alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d9f44facb9501ec1acbb7/5-buah-ini-baik-untuk-dikonsumsi-setiap-hari-tapi-jangan-terlalu-banyak-yaa

5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa

Buah memang kudapan yang lezat dan punya manfaat tinggi untuk tubuh. Meski begitu, ternyata nggak semua buah itu sama, Gan. Ada buah yang baik dikonsumsi secara rutin setiap hari, ada pula yang tidak. Beberapa buah jauh lebih sehat dari yang lainnya, karena mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan rendah kalori dan gula. Sementara, beberapa buah lainnya punya kandungan kalori dan gula yang tinggi. Bila dikonsumsi berlebihan, malah bisa berbahaya buat kesehatan.

5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa

Nah, apa aja buah yang baik  untuk dimakan setiap hari? Ini 5 diantaranya!

1. Nanas

5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa

Nanas mengandung banyak vitamin C dan mangan. Buah tropis ini disarankan untuk dikonsumsi secara rutin karena mengandung enzim bromelain. Menurut studi yang dilakukan oleh Biotechnology Research International, bromelain  bisa memaksimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap antibiotik, menghentikan diare, mengatasi diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker. Bromelain juga dipercaya mampu mempercepat penyembuhan pascaoperasi dan mengobati inflamasi saat berolahraga.

2. Bluberi

5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa

Buah berjenis beri mengandung banyak banget vitamin C. Satu cangkir bluberi udah mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 24 persen, dan vitamin K sebesar 36 persen. Secanrkit buah beri ini juga mengandung 4 gram serat dan 15 gram karbohidrat.
Nggak hanya itu, bluberi juga mengandung lebih banyak antioksidan dibanding buah lain! Antioksidan bisa mengurangi tanda penuaan dan menangkal radikal bebas.

3. Semangka

5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa

Enak banget rasanya makan semangka saat cuaca lagi panas dan gerah. Semangka yang 92 persen terdiri dari air akan menjaga tubuh tetap terhidraasi. Selain itu, arginin dalam semangka bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Apel

5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa

An apple a day keeps the doctor away. Pernyataan ini bener banget, Gan. Selain mencegah penyakit, makan apel setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan. Apel berukuran sedang mengandung banyak air dan 4 gram serat. Makan apel sebelum makan bisa membuat kita kenyang tanpa harus mengisi perut dengan banyak kalori. Sebuah studi udah menemukan kalau makan apel sebelum makan bisa mengarungi asupan kalori hingga 200 kalori!

5. Jeruk bali

Bagi yang mau diet, selain makan apel, kalian juga bisa makan jeruk bali secara rutin nih. Jeruk bali disebut-sebut sebagai buah dengan kalori paling rendah. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2006 menemukan kalau mengonsumsi setengah jeruk bali aja sebelm makan bisa menurunkan berat badan 1,6 kilogram dalam 12 minggu. 

5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa

Selain membantu menurunkan berat badan, jeruk bali juga kaya akan vitamin C. Setengah buahnya aja udah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 64 persen!


Meskipun buah-buah di atas baik untuk dikonsumsi secara rutin, tetap aja nggak boleh dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan ya! Makan buah-buah di atas dengan porsi yang secukupnya aja.

Ini nih tandanya kalo Agan udah makan terlalu banyak buah :

1. Sering merasa kembung

Buah memang bisa memicu perasaan kembung karena kaya akan gula berjenis fruktosa. Ada sebagian orang yang nggak begitu bisa mencerna fruktosa dalam jumlah banyak. Bagi orang-orang ini, fruktosa yang terlalu banyak dan nggak tercerna akan tertinggal di perut, terfermentasi, dan menjadi gas.

2. Diare

Terlalu banyak makan buah dalam sehari bisa mengacaukan sistem pencernaan dan menyebabkan diare. Salah satu penyebabnya, ya karena gas yang tersimpan dalam perut, seperti yang dijelaskan di atas. Apalagi kalau buah yang dimakan rasanya asam, bisa bikin perut melilit!

3. Susah menurunkan berat badan

Buah memang alternatif yang lebih baik dibandingkan cemilan-cemilan manis. Tapi, sama aja kalau mengonsumsi buah dalam jumlah yang terlalu banyak, karbohidrat yang kita konsumsi juga akan berlebihan. Karbohidrat yang terlalu banyak bisa membuat kita kesulitan menurunkan berat badan.

4. Selalu ngidam gula

 Makan buah terlalu banyak bisa membuat kadar gula darah meningkat secara pesat. Namun, efek peningkatan gula darah ini cuma bertahan sementara. 30 menit setelah makan buah, kadar gula darah kita akan menurun drastis, dan kita bakal langsung ngidam yang manis-manis setelahnya.
 
Intinya, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, Gan. Jadi, buah-buah di atas bisa dimakan secara rutin, tapi jangan sampe terlalu banyak, ya!
 


Spoiler for sumber:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Berarti pisang ga aman dimakan tiap hari ya?
5 Buah ini Baik untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Tapi Jangan Terlalu Banyak yaa
pisang pepayaa gaboleh setiap hari yaa???
Makan buah biar sehat
memang semua itu ada tmpt dn wktu tsndri. sperti tipskesehatantrend yg selalu ada bwt kamu.
segalanya gaboleh berlebihan ye.. ane makan semangka kebanyakan juga diare wkwkwkw
apapun yang berlebihan emang nggak baik kok buat tubuh kita emoticon-Malu
Makan secukupnya aja kalik ya..
Kalau pas lagi seneng banget makan buah tertentu, ane biasanya sehari bisa abis banyak sih..emoticon-Cape d...
Sesekali kek gitu nggak apa-apa kalik ya emoticon-Wakaka
Yang pentingkan nggak tiap hari juga, hehe
Saya jarang makan ke lima buah tersebut. Bisa jadi dua minggu sekali.

Ohhh kebanyakan makan buah malah justru bikin susah turun berat badan ya... ane selama ini mikirnya kalo buah itu bagus bgt buat dikonsumsi apalagi kalo buat nurunin berat badan kaya cocok untuk dijadiin cemilan & bisa dimakan sesering mungkin... eh ternyata ane salah ya...
sekalian makan siang makan rujak manis(buah lengkap) + pisang.udah kenyang
Diubah oleh cahmlg123456
Konsumsi buah diimbangi konsumsi sayur juga emoticon-Toast
Makan apapun kalau secukupnya akan lebh bermanfaat dan lebih sehat.
kalo udah ketagihan makan buah bukannya ngurangin berat badan malah bisa nambah berat badan yakkk


Quote:


Betul gan, apapun yang berlebihan juga gabaik untuk kesehatan
ya lebih baik utk konsum sesuai porsinya aja, karena apapun itu kalau berlebihan kan tidak baik, dan alangkah lebih baik secukupnya aja akan lebih pas sesuai dgn porsi dan yang jelas ya menyehatkan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di