alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Apa fungsi Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9e6f66c8208460a560cdab/apa-fungsi-badan-pengelola-dana-lingkungan-hidup

Apa fungsi Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup

Apa fungsi Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup
Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan) didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) melakukan penanaman pohon usai peluncuran Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) di lapangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/10/2019).
Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) resmi meluncur, Rabu (9/10/2019).

BPDLH akan memperoleh dana sebesar Rp4,29 triliun sebagai modal operasional dari pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Tak hanya itu, BPDLH juga akan menerima dana peralihan operasional dari Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P3H) sebesar Rp2,1 triliun serta sumbangan dari lembaga-lembaga peduli lingkungan lainnya.

Salah satu Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan ini akan memiliki fungsi seperti Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Bedanya, BPDLH nantinya tidak hanya akan mengelola dana, melainkan turut andil menjadi pelaksana atas kegiatan yang bersinggungan dengan pelestarian lingkungan hidup. Sementara BPDKS hanya memberi dana peremajaan (replanting) kebun kelapa sawit, namun pelaksanaannya dilakukan oleh petani.

“Karena lingkungan tidak bisa hanya jadi urusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Misalnya restorasi, konservasi, pencegahan, seperti kebakaran hutan,” kata Darmin dalam rilis resmi Sekretariat Kabinet.

Jabatan Ketua Dewan Pengarah badan ini berada di tangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Namun, secara struktural BPDLH juga akan dikelola oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Wakil Dewan Pengarah.

Karena mengurusi masalah dana, struktur organisasi BPDLH kemungkinan akan lebih banyak berasal dari Kementerian Keuangan dan KLHK. Selain itu, pemerintah juga akan melibatkan kalangan profesional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, BPDLH juga akan menjalankan fungsi pembiayaan agar dana yang dikelola bisa diinvestasikan ke instrumen-instrumen yang menguntungkan. Tujuannya agar dana kelola bisa berkembang dan memenuhi kebutuhan dana program lingkungan hidup ke depan.

Kucuran dana dari pemerintah pusat untuk program lingkungan hidup memang tercatat naik dari tahun ke tahun. Pada 2016 misalnya, porsi anggaran untuk lingkungan hidup mencapai 3,6 persen dari total APBN, lalu meningkat menjadi 4,7 persen pada 2017 dan 4,9 persen pada 2018.

Data Kementerian Keuangan mencatat pemerintah memberikan anggaran senilai Rp72,4 triliun dari APBNP 2016, Rp95,6 triliun dari APBNP 2017 dan Rp 109,7 triliun dari APBN 2018.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menambahkan, pembentukan badan ini merupakan langkah konkret Indonesia untuk melengkapi upaya pengendalian dan penanganan perubahan iklim.

“Langkah kita dalam implementasi The Paris Agreement semakin konkret. BPDLH atau yang saya sebut juga LH Fund ini diharapkan memberikan ruang dan positioning yang sistematis dalam pengendalian dan penanganan perubahan iklim,” kata Siti.

Pembentukan badan ini juga diharapkan dapat membuat upaya pelestarian lingkungan berada pada satu koordinasi. Sebab, selama ini dana pemulihan kerusakan lingkungan tercecer di sejumlah kementerian.

Selain itu, beroperasinya BPDLH diharapkan dapat mengurangi keraguan para investor untuk berinvestasi di Indonesia pada sektor mitigasi perubahan iklim.

Untuk diketahui, Indonesia memasang target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29 persen dengan upaya sendiri dan 41 persen dengan kerja sama internasional pada 2030.

Jumlah itu setara dengan 2,8 giga ton CO2. Dari data Kementerian LHK, pada tahun 2016 tercatat penurunan emisi mencapai 8,7 persen, dan juga 10,8 persen pada 2017.

Menteri Siti berujar, dengan adanya mekanisme keuangan ini, maka dukungan dalam dan luar negeri, seperti untuk dana reboisasi dan lainnya bisa dikelola dengan baik.

Pemerintah juga berupaya untuk konsisten dalam melaksanakan komitmen penurunan emisi gas rumah kaca serta program adaptasi perubahan iklim yang termaktub dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) yang merupakan produk turunan dari Paris Agreement.
Apa fungsi Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ngkungan-hidup

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Apa fungsi Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup Kualitas udara terbaik dan terburuk di Indonesia (Kamis, 10/10/2019)

- Apa fungsi Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup Wiranto: Tambah pasukan dan pulangkan pengungsi ke Wamena

- Apa fungsi Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup Prabowo akan tegaskan sikap politik pada 17 Oktober

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di