alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Terbitkan Perpres Berbahasa Indonesia di Forum Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d9693b8408828427ce801/jokowi-terbitkan-perpres-berbahasa-indonesia-di-forum-dunia

Jokowi Terbitkan Perpres Berbahasa Indonesia di Forum Dunia

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 13
Balasan post kljy
Berarti tahun depan dateng ke sidang PBB dong ya. Soalnya nggak mungkin nyuruh JK lagi, karena Wapresnya sudah Maaruf Amin.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Yakin dengan pidato bahasa indo bisa bikin yang dengar tertarik dengan bahasa kita? emoticon-Ngakak (S)

Padahal kalau di pidato diforum internasional pake bahasa negara sendiri udah ada penerjemahnya, kenapa harus repot2 belajar bahasa bersangkutan emoticon-Ngakak (S)

Aturan yang unfaedah, cuma buat nutupin kekurangan sendiri aja emoticon-Malu


















































emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
squal789 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post orang.amerika
@orang.amerika Datang ke sidang PBB atau nggak ane bodo amat. Ane anak jurusan bahasa jadi ingin meluruskan saja bahwa secara aturan meski presiden & wakil presiden jago bicara semua bahasa, mereka tetap wajib bicara pakai bahasa indonesia. Alasannya sama kurang lebih dengan aturan kenapa bandara, pelabuhan, hotel dll, wajib pakai nama bahasa Indonesia.

Bayangkan nama bandara pakai bahasa cina. Pasti banyak yg ga senang.

Urusan orang luar ga ngerti bahasa Indonesia serahkan saja pada interpreter. Ane lagi belajar awal jadi interpreter. Justru semakin banyak pejabat ga bisa bahasa asing semakin banyak tawaran job untuk interpreter. Jujur interpreter inginnya banyak pejabat yg ga bisa bahasa asing.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh kljy
Cintailah produk produk Indonesia..emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan kakekane.cell memberi reputasi
TS nya uda mau gila 5 tahun baru kelar eh ditambah 5 tahun lagi
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nama2 yang ente sebut wajibin pejabat lain pidato diluar indo harus pake b.indo? emoticon-Malu

Tujuan yang mulia, mengenalkan b.indo ke seluruh dunia emoticon-Malu

Kenapa gak dari 5 th lalu ya? emoticon-Bingung (S)
Oh iya waktu itu masih ada pak jk emoticon-Malu

Sungguh aturan yang sangat bermanfaat untuk menutupi kekurangan sendiri, dibalut dengan tujuan "mulia" emoticon-Belo



























































emoticon-Ngacir
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post rp.1000000
negor alus gan ini. biar kalo d̶i̶k̶a̶t̶a̶i̶n̶ dikritik nggak bisa bahasa enggres tinggal bilang

NIH ADA PERPRESNYA JANCOK
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan kaka88ciao memberi reputasi
Quote:


Ane gak penasaran kok emoticon-Malu

Karena ente bawa "contoh", ane cuma mau pastiin "contoh" yang ente bawa itu relevan emoticon-Malu

Ane sih gak punya masalah jokewi mau pidato pake bahasa apapun, tapi kalau sampai diterbitkan perpres cuma buat nutupin kelemahannya, maka,,, asudahlah emoticon-Malu















































emoticon-Ngacir
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Kelak amunisi ini yang akan dipake para pemujanya emoticon-Ultah






























































emoticon-Selamat
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Salah satu kekurangan Owi ya itu bahasa inggris.. tapi banyak kelebihan dia dibanding yang bisa bahasa inggris. bukan bahasa inggris yang menjadi patokan , tapi bahasa inggris adalah bahasa internasional yang seharusnya dan selayak nya harus dimengerti pemimpin negara.

melamar jadi admin aja harus bisa bahasa inggris kan...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post squal789
@squal789

ada pemimpinnya membanggakan jati diri bangsa sendiri malah dicaci emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Lah giliran disuruh nyari sendiri aturan penggunaan bahasa nasional di negara lain malah males.

Oh jadi perpres ini cuma berlaku di zaman Jokowi jadi presiden doang ya?

Ane baru tahu.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:

Lah kenapa ane harus cari aturan di negara lain?
Yang bawa contoh dari negara lain siapa? emoticon-Malu

Intinya ada orang yang bawa contoh negara lain, tapi doi gak tau aturan negara lain, cuma asal comotmologi emoticon-Malu

Perpres lama gak mengatur bahasa pidato di forum internasional emoticon-Metal


























































emoticon-raining
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Ente yang merasa ga nyaman dengan adanya Perpres kan? Ane kasih contoh, di negara lain banyak yang menggunakan bahasa sendiri. Ente nanya, emang di negara lain ada aturannya. Ane jawab, entahlah.. kalau ente penasaran kenapa ga nyari tahu sendiri?

Aneh, ada orang yang mengaku nasionalis kok ga bangga dengan bahasa persatuan sendiri.

Perpres lama ga mengatur, terus mau berpedoman terus ke hal lama tanpa perubahan?

Apakah Perpres juga hanya berlaku di era presiden menerbitkan Perpres aja?
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan kakekane.cell memberi reputasi
kagak ngaruh, karena biasanya ada translator
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
yg perlu dipelajari jokowi itu public speaking
klo soal bahasa, banyak kok pemimpin negara lain yg pake bahasa masing2 kn ada translater
emoticon-Traveller
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Plis inpes tu may kontri
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
plonga plongo is real
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak (S)

Siapa yang masalahin presiden mau pidato pake bahasa apa? emoticon-Ngakak (S)

Yang ane sorot itu presiden terbitin perpres buat nutupin kelemahannya

Emang penting banget aturan ini? emoticon-Confused
Oh jelas penting, kan udah gak ada pak jk emoticon-Ngakak (S)

Perpres bisa dicabut atau diganti perpres baru sama presiden berikutnya, perpres itu bukan sesuatu yang abadi emoticon-Metal

Yang jelas, perpres ini akan sangat berguna bagi yang mulia jokewi emoticon-Metal
Dari jokewi, dan untuk jokewi emoticon-Metal



































































emoticon-raining
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Aidon ritwataisain emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 3 dari 13


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di