alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jadi Buah Bibir, Apa Prestasi Jonan Selama Jabat Dirut KAI?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ed0b98d9b17764f6c5f56/jadi-buah-bibir-apa-prestasi-jonan-selama-jabat-dirut-kai

Jadi Buah Bibir, Apa Prestasi Jonan Selama Jabat Dirut KAI?

Jadi Buah Bibir, Apa Prestasi Jonan Selama Jabat Dirut KAI?



Jakarta - Ignasius Jonan tengah jadi buah bibir. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini ikut berkomentar perihal rencana pengalihan pelayanan kereta luar kota dari yang semula di Gambir kini beralih ke Manggarai.


Maklum saja Jonan berkomentar perihal transportasi berbasi rel tersebut mengingat kiprahnya yang pernah menjadi Direktur Utama PT KAI, sebelum diangkat sebagai Menteri Perhubungan dan kini Menteri ESDM.

Selama jadi Dirut KAI, apa sih prestasi Jonan hingga berani ikut berkomentar perihal kebijakan teranyar Kementerian Perhubungan tersebut?

Baca juga: Jonan Kritik KA Jarak Jauh Dialihkan ke Manggarai: Tidak Tepat!

Sebelum tahun 2009, wajah kereta api di Indonesia masih begitu buruk. Di bawah kepemimpinan Ignasius Jonan, KAI berbenah dan mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan. 

Cerita perjuangan Jonan memperbaiki KAI ini dituangkan dalam buku berjudul KAI Recipe: Perjalanan Transformasi Kereta Api Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Jonan, KAI yang merugi, berhasil berbalik untung hingga Rp 1 triliun pada tahun 2014.

Apa resep Jonan hingga dapat menyulap wajah buruk perkerataapian Indonesia? 

Jonan memulai langkah perbaikan KAI dengan meningkatkan gaji pegawai agar kinerja mereka semakin meningkat. Dengan konsekuensi, tak ada lagi yang melakukan pekerjaan sampingan di KAI. Sehingga tidak ada kebocoran dana. 

Hal itu tentu berdampak pada kenaikan biaya perusahaan. Namun langsung dicover karena adanya kenaikan efisiensi. Peningkatan efisiensi yang terjadi lebih tinggi daripada peningkatan biaya kenaikan gaji.

Selain itu, Jonan juga melakukan perbaikan kinerja. Reward and punishment benar-benar diterapkan bagi seluruh pegawai KAI. Hal ini meningkatkan kepercayaan stakeholder. 

Baca juga: Stasiun Manggarai Gantikan Gambir Dikritik Jonan, Ini Tanggapan KAI

Bank-bank berani memberikan kredit pada perusahaan yang masih merugi itu, sehingga KAI dapat menambah asetnya.

Pria yang kini menjabat sebagai Menteri ESDM itu juga mengubah mindset pegawai KAI menjadi customer first alias mengutamakan pelayanan pelanggan. Ia merekrut orang-orang dari dunia bisnis dengan latar belakang pelayanan yang bagus. 

Pria lulusan Singapura itu juga merekrut ahli IT dan bekerjasama dengan BUMN lain yaitu PT Telkom untuk menghemat dana. Metode kerja sama yang digunakan adalah profit sharing.

Stasiun Kereta Bebas Pemulung dan Asongan

Infrastruktur perkeretaapian dibenahi. Stasiun dibuat steril dan menggunakan gate elektronik. PT Kereta Commuterline Jakarta (KCJ), anak perusahaan PT KAI mengalami peningkatan cukup pesat. Selain sarana dan prasarana, perbaikan SDM juga dilakukan.

Berkat pembenahan ini, wajah stasiun kereta api berubah total. Tak ada lagi pedagang asongan dan pengamen yang masuk ke area stasiun apa lagi sampi masuk ke dalam gerbong kereta. Selain itu, tak ada lagi pengguna kereta api yang naik ke atap membiat perjalanan kereta api cenderung lebih aman.

Jonan mengirimkan tiga ribu pegawainya ke China dan Perancis untuk melihat sistem perkeretaapian di negara tersebut. Dari level menengah hingga 2 level di bawah direksi dikirimkan untuk menyaksikan sendiri pelayanan kereta api di sana.

Buku ini disusun dengan melakukan riset selama 9 bulan. Para penulis melakukan kunjungan ke sejumlah kantor kereta api di Jawa dan Sumatera. Jajaran direksi hingga front liners diwawancara untuk mendapatkan keterangan berimbang. Para stakeholders juga dimintai keterangannya

https://m.detik.com/finance/sosok/d-...-kai/1/#search


Sedikit nostalgia ane berhubungan dengan perkereta apian di Indonesia mulai jaman PJKA sampai berubah menjadi PT.KAI saat ini..

Bisa dikatakan ane penggemar setia kereta api dari kecil..bukan karena apa apa, dulu ane pemabuk berat, dan yg bisa bikin ane gak mabuk ya cuma kereta api. Jadi mau kemana mana bagi ane lebih aman pake kereta Api..

Sebelum Jonan and the gank me-masinisi PT. KAI :
Naik kereta api asik banget gan/sist,,,tiket beli on the spot sebelum keberangkatan,,antrinya juga seringkali lumayan. Karena harga yang murah dibandingkan dengan moda lainnya seperti bis ASDP maupun AKAP..

Masuk ke kereta apinya pun kalau pas musim rame tambah asik, desak desakan, barengan sama penumpang lain yang mau naik atau turun..tukang copet dan tukang asongan pun juga gak mau kalah ngikut juga..belum lagi tukang ojek dengan senyumnya juga ikutan nyumpel dekat pintu masuk gerbong berburu penumpang..itu baru mau naik dan mau turun dari gerbong gan..

Didalam kereta, lebih asik lagi..kursi rebutan siapa cepat dia dapat. Lorong tempat jalan pun jadi tempat duduk..
Kereta jalan, penumpang baru dapat angin jendela (kereta ekonomi)..tukang asongan dan mungkin tukang copet juga ngikut juga buat cari rejeki disana..sampai lorong sambungan antar gerbong pun juga penuh penumpang..

Itu gambaran era sebelum Jonan menjabat dan mereformasi perkereta apian kita..

Daftar kenakalan ane waktu itu :
- naik kereta gak beli karcis. Tapi bayar langsung di dalam kereta ke pak Kondektur. Gak kena sangsi gan???seumur umur ane cuma kena sekali saja waktu ada operasi sama Polsuska..selebihnya aman..harusnya tiket 1500/2000 lupa ane, cuma bayar 500 perak. Sisanya buat beli gorengan di dalam kereta
- perjalanan dari SBY-BLT ane cuma beli tiket SBY-MLG...selebihnya ngakali sistem waktu itu, bisa karena terbiasa dan tau di titik mana bakalan ada pemeriksaan karcis oleh kondektur
- suka nongkrong di dekat pintu gerbong, hampir kena batu yg dilempar dari jarak dekat di stasiun Malang Kota Lama
- banyak lagi yg lainnyaaaaaa (kaya lagu Rhoma Irama)

Era reformasi kereta api jaman Jonan CS:
Ane awalnya sedikit gak percaya bisa baik sperti yg ane baca di media media waktu itu..secara saat itu mentri BUMN di pegang sama Dahlan Iskan, yg kata orang suka pencitraan
Tapi setelah ane naik sendiri,,,ternyata benar adanya
- ticketing nya tertib
- gerbong bersih dan nyaman, gak ada lagi pengamen, asongan, tapi kalau tukang copet ane gak tau. Mungkin hanya Tuhan dan tukang copetnya aja yang tau
- penumpang mayoritas duduk sesuai dengan nomer tiket nya. Ya masih ada yg berdisi sih karena KAI masij jual tiket tanpa nomer kursi. Tapi gak seperti jaman kegelapan dulu
- gerbong nya nyaman ada AC nya
- yang luar biasa lagi,,,masuk ke Peron aja bisa lebih ketat daripada mau naik pesawat terbang..kenapa ane bilang sperti itu??karena tiketnya selalu di cocokan dengan KTP pemegang tiket samaa apa tidak. Di bandara, ane pernah terpaksa beli tiket dari calo, dan nama di tiket beda dengan identitas ane. Dan terbukti ane bisa terbang, mendarat dan masih ketawa sampai saat ini

Jadi itulah kira kira apa yang ane rasakan dari sebelum pak Jonan menjabat sampai dengan era perkereta apian saat ini. Peningkatannya luar biasa positif bagi ane

Demikian sekelumit cerita ane mengenai kereta api saat dulu dijaman kegelapan sampai saat ini..

Ane sering naik kereta dari ane kecil sampai sekitar taun 2002...pernah naik lagi tahun kemarin beberapa kali

Semoga threat pertama ini enggak menimbulkan kegaduhan karena ada rule yg tanpa sengaja ane lewatkan..dan kalau memang salah kamar, ane mau aja dipindahin ke kamar yg sesuai asal jangan ke planet Namec aja..

Wassalam..10 oct 2019
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 12 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Jadi Buah Bibir, Apa Prestasi Jonan Selama Jabat Dirut KAI?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
natsuzaki48 dan 6 lainnya memberi reputasi
emang bagus apa yang dia kerjakan, terlepas mungkin ngga semuanya bagus, tapi dia salah satu menteri yang bawa perubahan di rezim jokowi . dia dan susi , pantas jadi menteri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alpacha dan 4 lainnya memberi reputasi
Enak kereta api sekarang.. nyaman, bahkan ekonomi aja nyaman..
gw sekali kalinya naik KRD diatas gerbong..turun2 baju item, muka berjelaga...2004 kapok emoticon-Ngakak
naik senja utama yg kipasnya ga bs dikecilin pernah (era ga ada lagi berdiri), naik fajar utama yang masuk lewat jendela pernah, sampe gajayana ekse jg pernah...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ebureg dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memang terasa banget perubahannya.......secara ane 20 thn pp jkt- sby tiap 2 minggu sekali. Dari dulu sebelum ada argo bromo ataupun argo2 yg lain. Emang salut buat pak jonan
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan ambarawan memberi reputasi
Buah bibir? Kutil?
emoticon-Leh Uga

Dulu awal2 sempat dicibir dan diremehkan hasil perubahannya..

Nice thread ts, keep posting..
profile-picture
ebureg memberi reputasi
Balasan post dr.anonymous
Quote:


kereta legend semua bro


kini :
pasar senen dan malam hari, solo, yogya

jadi kereta impian bre emoticon-Big Grin
Quote:


ts om2 umur 40 an emoticon-Embarrassment
yang jelas sumbangsihnya tidak sebesar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Korea Utara, anaknya si Embok ketua Partai Demokrasi Korea Perjuangan
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan Gailham memberi reputasi
Balasan post dr.anonymous
@adrianalima skrg mah cari nyaman sleeper class aja...dapet tiket aja udah sukur kereta skrg mah, udh ky nyari xiaomi barangnya gelap mulu apalagi pas lebaran.

mana bentar lagi maggarai jadi HUB...mampus aja dah stasiun utama jalan masuknya pasar, kecil dan zona merah tawuran, ntab emang menhub geje skrg emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan ebureg memberi reputasi
Quote:


Set dah...ane jadi ingat umur kalo kaya gini...emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
jauuuuuuuuuuuuuuuuuh lah kalo dibandingin dulu, enak sekarang. emoticon-Big Grin
Quote:


Makasih gan udah nambahin mulustrasi before after Jonan menjabat di pt. KAI
emang drastis sih perubahannya dari yang tadinya naik diatas gerbong kereta sampai sekarang yang tertib tanpa ngeluarin tiket lagi buat di cek petugas di kereta
Yup itulah prestasi Pak Jonan mampu membenahi KAI menjadi semakin baik.Andai saja Pak Jonan bisa membelah diri terus masuk ke berbagai bumn yang tiap tahun ngaku rugi melulu pasti pelayanan tuh bumn yang ngeluh rugi juga baik.Dan akhirnya rakyat korwil cebong,kampret,kampretdicebongin,cebongdikampretin pun senang dan bahagiaemoticon-Ultah
waah jau gila dibandingin naik kereta dulu ma skerang..
dulu masih bisa nyelinap tanpa bayar skrg mah ketat..ga bisa main bolak balik..kircon-cicalengka lagi..emoticon-Leh Uga
kereta api Indonesia udah oke sekarang, favorit udah👍👍👍

dulu zaman jahiliah, rebutan kursi sampai tidur di kolong kursi dilangkahi orang udah ane jalani. aslinya enggak mau pakai tapi apa daya, duit yang berkata 😭
ane aja ga tau ini berita apa an ya yg buah bibir segala
Quote:


ini Kanker menahun yg cuma bisa d atasi om Jojon saat doi menjabat emoticon-thumbsup

dari dulu (dari tahun 90an) sudah d terapkan berbagai cara untuk mengatasi penumpang d atas gerbong, mulai dari talang air gerbong (di gunakan untuk pegangan saat naik ke gerbong) di cor semen, atap nya di pakaikan duri2, atap di oles oli, pakai cat semprot, di pasangkan "pintu koboi" (buat memukul penumpang yg bandel diatas secara "otomatis") di Stasiun Duren Kalibata, tetap aja tak bisa mengatasi persoalan itu semua emoticon-Amazed

Baru dengan pengetatan dan pendekatan teknologi, semua itu MAMPU diatasi emoticon-Cool emoticon-Traveller
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di