alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Mencari Bekal Buat Sekolah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ecb562f568d4ef9058a4d/mencari-bekal-buat-sekolah

Mencari Bekal Buat Sekolah

Beberapa hari yang lalu saat sedang pulang kampung saya melihat anak kecil yang berjualan es lilin. Saya pun menghentikan kendaraan dan membeli es lilin yang di jajakan oleh anak laki-laki itu.

"Berapa satu esnya, Dik?"

"Seribu rupiah, Pak?"

"Murah banget, kamu buat sendiri ya es lilinnya?"

"Nggak Pak, saya cuma jualan aja, nanti di kasih upah dari hasil penjualan es lilin."

Saya jadi ingat masa kecil saya yang juga pernah berjualan es lilin seperti bocah laki-laki yang saya temui ini.

Bagaimana tidak saya menjadi senyum-senyum sendiri juga sekaligus menitikkan air mata. Di jaman sekarang masih ada anak-anak di bawah umur yang masih harus bekerja untuk membiayai sekolahnya sendiri. Penyebabnya sudah tentu masalah ekonomi keluarga.

Saya pun memberi selembar uang yang cukup untuknya sekedar membeli buku dan alat tulis, setelah mendengar cerita darinya yang ternyata sudah dua tahun berjualan seperti ini. Ejekan dan cemoohan dari teman-temannya tak dihiraukan.

Bocah itu kembali berkeliling menjajakan jualannya dari rumah ke rumah. Saya juga melanjutkan perjalanan sampai ke tempat tinggal saya.

Di teras depan rumah, saya duduk di sebuah kursi rotan sambil menyesap secangkir kopi. Tak lupa album usang yang berisi foto ketika saya masih kecil.

Salah satu foto membuat saya teringat masa lalu. Ya saya juga pernah berjualan es lilis seperti bocah yang saya temui tadi. Mencari bekal sekolah dengan cara halal dan tak merepotkan orang lain.

Banyak suka duka yang dulu pernah saya alami ketika berjualan es lilin. Dari uang hasil dagangan yang hilang entah kemana sampai termos es lilin saya terjatuh dan hancur berantakan karena saya berlari akibat di kejar anjing.

Tapi dari hasil berjualan itu juga saya bisa lulus sampai bangku SMP. Saat SMA saya bekerja sebagai tukang cuci motor dan mobil di desa saya. Penghasilannya pun lebih besar. Lulus sekolah saya langsung merantau ke kota sampai sekarang.

Kalau melihat anak kecil yang berjualan berkeliling pasti saya ingat masa kecil saya. Semoga tidak ada lagi anak kecil yang harus bekerja sebelum waktunya. Tugas mereka hanya bermain belajar dan bersekolah, tentunya harus dengan didikan dari orang tuanya agar juga bisa bertanggung jawab mandiri dan berbudi pekerti luhur.

profile-picture
dbaa6pointy memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
dulu jaman gw masi kecil, skulah gak bawa bekal emoticon-Cool
babu gw yg bawain, ngapain kek gw capek2 bawa emoticon-Bingung (S) , ndak bisa cubit2 cewe bs nangis gw
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
masih byk koq anak2 yg belum beruntung sehngga mesti nyari uang untuk hidup.
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Waktu kecil ku dipenuhi segala kesenangan,
Pas tua malah blangsak anjirr
emoticon-Marah
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Ngeliat trit ini jadi inget trit viral kemaren tentang anak yang komplain sama uang saku sekolahnya.

Miris ya.
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Good. Hidup itu bkn tentang seberapa banyak harta yg diperoleh tp tentang bagaimana menjadi manusia yg seutuhnya.
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Dopost
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Diubah oleh Echizen.Ryoma
Quote:


Gak diajarin carik duid sih emoticon-Bingung (S)
Kecil sudah dilatih susah nya cari duid, hidup nya langsung enak, ke depan nya jg sukses.
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Quote:


Iya Gan terutama di daerah desa 😅
Quote:


Iya Gan kebanyakan memang akhirnya bisa hidup mandiri
Quote:


Iya Gan
Bener banget seperti kata Agan
Quote:


saya belum baca trit itu Gan
Miris banget kalo sampai kaya gitu
Quote:


Iya Gan
Nggak bisa mandiri setelah tua
Quote:


saya nggak punya pembantu Gan 😅
Quote:


Kota juga banyak.
Depan kantor ku aja anak sd jualan tisu n cemilan.
Klo kamu jalan di kpg melayu, ada satu keluarga yg ngamen.
Bahkan anak yg nasih bayi aja dibawa ngamen ama ibu nya.
profile-picture
artana99 memberi reputasi
anak anak yg berjuang seperti inilah yg memiliki tekad yg besar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
artana99 dan 2 lainnya memberi reputasi
anak anak yang dilatih mandiri sejak kecil, pas gede siap menghadapi tantangan dunia emoticon-Cool
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Kota mana, kotamadya?
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Terimakasih atas pengalamannya TS
profile-picture
artana99 memberi reputasi
anak yang tahan banting seperti lu biasanya punya anak yang manja ga bisa ngikutin jejak lu. maksud gue ortu cenderung punya pikiran anak gue kelak jangan sampai hidupnya kek gue dulu. pemikiran itu bagus cuman aplikasi tindakannya yang terkadang salah. jatohnya malah ngemanjain si anak, si anak ga tau lagi yang namanya bagaimana merasakan proses.
profile-picture
artana99 memberi reputasi
Quote:


Astaga kasihan banget bawa anak yang masih bayi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di