alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
UGM Batalkan Kuliah Umum UAS, Dahnil: Pimpinan UGM Bak Rezim Politik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9e84a5c82084359c7c9fae/ugm-batalkan-kuliah-umum-uas-dahnil-pimpinan-ugm-bak-rezim-politik

UGM Batalkan Kuliah Umum UAS, Dahnil: Pimpinan UGM Bak Rezim Politik

UGM Batalkan Kuliah Umum UAS, Dahnil: Pimpinan UGM Bak Rezim Politik


Jakarta - Peneliti Senior Institute Kajian Strategis UKRI Dahnil Azhar Simanjuntak menyesalkan sikap Universitas Gadjah Mada (UGM) yang membatalkan kuliah umum yang rencananya diisi oleh Ustaz Abduk Somad (UAS) di Masjid Kampus UGM. Menurut Dahnil, sikap tersebut menunjukkan bahwa UGM telah kehilangan identitasnya.

"Saya sesalkan sikap UGM tersebut. Kampus telah kehilangan identitasnya sebagai 'University' di mana, Kampus adalah rumahnya diversity (perbedaan, keberagaman) pandangan lahir. Tempat di mana pikiran diadu," ujar Dahnil kepada wartawan, Kamis (9/10/2019).


Mantan Ketum Pemuda Muhammadiyah itu menyebut pimpinan UGM telah berubah menjadi rezim politik. Dahnil menyesalkan jika seluruh civitas akademika di UGM hanya berdiam diri dengan sikap semena-mena tersebut.

"Pimpinan UGM telah berubah bak rezim politik yang anti perbedaan. Saya sesalkan bila civitas akademika, para fakulti berdiam diri terhadap laku pimpinan UGM yang anti Diversity, berlaku bak rezim politik terkait pelarangan terhadap Ustadz Abdul Somad. Saya berasumsi seluruh civitas akademika dan fakulti di UGM kehilangan otoritas moral sebagai intelektual," katanya.

"University adalah rumah di mana persemaian perbagai pemikiran lahir, dan beradu satu dengan lainnya. Bila tak bersepakat dengan satu pemikiran maka adu dengan pemikiran lain. Bukan, justru bertindak represif melarang Intelektual (Ustaz) seperti Abdul Somad menyampaikan gagasannya di UGM," sambung Dahnil.


Sebagai akademisi, Dahnil pun mengaku malu dengan sikap UGM tersebut. Sebab, menurut dia, hal itu menunjukkan bahwa UGM kehilangan otoritas moral sebagai intelektual.

"Terus terang sebagai salah satu orang yang hidup di kampus, tumbuh berkembang sebagai dosen dan peneliti, saya malu melihat laku anti pemikiran yang ditunjukkan oleh Pimpinan UGM terkait pelarangan terhadap Ustadz Abdul Somad, dan tentu juga sesalkan bila insan cendikia disana diam tahadap laku tersebut," katanya.


Sebelumnya, Universitas Gadjah Mada (UGM) membatalkan kuliah umum Ustaz Abdul Somad, yang sedianya digelar di ruang utama Masjid Kampus UGM pada Sabtu (12/10) besok. Alasan yang disampaikan UGM adalah ketidakselarasan antara acara dan pembicaranya.

"Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan nonakademik dengan jati diri UGM," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Aryani melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).

"(Yang tidak selaras) keterkaitan antara acara dan pembicaranya," sambung pengajar Fakultas Filsafat UGM ini. 


sumber: https://news.detik.com/berita/d-4740...litik?single=1

kudanil nyari panggung lagi emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Somad emang radikal, ga etis org kek gtu jadi penceramah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
mampos lo tomad

akibat menista ditolak dimana2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
Kami sangat mendukung pernyataan Bang Dahnil sebagai akademisi yang hebat sekaligus pejuang umat yang terbukti konsisten. Sebagai mantan Ketua PP Muhammadiyah, Bang Dahnil benar-benar membuktikan kelasnya jauh diatas para pemimpin rektorat UGM sekalipun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gini aja gampangnya, Kalu UAS menyampaikan kepada publik secara formal bahwa NKRI itu yg paling baik dan lebih cocok untuk Indonesia ketimbang khilafah, ga bakalan dah dibungkam lagi.

Kalau UAS masih menjunjung khilafah, ya ibaratnya kalo dibolehin UGM itu sama dengan memberikan Benny Wenda panggung untuk khotbah di gereja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 12 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wajar, kan satu hati. Hhhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:

ya betul itu narasi elu itu bro, yang berlebihan emang gak baek

ngeri juga gue kalo denger ceramah yang radikal

emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Ya ampun....university vs UAS? University yg dimakai makai.......????emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Semoga tidak salah pilih guru agama.
Belajarlah dari guru agama yg sungguh2 mengajarkan kebaikan dan toleransi bagi seluruh umat beragama.
Yang menyejukan, yg mendamaikan suasana, tidak sombong dan arogan.
Membawa persatuan bagi sluruh umat beragama dan rakyat Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
gpp cuma hilang order beberapa kali
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan simsol... memberi reputasi
Langkah yg diambil oleh pihak UGM sy rasa bagus & tepat ... agar penceramah2 radikal tdk diberi panggung ... seperti itulah kira2 ... emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aroesi dan 2 lainnya memberi reputasi
Kudanil kudanil emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan simsol... memberi reputasi
Kalo sama ustad yg ngomong, salib ada jin kafir. Yaa wajib berpolitik.

Rektor dan dosen juga wajib membawa penceramah agama yg lurus.

UAS ini kan seringkali pendapatnya gak mendidik.
Sedang UGM kampus orang orang terdidik

Wajar UAS tertolak

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


ntaabbbemoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Aparatkaskus memberi reputasi
ane dukung UGM emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Aparatkaskus memberi reputasi
ane dukung UGM yg menjunjung etika dan toleransi dalam berkehidupan di negara ini..

emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Aparatkaskus memberi reputasi
siapa sih UAS....

kalo soal ilmu agama masih banyak kog yang lebih hebat dari si tomat.....

apa sih kontribusi tomat selama ini secara akademik.nggak ada toh.dia sama aja kaya yg lain

ane saranin jgn terlalu menyanjung tomat terlalu tinggi,itu sama aja ente mendorong tomat menuju kesombongan diri...

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Balasan post simsol...
Coba sini sebutin mana ustadz atau ulama yg ilmunya lebih tinggi dari UAS. Faktanya, UAS memiliki jama'ah yang jauh lebih besar ketimbang ustadz/ulama yang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jaloe46 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diversity mbahmu, yg pidato aja radikal gitu. Itu disosmed anak-anak muda yg sepemikiran pentolan geng dahnil aja suka ketawa-ketiwi plesetin toleransi ke telorasin.
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan areszzjay memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di