alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Benarkah Kota Yogyakarta Akan Diperluas dengan Memasukkan Desa di Bantul dan Sleman?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d9edf28c99142c97e0431/benarkah-kota-yogyakarta-akan-diperluas-dengan-memasukkan-desa-di-bantul-dan-sleman

Benarkah Kota Yogyakarta Akan Diperluas dengan Memasukkan Desa di Bantul dan Sleman?

Quote:


Benarkah Kota Yogyakarta Akan Diperluas dengan Memasukkan Desa di Bantul dan Sleman?


Sedang viral sebuah pesan berantai yang beredar di berbagai grup-grup Whatsapp mengenai isu pemekaran Kota Yogyakarta. Narasi yang terdapat dalam pesan tersebut mengungkapkan bahwa Kota Yogyakarta nantinya akan diperluas dengan memasukkan desa-desa yang ada di Bantul dan Sleman. Disebut-sebut juga bahwa sesudah melakukan perluasan wilayah, maka Kota Yogyakarta akan terbagi menjadi 5 Kawedanan, 24 Kecamatan, dan 100 Kelurahan.

Benarkah Kota Yogyakarta Akan Diperluas dengan Memasukkan Desa di Bantul dan Sleman?


Pesan berantai ini sontak membuat publik menerka-nerka terkait kebenaran isu pemekaran Kota Yogyakarta ini. Karena sebelumnya tidak ada media arus utama yang memberitakan mengenai rencana pemekaran Kota Yogyakarta ini.

Lantas bagaimana kebenaran informasi pemekaran Kota Yogyakarta tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran Hansip Hoax, ditemukan fakta bahwa pesan berantai mengenai isu pemekaran Kota Yogyakarta dengan memasukkan desa di Kabupaten Bantul dan Sleman tersebut adalah informasi hoax.

Hal tersebut karena Pemerintah Kota Yogyakarta telah membantah mengenai isu pemekaran tersebut. Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat, menyatakan bahwa sampai saat ini tidak ada pembicaraan terkait rencana pemekaran wilayah Kota Yogyakarta.

Octo pun juga tidak mengetahui asal-usul atau siapa dalang dari penyebaran pesan berantai di grup-grup Whatsapp tersebut. Bahkan ia pun juga tidak mengetahui apa dasar ilmiah dari isu tersebut, entah itu dari kajian akademik mengenai manajemen wilayah untuk Kota Yogyakarta, atau kajian lainnya.

Octo juga menyebut bahwa berbagai aktivitas rapat dan koordinasi yang dilakukan di tingkat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pun tidak membahas rencana pemekaran Kota Yogyakarta. Sejauh ini, yang ada adalah rencana pelaksanaan Pergub Nomor 25 Tahun 2019 yang akan mengatur perubahan penyebutan pada berbagai nomenklatur wilayah untuk melaksanakan urusan keistimewaan. Yaitu mengubah penyebutan kecamatan di wilayah kabupaten menjadi kapanewon, dan mengubah kecamatan menjadi kemantren.


KESIMPULAN
Jadi berdasarkan penelusuran Hansip Hoax, dapat disimpulkan bahwa informasi yang beredar mengenai pemekaran Kota Yogyakarta dengan memasukkan desa-desa di Bantul dan Sleman adalah informasi yang salah alias hoax.

Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.


SUMBER
TurnBackHoax
AntaraNews

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eShopSulis dan 6 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
mantap nih thread-thread kaya gini. emang banyak banget sekarang berita yang tersebar tapi belum diketahui kevalidan informasinya.
kota penuh kenangan
Quote:


Nah itu maksud ane gan hahahah thanks udah diingetin. Iya gan karena sama sama bekas tanah vorstenlanden makanya ada tanah2 yang masih jadi milik dua kota itu gan heheheh sama halnya di solo juga gitu ada tanah milik kasunanan juga barengan sama mangkunegaran emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
waaah mantap gan kalo begitu makin luas aja deh jogja makin istimewa
eh wow... ane tinggal di jogja aja gatau beritanya ini... hoax kah?....mantul nih infonyaaaa... update dan terbaru... bisa jd bahan bacaan dan refleksi diiriii... jugaaa isinyaaa menarik dan berbobottttttt... mantul dehhhh... lanjutkan share info2 menarik lainnyaaa gannnn... ditunggu jugaaaa... biar makin banyak bacaan2 okok di kasku yeeeee kannnnn... ntappsss dehhhhhh....ditungguuu....
Quote:


Vorstelanden, lahirnya kerajaan Mataram
yaah hoax..
ini juga katanya Karesidenan Surakarta bakal jadi Provinsi sendiri
Quote:


Bantul dan sleman masuk DIY tapi gak masuk kota yogyakarta emoticon-Big Grin

Kalau menurut sejarah, ada daerah (enklave) milik surakarta di jogja, yaitu kotagede dan imogiri
masih wacana kan heheheh tapi kan bantul sama sleman bukannya udah masuk wilayah jogja ya?hahahah
ini sama kek wacana berdirinya provinsi surakarta nih yg digagas bupati karanganyar kemarin. kalo surakarta jadi provinsi baru menarik nih, tapi kalo dijadiin dis masih susah deh, soalnya fungsi keratonnya beda sama yg dijogja hehehej
Quote:


Kan udah minta maap polkisnya, lagian yg rusuh nyumpudnya di ambulance emoticon-Ngakak
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Quote:


Bawa batu sayang ku emoticon-Leh Uga
Quote:


Ambulanxe yg kabur ketemu polisi? Atau ambulance yg ngangkutstm pura² cidera 🤣
hansi hoax gak bahas ambulans isi batu kah
Kirain beneran ternyata hoaks yah
Jogja lg mau diaduk2 . Blom kelar muslim united ngelawan keraton skrng nyebar hoax gk jelas gini 😂
Siapa nih yang nyebarin hoax?Maaf warga DIY gak mudah dibodohi kek DKI yang diancam pakai mayat gak disholatin langsung nurut bagai kebo dicocok hidungnya
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di