alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Siapa Jack O’Lantern?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ee6522f568d63b056b1c0/siapa-jack-olantern

Siapa Jack O’Lantern?

Siapa Jack O’Lantern?

Kalau bicara soal haloween kita pasti akan langsung membayangkan sesuatu seperti labu atau kostum seram atau malah kostum labu. Perayaan yang jatuh setiap tanggal 31 oktober setiap tahunnya ini selalu menjadi momen yang di tunggu. Meski tidak populer di Indonesia tapi perayaan ini sangat populer di negara barat dan Amerika.

Memang merupalan hal yang wajar jika kita melihat banyak rumah rumah di Amerika yang mengukir labu dan memasang lilin di dalamnya setiap haloween dan hal itu memang meningkatkan keseraman malam haloween. Namun kenapa harus labu? Kenapa nggak semangka aja gitu?

Well, setiap adat istiadat pasti memiliki alasan dan sejarahnya masing masing, begitu juga dengan labu haloween. Labu itu tidak dipilih karna mudah diukir atau semacamnya melainkan karna labu memiliki sejarahnya sendiri sehingga dipilih sebagai maskotnya haloween.

Kenal Jack O’Lantern? Kenalan dimana? Jack o’lantern dalam cerita rakyat Irlandia berasal dari seorang sosok bernama Stingy Jack. Stingy Jack digambarkan sebagai seorang pemabuk dan tukang bohong, dia berbohong pada siapapun baik itu keluarga, orang tua, pacar, teman bahkan iblis.

Nah bayangkan, iblis aja bisa dibohongi apalagi kamu?

Jack pernah meminta sang Iblis berubah menjadi koin emas untuk membayar minumannya, sebagai gantinya Jack menawarkan jiwanya untuk dimiliki sang Iblis nanti. Sang Iblis pun berubah menjadi koin emas. Namun alih-alih dibayarkan, koin emas itu masuk saku baju Jack dengan sebuah salib yang dimaksudkan agar si Iblis tidak bisa kembali berubah.

Entah bangsa iblisnya yang goblok atau apa tapi diceritakan bahwa Stingy Jack sudah beberapa kali menipu iblis.

Cerita lain menyebutkan Jack meminta Iblis untuk memanjat pohon apel dan mengambilkannya untuknya dengan tawaran yang sama, jiwanya. Iblis pun mengambilkan buah apel tersebut dan melemparkannya pada Jack. Setelah itu Jack memasang salib di pohon tersebut hingga akhirnya Iblis pun terperangkap di atas pohon.

Nah, setelah menipu banyak manusia dan juga iblis, Jack akhirnya mati. Sudah jelas dalam agama manapun tidak akan ada surga yang akan menerima penipu seperti Jack sehingga jelas Jack akan masuk neraka. Namun sedihnya (atau senangnya?) para iblis di neraka yang dulu pernah ditipu oleh Jack tidak menerimanya di neraka. Jadilah Jack terlunta lunta antara surga dan neraka.

Karna tak ada tempat yang mau menerimanya maka Jack berkelana entah kemana di tempat yang gelap dan menakut nakuti orang lain. Untuk menerangi jalannya Jack menaruh lilin di dalam sebuah labu dan menggunakannya sebagai penerang jalan. Dari sinilah kita mengenal tradisi mengukir labu dan menaruh lilin di dalamnya untuk menakut nakuti Jack agar tidak mengganggu mereka.

Labu biasanya diukir menyerupai bentuk wajah yang menyeramkan yang merupakan representasi dari Jack itu sendiri. mungkin maksudnya agar Jack sadar akan betapa banyak orang yang membencinya dan bertobat segera.

Apapun alasannya, kita dapat memetik pelajaran dari kisah Jack ini. jangan pernah menipu orang lain. Setidaknya meskipun dirimu jahat jangan sampai membuat iblis tidak senang agar dirimu masih punya tempat di neraka. Semoga kita semua bisa menjadi orang yang jujur dan masuk surga. AAMIIN


Spoiler for sumber:
Diubah oleh sinian
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
iya gan, siapa ya dia?
eh ternyata doi bisa nipu setan.
Quote:


Iya gan. Orang sakti. Level nipunya bukan nipu manusia lagi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di