alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Pseudobulbar, Penyakit yang Bikin Joker Tertawa Tanpa Sebab
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d8da19a972e03e55d547f/pseudobulbar-penyakit-yang-bikin-joker-tertawa-tanpa-sebab

Pseudobulbar, Penyakit yang Bikin Joker Tertawa Tanpa Sebab

Pseudobulbar, Penyakit yang Bikin Joker Tertawa Tanpa Sebab
(foto: USA Today)


Dalam film Joker yang kini sedang tayang di bioskop, Arthur Fleck alias Joker digambarkan sebagai seorang pengidap gangguan yang membuatnya mudah tertawa dalam kondisi apapun, bahkan dalam keadaan sedih. Namun rupanya penyakit ini bukanlah khayalan, lho. Di kehidupan nyata penyakit ini benar-benar ada, bahkan cukup banyak pengidapnya.

Pseudobulbar Affect (PBA) merupakan gangguan emosi yang membuat penderitanya tiba-tiba tertawa atau menangis secara berlebihan tanpa sebab. Berbeda dengan kebanyakan orang yang menangis ketika sedih dan tertawa ketika senang, pengidap PBA akan mengeluarkan ekspresi yang tak sesuai dengan apa yang ia rasakan.

Dilansir dari situs MayoClinic, hal ini terjadi pada orang-orang dengan kondisi neurologis tertentu atau mereka yang mengalami cedera sehingga merusak sistem saraf. Lebih tepatnya, kerusakan terjadi pada korteks prefrontal yang berpengaruh pada cara otak mengendalikan emosi.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu munculnya gangguan PBA pada seseorang, salah satunya adalah trauma otak akibat pukulan di bagian kepala seperti yang dialami Arthur Fleck. Selain itu, beberapa faktor lain adalah karena amyotrophic lateral sclerosis (ALS), multiple sclerosis (MS), pernah mengidap stroke, penyakit alzheimer, dan penyakit parkinson.

Untuk mengatasi penyakit ini, penderita bisa mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter secara rutin. Umumnya dokter akan memberi obat antidepresan untuk mengendalikan PDA, namun pada 2010 silam Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menyetujui dextromethorphan sebagai terapi obat pertama untuk mengontrol gejala PBA.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
aaah ternyata joker ini menderita penyakit ya. kasian juga klo emosi yg muncul ternyata berseberangan sama apa yg ia rasakan. agan apa ada keluhan yg sama? bisa dikonsultasikan dulu sama dokter di Halodoc lho gan. lewat online jd bisa kapan aja agan lagi merasa seperti Joker, bs cari tau solusinya di Halodoc.
kasihaaan juga sama pengidap penyakit seperti inii.. tidak tahu sebab kenapa mereka tertawa


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di