alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / UKM /
Jenis-jenis kontrak dalam pengadaan barang dan jasa yang harus kamu ketahui!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9dcde2f4d695151f4daa8d/jenis-jenis-kontrak-dalam-pengadaan-barang-dan-jasa-yang-harus-kamu-ketahui

Jenis-jenis kontrak dalam pengadaan barang dan jasa yang harus kamu ketahui!

Sumber: pengadaan barang dan jasa serta jenis-jenis kontrak yang harus kamu ketahui!

Dalam pengadaan barang dan jasa, istilah kontrak tentu sudah tidak asing lagi. Kontrak diberlakukan sebagai bentuk persetujuan antara dua orang atau lebih tentang kewajiban untuk melakukan atau tidak melakukan secara sebagian. Hal ini dituangkan dalam dokumen tentang persetujuan antara dua pihak dengan syarat dan ketentuan.

Hal ini berlaku dalam segala jenis bisnis dan industri. Dalam penerapannya, ada perbedaan yang terlihat bagi perusahaan swasta dan agen pemerintah. Perusahaan swasta cenderung fleksibel sedangkan agen pemerintah harus mematuhi peraturan dan aturan khusus yang berlaku karena, mereka bertanggung jawab atas dana masyarakat yang dipakai untuk pengadaan sesuatu.

Kontrak menjadi pelengkap dalam sebuah tender yang dilakukan oleh perusahaan untuk pengadaan barang dan jasa. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, perusahaan memberikan kontrak kepada vendor untuk memenuhi kewajiban sesuai dengan kesepakatan bersama. Apa saja jenis dan pengaruhnya dalam pengadaan?


Jenis-jenis kontrak dalam procurement terbagi kedalam beberapa jenis seperti:

Stakes of procurement contracts


Sama seperti kontrak lainnya, kontrak ini bersifat mengikat dua pihak atau lebih yang berisi rincian tentang syarat dan ketentuan dari proyek tertentu. Kontrak yang disi harus akurat untuk mengurangi resiko masalah seperti vendor yang tidak mematuhi hukum atau perusahaan yang tidak menggunakan kontrak dengan harga yang tetap.


Kontrak ini terbagi kedalam 3 jenis yakni:

Waktu dan materi
Biaya yang dapat diganti
Kontrak harga tetap

Fixed price contract


Kontrak fixed price adalah sebuah kontrak dengan nilai yang tetap. Dalam hal ini, vendor sudah setuju untuk menyediakan jasa atau barang dengan nilai kontrak yang telah ditetapkan (Diluar dari materi, biaya tenaga kerja, dan peralatan yang telah dikeluarkan)


Dengan begitu, vendor sudah paham akan resiko yang dihadapi dan siap menanggung segala biaya yang ada diluar total harga yang sudah disepakati. Kontrak ini dinilai memiliki resiko yang minimal bagi perusahaan karena, tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Fixed price contract terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

Lump-sum contract


Perusahaan atau vendor mempunyai satu pemahaman yang sama terhadap isi dan maksud dari kontrak.


Unit price contract


Kontrak ini melakukan perhitungan kontrak berdasarkan pada biaya dari setiap unit ukuran atau volume. Variasi dari kontrak ini adalah harga tetap tidak berubah hingga proyek selesai (flat rate) atau harga yang didapat dengan perkiraan volume (sliding rate). Kontrak ini biasanya sering digunakan dalam kerja konstruksi.





Sumber: [u]pengadaan barang dan jasa serta jenis-jenis kontrak yang harus kamu ketahui! [/u]
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di