alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Tips Menaklukan Soal Psikotes
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9eb28c88b3cb6e93684f1d/tips-menaklukan-soal-psikotes

Tips Menaklukan Soal Psikotes

Tips Menaklukan Soal Psikotes
(foto: American Psychological Association)


Anda tentu sudah tak asing dengan istilah psikotes atau tes psikologi. Psikotes merupakan salah satu tahap tes yang harus dilalui calon karyawan dalam seleksi kerja, bahkan kini psikotes jiga kerap digunakan sebagai syarat seleksi masuk perguruan tinggi.
 
Berbeda dengan tes akademik yang berfungsi untuk mengukur kemampuan umum, psikotes dirancang khusus oleh ahli psikologi untuk mengetahui kepribadian, fungsi kognitif, dan emosional seseorang. Tes ini dapat mengobservasi tingkah laku individu dan menggambarkannya melalui skala angka atau sistem kategori.
 
Tes psikologi tak bisa dinilai oleh sembarang orang. Seluruh tes psikologi harus dilakukan, dinilai, dan ditafsirkan oleh profesional yang terlatih, seperti psikolog atau psikiater. Meski psikotes tak bisa dipercaya 100 persen, namun bagi beberapa perusahaan hasil psikotes sudah menjadi patokan dasar untuk menilai seseorang.
 
Dalam proses seleksi kerja, psikotes dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk memetakan potensi calon karyawan,agar perusahaan bisa mengetahui apakah calon karyawan dapat mengisi posisi di perusahaan sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
 
Ada banyak jenis dan macam dari psikotes, mulai dai tes tertulis, visual, hingga verbal. Jenis tersebut dibuat berdasarkan apa yang ingin diketahui oleh sang penguji. Soal psikotes juga tak bersifat universal, ada beberapa perubahan dan penyesuaian yang dilakukan terlebih dahulu sebelum digunakan di sebuah negara atau daerah. Penyesuaian tersebut bisa berupa penyesuaian bahasa, pertanyaan, gambar, dan lainnya.
 
Meskipun tes psikologi bukanlah sebuah ujian yang perlu persiapan kursus, namun tes ini juga tak bisa disepelekan. Tak sedikit dari calon karyawan yang melamar ke sebuah perusahaan yang gagal pada tahap psikotes. Untuk itu, simak tips menaklukan psikotes berikut ini:
 
1. Siapkan mental
Agar lancar mengerjakan psikotes, siapkan mental dan tumbuhkan rasa percaya diri bahwa Anda pasti bisa mengerjakan soal dengan lancar. Rasa optimis dapat memberi sugesti positif ke alam bawah sadar sehingga Anda lebih siap secara mental untuk mengerjakan soal psikotes.
 
2. Kerjakan dengan jujur
Setiap jawaban di soal psikotes merupakan gambaran dari diri Anda. Selain itu, penguji juga bisa mengetahui apakah Anda berbohong ketika menjawab soal psikotes.
 
3. Konsentrasi maksimal
Pertanyaan pada soal psikotes yang penuh nalar sering kali mengecoh, untuk itu Anda perlu konsentrasi dan ketelitian yang tinggi. Jangan terburu-buru ketika mengerjakan soal, gunakan waktu sebaik mungkin untuk memahami pertanyaan agar tidak keliru.
 
4. Banyak berlatih
Ada banyak bentuk soal dari tes psikologi. Beda bentuk soal, maka berbeda pula cara penyelesaiannya. Maka dari itu Anda harus memahami setiap bentuk soal psikotes dengan banyak melakukan latihan. Bacalah contoh-contoh soal tes psikologi yang sudah banyak dijual di pasaran sebagai persiapan sebelum melakukan psikotes.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di