alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tips Merawat Wiper Saat Musim Hujan ala Carsome
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d9c4d9a972e6c2c30237d/tips-merawat-wiper-saat-musim-hujan-ala-carsome

Tips Merawat Wiper Saat Musim Hujan ala Carsome

Kalo musim hujan udah dateng, bisa bikin kesel pengendara mobil yaa. Kalo pagi ini mobil udah dicuci, terus tiba-tiba hujann.. aduh kotor lagi dehh! Nah salah satu komponen yang paling bisa kotor pas hujan itu adalah wiper. Wiper berfungsi untuk menjaga jarak pandang yang terbatas akibat kaca mobil terkena air hujan. Untuk itu, supaya tetap aman berkendara, jangan lupa untuk merawat wiper agar berfungsi maksimal ya. Yuk cek merawat wiper ala Carsome yang super praktis!

1. Menjaga elastisitas karet wiper

Selain terdiri dari rangka besi, wiper juga memiliki bagian yang terbuat dari material karet. Nah ternyata bagian ini yang berfungsi untuk menghalau air hujan yang menutupi kaca mobil. Supaya bagian itu tetap terjaga, jangan terlalu sering memarkirkan mobil Anda di tempat yang sangat panas. Panasnya matahari akan diserap oleh kaca mobil dan berdampak pada karet wiper.Jadi kalo misalnya kamu lagi parkir kendaraan di tempat panas, ada baiknya mengganjal atau mengangkat wiper selama ditinggalkan. Hal ini dapat mencegah panas dari kaca mengenai karet secara langsung.

Tips Merawat Wiper Saat Musim Hujan ala Carsome

Source : blackxperience.com

2. Berhati-hati saat mencuci wiper

Saat kamu sedang mencuci mobil, harus hati-hati ya saat membilas bagian karetnya. Ini dikarenakan pada permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung serta pelembab.

Tips Merawat Wiper Saat Musim Hujan ala Carsome

Source : www.apritos.com

3. Cek kondisi poros wiper

Selain bagian karet, poros wiper pun perlu Anda perhatikan! Berikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala untuk mencegah aus. Hal ini dilakukan agar perputaran wiper untuk menyapu air dan kotoran pada kaca saat musim hujan jadi tak terhambat.

Tips Merawat Wiper Saat Musim Hujan ala Carsome

Source: otospector.co.id

4. Isi cairan wiper

Nah langkah ini diperlukan karena seperti yang kita semua tahu, dii dalam ruang mesin terdapat satu tangki khusus untuk cairan pembersih kaca mobil, yang pada umumnya diisi dengan air biasa. Ada baiknya bila Anda mengisi tangki tersebut dengan cairan pembersih khusus yang ditambah dengan air.

Tips Merawat Wiper Saat Musim Hujan ala Carsome

Source: thumb.viva.co.id

5. Ganti wiper secara rutin

Langkah ini perlu dilakukan secara rutin karena jika wiper sudah mulai berdecit saat digunakan atau karet terlihat getas, mungkin sudah waktunya Anda mengganti wiper dengan yang baru.

Pada umumnya, karet wiper perlu diganti setiap 1 tahun sekali, tergantung pemakaian. Anda perlu perhatikan apakah hanya karet nya saja perlu diganti, atau dudukan nya juga perlu diganti juga. Pastikan memilih wiper yang cocok dengan jenis mobil Anda karena setiap mobil memiliki ukuran wiper yang berbeda-beda.

Kalo kamu punya masalah sama wiper mobil kamu, yuk segera ke bengkel terdekat. Kalo musim hujan udah dateng, wiper sangat diperlukan banget loh! Nah kalo wiper udah bagus, tapi kondisi mesin mobil tetep rusak, berarti mobil kamu nih yang harus segera diganti. Yuk segera kunjungi www.carsome.idyaa! Carsome bisa jadi platform pilihan untuk jual mobil bekas kamu loh… Dapatkan penawaran transparan dan harga terbaik yaa! #YakinGakMauIkutan.




Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di