halte Transjakarta dan stasiun KRL
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9fad7af0bdb2611520ba3b/parkir-sepeda-akan-disiapkan-di-halte-transjakarta-dan-stasiun-krl

Parkir sepeda akan disiapkan di halte Transjakarta dan stasiun KRL


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tempat parkir khusus untuk sepeda akan disiapkan di halte Transjakarta dan stasiun kereta rel listrik (KRL). Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah meminta PT Transjakarta untuk menyiapkan tempat parkir sepeda di halte-halte.

"Transjakarta kan rencana di setiap halte kita akan pasang juga untuk tempatnya. Mereka (PT Transjakarta) harus menyiapkan itu (tempat parkir sepeda)," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (10/10).

Selain itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional I untuk menyiapkan tempat parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL. Dinas Perhubungan sedang berkoordinasi dengan PT KAI untuk menyiapkan tempat parkir sepeda tersebut.

"Kita koordinasikan dengan PT KAI, dalam hal ini Daop I, untuk di setiap stasiun disiapkan jalur sepedanya juga," kata Syafrin.

Dinas Perhubungan meminta tempat parkir sepeda dilengkapi papan informasi untuk mempermudah penumpang yang akan memarkirkan sepeda mereka dan melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum.

Penyiapan tempat parkir sepeda ini bertujuan mendukung program Jakarta Ramah Bersepeda yang digagas Pemprov DKI Jakarta. "Seiring dengan program Jakarta Ramah Bersepeda, kita akan dorong untuk penyiapan parkir sepeda di stasiun," ucap Syafrin.

Pemprov DKI menyiapkan jalur sepeda. Pemprov DKI menguji coba fase satu jalur sepeda sepanjang 25 kilometer sejak 20 September sampai 19 November 2019.


Rutenya Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan MH Thamrin - Jalan Imam Bonjol - Jalan Pangeran Diponegoro - Jalan Proklamasi - Jalan Pramuka - Jalan Pemuda.

Fase dua panjangnya 23 kilometer dan akan diuji coba pada 12 Oktober-19 November 2019. Rutenya Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Panglima Polim - Jalan RS Fatmawati.

Sementara fase ketiga akan diuji coba pada 2-19 November 2019. Rutenya Jalan Tomang Raya - Jalan Cideng Timur - Jalan Kebon Sirih - Jalan Matraman Raya - Jalan Jatinegara Barat - Jalan Jatinegara Timur.

Sumber

Nah gini kan enak. Sudah lama ini dinanti. Programnya bagus. Semoga sukses (ga dipakai PKL).
profile-picture
jualpcyagan memberi reputasi
Diubah oleh kljy
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
siip lah....
tentunya lbh mahal lah, dr anggaran septic tank yg cuma 5,3M / unit itu..
septic tank kan cm tempat tai...

emoticon-Traveller
Lihat 1 balasan
jamin gak hilang parkir sepeda bersasis karbon ?
Lihat 1 balasan
Balasan post ustad.syam
tinggal gedein aja anggarannya, yg anti maling. kok repot emoticon-Malu
parkir disitu pake PIN.
tnp PIN gak mau mbuka pintu parkirannya.


emoticon-Traveller
Diubah oleh yesknow
Yang penting sudah dibuatin.
main tebak2 an yuk ?

Parkir sepeda akan disiapkan di halte Transjakarta dan stasiun KRL

emoticon-Shutup
Lihat 2 balasan
Balasan post kadalgurun19
Quote:


Sa ae lu kaleng krupuk emoticon-Ngakak

Tumben ya anies jeli,tp gpp semoga di jg bikin perda ttg trotoar khususnya parkir sepeda di halte busway jg
Quote:


emoticon-Ngakak
Sebaiknya semua fasilitas yg mendukung utk halte Transjakarta dan stasiun KRL disiapkan.
Sehingga menarik bagi pengguna kendaraan pribadi utk beralih ke transportasi umum.
Wah gue mah demen dibikinin kaya begini. Macem di Jepang. Orang2 pada jalan kaki, sepedaan dan naek public transport. UU-nya sangat melindungi pejalan kaki dari pengguna kendaraan yg ugal-ugalan emoticon-Big Grin

Kebijakan disini kaga bakal efektif kalo kaga dibarengin sama pelarangan penggunaan kendaraan pribadi secara masif, pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi (pajak tinggi misalnya) dan perbaikan kualitas pelayanan/keamanan public transport.

Yang ada tu parkir sepeda ujung2nya bakalan jd parkiran motor dan dan jalur khusus sepeda malah diserobot sama kendaraan bermotor. Nasibnya bakal sama kaya jalur Transjakarta. Sangat berbahaya bagi pengguna sepeda. Belom lagi polusinya. Menghirup asap knalpot sambil nge-goes.

Dan juga terapkan UU yg memberatkan pengguna kendaraan bermotor supaya disiplin dan kaga ugal-ugalan. Bikin pejalan kaki dan pesepeda senyaman mungkin.

Oh iya. No PKL, please. Buat apa bebas kendaraan bermotor tapi semrawut PKL dan peminta2 sumbangan macem di CFD emoticon-Big Grin
Diubah oleh maskerider
Lihat 4 balasan
Balasan post yesknow
Quote:


Mahal mungkin karena pakai teknologi tinggi asal Jepang yang multifungsi itu 😂
Balasan post kadalgurun19
Wanjay wkwkwwk
Balasan post maskerider
Quote:


Kaya di belanda juga gan. Ntr naik berdua dengan pasangan ke kantor kan mesra banget sambil diterpa angin sepoi-sepoi. 😍
Tapi kalo sekarang yang ada adalah asap & polusi sepoi-sepoi. 😓



Kebijakan pembatasan kendaraan seperti ERP tunggu kendaraan publik seperti LRT & MRT minimal fase 2 beres. Kalau kendaraan publik belum beres ya siapa yang mau naik meski dikasih pajak mahal untuk kendaraan pribadi. Selama ini kan orang pilih kendaraan pribadi karena buruknya kendaraan umum.
Diubah oleh kljy
Balasan post maskerider
Electronic Traffic Law Enforcement sudah diperbanyak gan (meski masih jauh dari cukup). Dari berita katanya jauh lebih efektif daripada pakai tilang manual dijalanan. Orang2 akan was was untuk melanggar karena tau ada kamera yg mengawasi.
Balasan post kljy
@kljy Iye bre. PR-nya banyak supaya masyarakat mau beralih ke jalan kaki, sepedaan dan naik public transport. LRT dan MRT fase 2 aja blm cukup.

Public transport secara keseluruhan musti ditangani sangat serius supaya servicenya memuaskan dan jangkauannya menggurita. Punya mindset melayani. Fasilitas penunjang juga bener2 dibagusin. Contohnya Jaklingko/Minitrans, rambu reyotnya diganti yg bagus. Penempatan rambu2nya dibenerin jgn ditaruh di belokan/pertigaan/perempatan. Drivernya ga kebut2an.

Lalu masalah keamanan dan kenyamanan. Misal keamanan dari tindakan kriminal, kecelakaan. Perbanyak petugas, CCTV. Dan UU yg sangat melindungi pejalan kaki/pesepeda.

PKL dibenahi..masa gue udeh nyaman2 naek KRL, eh keluar stasiun mo jalan kaki nyambung naek Minitrans aje musti berjuang melewati lautan PKL. Dan mungkin copet.

Belom lagi masalah gengsi. Harus dibranding kalo jalan kaki/sepedaan/naek public transport = keren.

Juga masyarakatnya dididik supaya tertib, disiplin, mau jaga kebersihan, ngantri, dll. Maren aje di MRT gue nemuin 1 keluarga yg ngeyel mau makan di dlm MRT padahal petugasnya udh negur berkali-kali. Hadeh.

Tapi yang jelas kalo cuma nyediain jalur sepeda dan parkiran sepeda doang ga bakalan efektif. Harus diiringi dengan pembenahan disana-sini secara serius. Keselamatan, keamanan pejalan kaki dan pesepeda harus benar2 terjamin. Dan itu..jalanan buat semulus mungkin spy ga berbahaya emoticon-Big Grin
Diubah oleh maskerider
Balasan post kljy
@kljy Tilang online doang kurang ampuh bre kalo konteksnya adalah untuk melindungi keselamatan nyawa pejalan kaki dan pesepeda.

Itu program Jakarta Ramah Bersepeda diiringi dengan kebijakan apa untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan kesehatan pesepeda?
Diubah oleh maskerider
Guoblokknya pemerintah bangun trotoar, fasilitas transportasi yang wah, tapi nggak dibarengi dengan pembatasan kendaraan pribadi.

TIRU TUH SINGAPUR, HARGA XENIA BISA 600 juta disana!!
pak gabener...anda lupa kalo indon ini negara tropis
tolong jgn samain di jepang cina belanda udah pada sepedaan segala macem
beda iklim beda budaya


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di