alexa-tracking
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d9b2ef0bdb22d296dc6b0/hiking-mount-panderman

hiking mount panderman

<p>Hai gaess kali ini aku akan menceritakan pengalamanku pada saat naik gunung panderman. Yup ini adalah gunung ketiga yang aku daku setelah gunung ijen dan penanggungan. Kalian tentu sudah pernah membaca blogg ku ketika aku mendaki gunung ijen dan penanggungan.

Pengalaman tidak hanya ketika mendaki gunung akan tetapi sejak dari berangkat itu adalah menjadi pengalaman tersendiri ketika saya harus membawa tas carrier dengan abang ojek. Kemudian juga pasti ditanya tanya pergi kemana mbak, berani amat, sendirian aja mbak. Yah kadang juga aku menjawab seadanya si abang yang kepo ini dengan jawaban iya pak sendirian aja emang kenapa pak emang tidak boleh jawab saya sewot karena di kepo in.

Baiklah itu sekilas info. Jadi seperti biasa aku memesan ojek online dengan kode promo tentunya untuk pergi ke bungurasih. Malam sebelumnya aku sudah mempersiapkan segala ransum. Ransel jaket pakaian makanan kompor tenda sudah dilipat sepatu sandal cadangan kresek rebus telor dan kentang. Oh ya pagi pagi juga aku bungkus makanan daripada saya mesti beli makanan. Saya mesti hemat gaess jaga jaga ada sesuatu di jalan. Sesampai aaku di bungurasih aku naik bus ke Malang.

Sebenarnya aku agak deg degan juga naik gunung. Karena aku tidak tàhu medannya seperti apa. Apakah aku akan sanggup atau tidak. Aku melihat cuaca mendung hari itu. Berbagai kecemasan berkecamuk bagaimana kalau pas naik gunung hujan. Banyak kecemasan yang tidak perlu terjadi. Aku cuma berdoa supaya aku bisa naik gunung. Akhirnya aku sampai di arjosari. Sesudah sampai di arjosari aku lanjut ke Landung sari.


Akhirnya aku naik ojek ke pos pendakian panderman. Aku baru melihat pemandangan kota batu track ke panderman ternyata benar benar indah gaes. Bisa melihat pohon pohon dan kota batu dari atas. Teman2 yang tinggal disitu pasti beruntung sekali ya gaess. Sampai di pos pendakian aku mendaftar dan bayar 5.000.

Hmm akhirnya selangkah demi selangkah dengan penuh percaya diri aku mendaki ke atas panderman. Aku melihat ada kebun sayur dimana mana gaess karena kota batu adalah kota yang dingin. Akhirnya sore aku sampai di tempat yang datar dan aku beristirahat sebentar. Track belum terlalu berat. Sesudah track datar perjalanan mulai berat. Satu langkah mulai naik ke atas gunung. Pukul enam malam bulan purnama bersinar cerah dan aku mulai merasakan betapa beratnya naik gunung. Pada saat itu aku sampai mengingat anggota keluargaku. Aku menggapai akar akar pohon untuk naik lebih tinggi lagi. Akhirnya jam 12 malam aku sampai di dekat puncak.

Lumayan lama juga sebenarnya perjalananku yang penting sudah sampai. Akhirnya aku mendirikan tenda walaupun sebenarnya lelah sekalu akan tetapi aku harus beristirahat walaupun bagaimana lelahnya. Akhirnya aku mendengar ada suara pendaki pendaki lain dan mereka juga membuat tenda. Ahh senang sekali aku besok dapat barengan. Pagi pagi sinar matahari membangunkanku aku bisa melihat arjuno dan gunung gunung lain. Sungguh indah pemandangan yang tidak bisa aku dapatkan di perkotaan. Aku menghirup udara yang sangat segar. Akhirnya aku naik ke atas puncak. Aku melihat berbagai jenis tanaman dan pohon yang membentuk hutan yang eksotis.

Benar benar itu adalah pengalaman pertama bagiku melihat hutan yang demikian indah dan bagian menuju puncak agak pekat. Pada saat itu cuaca mendung sehingga tidak bisa melihat pemandangan di bawah akan tetapi saya bahagia akhirnya bisa melihat puncak. Di puncak itu juga ada monyet liar yang hidup di panderman ini gaess. Semoga gunung panderman selalu terjaga kelestariannya terutama satwa dan tanaman yang hidup di dalamnya. Marilah kita sebagai pendaki selalu menjaga kebersihan lingkungan karena jika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita.

Pada saat turun aku bersama dengan teman teman ternyata mereka dari Malang dan kuliah di Malang. Mereka juga ikut pelayanan di gereja. Wah aku senang sekali gaess. Jam 9 sesudah sarapan Indomie akhirnya kami turun. Sebenarnya bekal minum kami tinggal sedikit gaess. Aku senang karena dengan bekerja perjalanan turun kami serasa begitu cepat. Aku ingat pada waktu pertama kaliNaik terasa begitu lama dan lambat. Akan tetapi karena kerjasama perjalanan kami berasa menjadi cepat kiri kanan aku melihat berbagai jenis tumbuhan. Perjalanan yang sangat menyenangkan. Kalau tidak kuat turun kadang aku juga sampai ngesot ngesot gaess haha sungguh perjalanan hidup yang tidak terlupakan. Dan juga dalam perjalanan selalu berpegangan satu dengan yang lainnya. Belajar percaya satu dengan yang lainnya. Belajar percaya memang sesuatu hal yang sulit. Akan tetapi jika kita ingin perjalanan kita selesai maka hal itu mesti dilakukan.

Oh iya jika kita ingin mengetahui karakter maka so call akan ketahuan kita kita mengajak yang bersangkutan naik gunung gaess. Oh ya selain makhluk hidup kita juga bisa melihat batuan ribuan tahun yang besar besar. Misalnya ada arkeolog pasti akan senang sekali melakukan penelitian di hutan seperti ini. Dari sini aku mengetahui ada banyak profesi yang bisa dilakukan di hutan seperti ini. Semoga banyak pendaki pendaki yang lahir dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi untuk membangun Indonesia. Akhirnya leader mencari jalan pintas supaya perjalanan lebih cepat. Kalau saya akan kembali ke jalur semula. Tapi karena dia lebih berpengalaman akhirnya dapat menemukan jalan pintas. Akhirnya menemukan pos pendakian pertama. Aku beristirahat sebentar. Teman teman yang lain sudah pulang dan aku memesan ojek sampai Indomaret.


Akhirnya aku naik ojek walupun sudah agak malam. Sesampai di Indomaret aku beli nasi goreng untuk mengatasi lapar yang meraung raung. Saya titip pesan kalo ada bus bagong saya naik. Yang jual tahu kalo aku habis dari pendakian karena membawa tas ransel yang berat. Akhirnya selesai makan saya naik bus bagong sampai ke Surabaya. Perjalanan pulang pun saya tetap harus berjuang gaess di tengah kelelahan harus tetap waspada juga karena tas saya berat sekali. Sampai di rumah sudah malam. Oh ya aku lupa sebelum berangkat aku pamit dulu dengan bapak dan mami juga suster dirumah. Pada waktu pendakian ini bapakku sakit stroke gaess. Jadi aku merasa bila aku naik gunung maka aku akan lebih kuat dalam menghadapu kehidupan.

Dan aku bersyukur sekali bahwa aku mendapati hadiah keindahan yang tidak pernah aku bayangkan sebelumnya. Aku berdoa supaya diberi kesempatan untuk mengeksplor alam Indonesia lebih lagi.</p>
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di