alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Terbitkan Perpres Berbahasa Indonesia di Forum Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d9693b8408828427ce801/jokowi-terbitkan-perpres-berbahasa-indonesia-di-forum-dunia

Jokowi Terbitkan Perpres Berbahasa Indonesia di Forum Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia pada 30 September 2019. Dalam aturan itu, pejabat negara termasuk presiden dan wakil presiden wajib menggunakan Bahasa Indonesia dalam pidato resmi di dalam atau di luar negeri.

“Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam pidato resmi Presiden, Wakil Presiden, dan pejabat negara yang lain yang disampaikan di dalam atau di luar negeri,” bunyi Pasal 5 Perpres ini, dikutip dari laman setkab, Rabu (9/10).

Perpres tersebut diterbitkan dengan pertimbangan bahwa Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2010 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pidato Resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden serta Pejabat Negara Lainnya belum mengatur penggunaaan Bahasa Indonesia yang lain sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 40 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009.

Menurut Perpres tersebut, penggunaan Bahasa Indonesia harus memenuhi kriteria Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia. Perpres itu juga menyebutkan, Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam dokumen resmi negara, paling sedikit meliputi surat keputusan, surat berharga, ijazah, surat keterangan, surat identitas diri, akta jual beli, surat perjanjian, dan putusan pengadilan.

Selain itu, dalam perpres ini juga ditegaskan penyampaian pidato resmi Presiden atau Wakil Presiden pada forum nasional dan forum internasional yang diselenggarakan di dalam negeri dilakukan dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

“Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia memberikan perlakuan yang sama dalam penggunaan bahasa terhadap kepala negara atau kepala pemerintahan, wakil kepala negara atau wakil kepala pemerintahan, sekretaris jenderal Perserikatan BangsaBangsa, dan/atau pimpinan tertinggi organisasi internasional yang melakukan kunjungan resmi ke Indonesia berdasarkan asas kedaulatan negara, asas resiprositas, dan kebiasaan internasional,” bunyi Pasal 9 Perpres tersebut.

Sementara, bahasa asing dapat tetap digunakan untuk memperjelas pemahaman dalam pidato berbahasa Indonesia.

“Dalam hal diperlukan untuk memperjelas pemahaman tentang makna pidato, pidato resmi presiden dan atau wakil presiden, dan pejabat negara yang lain yang disampaikan dalam bahasa Indonesia dapat memuat bahasa asing,” bunyi Pasal 15 Perpres ini.

Untuk pidato resmi di luar negeri Perpres tersebut menyebutkan, penyampaian pidato resmi presiden dan atau wakil Presiden sebagaimana dimaksud dalam forum yang diselenggarakan di luar negeri dilakukan dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Pidato resmi sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, disampaikan dalam forum resmi yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), organisasi internasional, dan negara penerima.

“Penyampaian pidato resmi presiden dan atau wakil presiden sebagaimana dimaksud dapat disertai dengan atau didampingi oleh penerjemah,” Pasal 18 Perpres ini.

Dalam hal diperlukan untuk memperjelas dan mempertegas yang ingin disampaikan, menurut Perpres tersebut, presiden dan atau wakil presiden dapat menyampaikan isi pidato sebagaimana dimaksud secara lisan dalam bahasa asing dan diikuti dengan transkrip pidato dalam Bahasa Indonesia.

Menurut Perpres itu, pidato presiden dan atau wakil presiden yang tidak termasuk sebagai pidato resmi meliputi pidato yang disampaikan dalam forum ilmiah, sosial, budaya, ekonomi, dan forum sejenis lainnya. Acara itu diselenggarakan oleh lembaga akademi, lembaga ilmu pengetahuan dan teknologi, lembaga swadaya masyarakat, serta kelompok atau perseorangan yang termasuk dalam kategori masyarakat sipil.

Perpres tersebut juga menyebutkan, dalam hal diperlukan, presiden dan atau wakil presiden dapat menyampaikan pidato resmi dalam bahasa tertentu selain Bahasa Indonesia pada forum internasional. Bahasa tertentu sebagaimana dimaksud meliputi bahasa resmi Perserikatan BangsaBangsa yang terdiri atas bahasa Inggris, Prancis, Cina, Rusia, Spanyol, dan Arab, serta bahasa lain sesuai dengan hukum dan kebiasaan internasional.

“Ketentuan mengenai pidato resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden sebagaimana dimaksud berlaku secara mutatis mutandis terhadap pidato resmi pejabat negara yang lain sesuai dengan derajat jabatan dan/atau tata cara protokol yang berlaku bagi pejabat yang bersangkutan,” bunyi Pasal 22 Perpres ini.

Peraturan Presiden tersebut mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yaitu pada 30 September 2019 oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

https://www.google.com/amp/s/m.repub.../amp/pz3ae5382

Jokowi Terbitkan Perpres Berbahasa Indonesia di Forum Dunia

Ciee tahun depan sidang pbb pake bhs indonesia ne yeee..

I kall yuuu... Inpes in my kantri emoticon-Big Grin



emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 17 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 13
Balasan post rp.1000000
berarti yg bisikin presiden ngga baca UUD nih,.... klau sampai keluarin pepres

emoticon-Traveller
wow woww... semoga rakyat makin cinta bahasa indonesia yeeee... mantul nih infonyaaaa... update dan terbaru... bisa jd bahan bacaan dan refleksi diiriii... jugaaa isinyaaa menarik dan berbobottttttt... mantul dehhhh... lanjutkan share info2 menarik lainnyaaa gannnn... ditunggu jugaaaa... biar makin banyak bacaan2 okok di kasku yeeeee kannnnn... ntappsss dehhhhhh....ditungguuu....
Balasan post widya poetra
Ngelamar kerja di perusahaan gede aja hrs bs bhs inggris lohhh.... emoticon-Betty

ini sekelas kepala negara.. emoticon-Leh Uga
Diubah oleh perigenit77
Pak OWI tetap semangat. saya masih percaya dengan kebijakan bapak. dengan catatan. bukan kepijakan dari partai degan tujuan tertentu diluar kepentingan rakyat umumnya
buat apa to darurat sekali kh pepresnya
Balasan post rp.1000000
iya2 aja deh, uda benci sama negara sendiri atau sama pemimpinnya sendiri mau gimanapun juga akan tetap salah

Indonesia
Quote:


emoticon-Ngakak (S)

Orang tertarik pada bahasa suatu negara itu karena pengaruh negaranya emoticon-Ngakak (S)

Negara antah berantah, mau bacot pake bahasa sendiri sekencang apapun, atau sesering apapun gak akan bikin orang lain tertarik emoticon-Ngakak (S)

Bukan gak nyambung, ente yang gagal paham emoticon-Malu



emoticon-Belo
Nerbitin suatu aturan itu yang dilihat itu manfaatnya, bukan "gak bergunanya" emoticon-Ngakak (S)

Sekarang aturan ini manfaatnya apa? emoticon-Ngakak (S)













































emoticon-Ngacir
profile-picture
kregdevid memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post rp.1000000
Yakin dengan pidato bahasa indo tidak ada yang tertarik dengan bahasa kita?

Kok ga nyambung yah?
Memang sudah ada penerjemahnya
makanya ane dukung negara kita untuk pakai Bahasa Indonesia

coba baca lagi komen ente, mulai pusing sendiri kan sama omongan sendiri

oh iya, belum dijelasin tuh ga bergunanya karena apa?
semoga bahasa indonesia semakin dicintai seluruh dunia dan bisa jadi bahasa internasional yaaaaw
Balasan post ustad.syam
kesian wan abud disalahin mulu gan. ini kan lagi bahas perpres, napa yang dibawa wan abud namba wan? emoticon-Mewek
aseeekk... terguncyang 5 tahun lagii.. wkwkw bongpret crot lah emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak
alfateka
Balasan post maduwra
Quote:


emoticon-Big Grin
Ya Jokowi pidato, nanti tugas interpreter yang terjemahin ke peserta sidang. Misalnya kayak pas sidang umum PBB kemarin. Bahkan kalo Jokowi pake bahasa Inggris, tetep ada interpreternya yang menterjemahkan bahasa Inggris ke kepala negara lain kalo butuh. Ga ada masalah..

Jadi masalahnya apa?
Quote:


Itu perpres udh dr 2009 kali wkwkwk,kalau udh benci mah susah,,selamat meraung 5 tahun kedepan ya kadrun emoticon-Wakaka
Eh btw emg situ bisa bahasa inggris? Wkwkwk
Quote:


Terus maksudlu interpreter suruh gantiin dia pidato di forum internasional ?????

Ah elahhhh 💦💦

"Ai don ting abot det"
profile-picture
luv.you memberi reputasi
Diubah oleh maduwra
Lihat 1 balasan
Quote:


Kalau udh sakit ati mah susah gan wkwkwk
Tkx infonya gan
wah ini. bisa gitu ya. emoticon-Big Grin
Balasan post ustad.syam
presiden yg gak pinter bahasa inggris, tetep anis jg yg salah emoticon-Wakaka
profile-picture
kregdevid memberi reputasi
Halaman 1 dari 13


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di