alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
5 Program Pendaftaran Perguruan Tinggi yang Wajib Kamu Ketahui
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9ea7d25cf6c40beb45701e/5-program-pendaftaran-perguruan-tinggi-yang-wajib-kamu-ketahui

5 Program Pendaftaran Perguruan Tinggi yang Wajib Kamu Ketahui

5 Program Pendaftaran Perguruan Tinggi yang Wajib Kamu Ketahui
Untuk masuk ke perguruan tinggi terbaik Indonesia Anda harus memilih beberapa jalur yang ada. Setiap program pendaftaran perguruan tinggi baik memilki kriteria masing-masing.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Jika Anda sedang ingin melakukan pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri diantaranya, yaitu sebagai berikut ini:

1. Bidik Misi
Program dari pemerintah ini memang dikhususkan untuk orang miskin berprestasi. Karena saat ini banyak orang yang terhalang dana untuk melanjutkan perkuliahan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan adanya bidikmisi, pemerintah berupaya menjawab keinginan tersebut.

Program ini diperuntukan untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan yang lebih. Sehingga, dana pemerintah dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjang pendidikan tersebut. Penerima bidikmisi biasanya melalui seleksi yang ketat baik akademik maupun persyaratan penting lainnya.

2. SNMPTN
Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilaksanakan serentak oleh perguruan tinggi yang ada. Program ini lebih ditujukan kepada anak saat SMA atau sederajat yang berprestasi. Terutama mereka yang memiliki nilai raport terbaik.

Akreditasi sekolah asal juga bisa mempengaruhi seseorang diterima atau tidaknya di sebuah universitas. Semakin tinggi nilai prestasi akademik, semakin besar pula peluang mereka diterima di dalam perguruan tinggi negeri yang terbaik di Indonesia.

3. PMDK
Penelusuran Minat dan Kemampuan di laksanakan oleh masing-masing perguruan tinggi tujuan. Hal ini digunakan untuk menyaring bibit unggul saat penerimaan mahasiswa baru. Bukan hanya akademik namun bakat seseorang juga akan diuji.

Saat ingin menempuh jalur ini, hendaknya mencari informasi terlebih dahulu mengenai biaya kuliah perguruan tinggi tujuan. Apakah menyediakan jalur tersebut atau tidak. Jika memang iya, tidak ada salahnya untuk memenuhi kriteria dan syarat yang dibutuhkan.

4. SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini dilaksanakan oleh panitia pusat. Sehingga, persaingan ketat tentu terjadi. Saat menempuh jalur ini, setiap peserta diharuskan mengerjakan soal tertulis agar mendapatkan nilai maksimal.

Pada dasarnya, nilai saat di SMA tidak menjadi penentu saat melakukan ujian tersebut. Namun, hanya sebagai faktor pendukung saja apabila diperlukan. Oleh karena itu, persiapan belajar yang matang perlu diperhatikan saat akan menghadapi ujian ini.

5. Ujian Mandiri
Jika memiliki dana yang mencukupi, jalur mandiri merupakan solusi terakhir untuk masuk ke dalam universitas terbaik. Jalur ini mengharuskan Anda memberi biaya yang lebih. Karena, tidak ada keringanan sedikitpun. Mulai dari pendaftaran ataupun saat perkuliahan dimulai.

Semakin bagus kualitas perguruan tinggi, biasanya memiliki tingkat biaya yang lebih tinggi. Kebanyakan jalur ini ditempuh oleh orang dari kalangan menengah ke atas. Mereka tidak terlalu memikirkan biaya asalkan dapat melanjutkan study di perguruan tinggi terbaik yang menjadi pilihan.

Selain kualitas, jurusan juga mempengaruhi biaya saat memilih jalur mandiri di perguruan tinggi negeri tujuan. Misalnya saja jurusan psikologi tidak sama dengan jurusan sistem informasi dan teknik industri. Perlu kiranya memperhatikan betul-betul saat memilih jalur tersebut.

Spoiler for Source::


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di