alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DKI Targetkan Trotoar PKL di Sudirman-Thamrin Akhir 2019
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9e92fc82d495784c4de0b7/dki-targetkan-trotoar-pkl-di-sudirman-thamrin-akhir-2019

DKI Targetkan Trotoar PKL di Sudirman-Thamrin Akhir 2019

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta Adi Ariantara menargetkan pembangunan trotoar untuk pedagang kaki lima (PKL) di beberapa titik di ibu kota di akhir tahun ini.

Di antaranya adalah kawasan Jl. Jend.Sudirman-Jl. MH Thamrin, Jl. Rasuna Said (Kuningan), dan kawasan Mampang.

"Kami menghormati aturan main. Target akhir tahun ini ada beberapa titik yang bisa kita contohkan. Sudirman-Thamrin sangat memungkinkan, dimana memungkinkan orang usaha," ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (7/10).

Selain itu, Adi juga menyebut beberapa titik di kawasan Kuningan. Ia menyebut peluang usaha itu hadir karena pegawai kantoran di lokasi tersebut yang menurutnya lebih memilih dagangan PKL karena lebih murah.

Soal lokasi lainnya, Adi mengatakan pihaknya masih melakukan pengkajian.

"Di Kuningan, saya tongkrongin hari kerja dan hari libur, hari kerja itu luar biasa. Harga di dalam itu, restoran, tidak terjangkau. PKL dari sisi itu peluang usaha. Pegawai itu mau makan restoran. Terus kita cari ke Mampang," jelasnya.

Adi menjelaskan bahwa ada beberapa pertimbangan yang menjadi dasar pembangunan trotoar tersebut.

Di antaranya, dalam hal aturan, ada Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah, Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi, dan Peraturan Menteri PUPR terkait batas lebar trotoar.

"[Pertimbangan] ketiga, potensi terkait kebutuhan berjualan; dan keempat, sumber dukungan di sana seperti listrik dan air. Segera mungkin kita siapkan," imbuhnya.

Selain itu menurutnya desain dari trotoar juga penting. Ia tak ingin masyarakat merasa terganggu dan menggugat desain tersebut.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membuat trotoar menjadi multifungsi dalam mengatasi permasalahan PKL di sejumlah titik di Jakarta, khususnya di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Namun sejumlah pihak mengatakan keputusan Anies kontroversial karena terbentur aturan terkait penggunaan trotoar untuk pejalan kaki.

SUMBER

Kira2 ntar yg jajan disitu pada parkir dimana ya? Jangan2 jd macet krn parkir liar, parkir ojol dan pedagangnya jg ga bakal hanya yg berlisensi tp bakal banyak yg liar juga.
Blm lg masalah kebersihan, premanisme dll
Penasaran sama hasilnya nanti...


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivona dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh firewallshop
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
kalau jadinya bikin macet tinggal bongkar lagi aja gan. Duit lagi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan firewallshop memberi reputasi
Itu yg di Jakbar banyak oloran air yg ditutup utk trotoar.....emang bagus si? Ngga tau ntar apa yg akan terjadiemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan firewallshop memberi reputasi
sejuta lapangan pekerjaan akan diciptakan
sepanjang beribu ribu kilometer terotoar

selamat buat warga jakarta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
udah mulai masuk musin hujan apa kabarnya NATURALISASI sungai?
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan firewallshop memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bud abud... Goblok.. Ngabisin anggaran buat PKL.. Emangnya PKL bayar pajak apa bud? Tulul.. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marwoto.vip dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Liat aja pelaksanaannya.
Proses seleksi siapa pkl yg dapet kavling.
Sudah bisa diduga
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan firewallshop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
permasalahan dari pkl ini adalah mental +62: "kalo dia dikasih, kenapa gue nggak". satu PKL dikasih ijin jualan di sono, yang lain akan menyerbu dan berantakanlah tempatnya.
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan firewallshop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ga ngaruh.. toh ibukota juga bakal pindah....

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan firewallshop memberi reputasi
Balasan post SyncMaster753
Quote:


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, diprotes oleh netizen lantaran salah tulis soal trotoar di Jalan Sudirman dan MH Thamrin. Pada akun Twitter-nya, @aniesbaswedan, mantan Menteri Pendidikan itu menuliskan trotoar kedua jalan protokol tersebut memiliki panjang 43 ribu meter.

Padahal aslinya, panjang trotoar sepanjang jalan itu tak lebih dari 7 kilometer (7000 meter).


7000m, kalo 2 sisi jd 14KM
kalo 1pedagang dikasih space 2m artinya bisa ada 7rb lap pekerjaan
blm lg tukang parkir liar, dll dll

Balasan post temenfisherman
Quote:


bener, dan polpp kita ga cukup banyak buat ngusirin pedagang liar

Balasan post takebeer212
Quote:


yg ga dapet kavling bakal kucing2an sama pol pp
Balasan post filusufkacang
Quote:


mestinya bayar ya, tp apa udah ada perda-nya?
udah bulan 10 nih, bentar lg mrk dagang

dipakai pkl tapi ya yg belanja mestinya mayoritas pejalan kaki
kalo pengendara yang lewat ya mesti cari tempat parkir dulu, harus dilarang berhenti dan parkir sembarangan, apalagi kalo trotoarnya beralih fungsi jadi parkiran
yg ada nanti wan abud kaya ngoles tokay ke muka sendiri kalo sampe trotoar sudirman disulap jadi trotoar pasar tanah abang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan firewallshop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post SyncMaster753
@firewallshop
itu baru sudirman thamrin
belum jalan jalan lainnya
daan mogot, gunung sahari, gatot subroto
panjang bingit
bisa menciptakan lapangan kerja

cita cita wan bango 200 ribu pengusaha muda bisa 5 kali lipat nya
profile-picture
firewallshop memberi reputasi
Baguslah. Biar sudirman thamrin ikutan kumuh juga. Pusat kota gitu lho. Masa pinggiran aja yg kumuh. Ini baru namanya pemerataan.
profile-picture
profile-picture
RyoEdogawa dan firewallshop memberi reputasi
Waini, mantab emoticon-Angkat Beer

Maju kotanya, bahagia warganya emoticon-Big Grin
profile-picture
firewallshop memberi reputasi
akar rumput mulai di berdayakan untuk .............
profile-picture
firewallshop memberi reputasi
Quote:


Ya itukan buatnya pake uang negara, apalagi yg di pake itu fasilitas umum..

Tujuannya untuk apa kalo bukan untuk meningkatkan pemasukan negara?

Ga ada makan siang yg gratis..

Ini yang gue sesalkan dari si abud ini.. Lebih fokus pada pencitraan tai anjink.. Ketimbang pendapatan negara...

Ngapain coba ngurusin asongan begitu?

Mudah2an ga sampe jadi presiden si abud ini.. Ancur negara ini kalo presidennya model begini..

Mudah2an 2024 bener2 tutup buku.. Ga ada lagi bagian dari rejim skrg yg maju nyapres.. Bener2 orang baru.. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
bakstiarr dan firewallshop memberi reputasi
Diubah oleh filusufkacang
Lihat 2 balasan
Balasan post suramonly
Quote:


ya pasti ada aja yg sengaja pengen jajan kesitu dan naik mobil atau motor
atau cm lewat trus pengen dan berhenti dulu
kl ga ada lahan parkirnya ya akhirnya di bahu jalan

Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di