alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d81edf0bdb2763b02bad4/uniknya-konsep-halloween-di-berbagai-negara

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara


Berbicara tentang perayaan Halloween yang jatuh tiap tanggal 31 Oktober psti banyak hal menarik di dalamnya. Sebenarnya ketika membicarakan Halloween berarti kita sudah berbicara tentang tradisi atau kebiasaan orang barat.

Faktanya, keseruan Haloween ini sudah mendunia lho GanSis. Mulai dari trick or thread hingga berbusana ala tokoh-tokoh horor di negeri-negeri para bule tersebut.

Rupanya, keseruan Helloween membuat banyak para pemuda dari berbagai negara merayakan hari horor ini. Haloween yang digadang-gadang bertujuan nenghormati nama arwah keluarga yang telah berpulang ini telah diadaptasi dan dirayakan berbagai negara. Tak ayal tradisi ini pun punya nama dan cara sendiri di berbagai negara tersebut.

Berikut ini konsep Halloween di berbagai negara:


1. Amerika Serikat

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara
Aneka kostum dan make up horor selalu mawarnai tiap perayaan Halloween di Amerika Serikat. Tokoh Joker dianggap sebagai tokoh horor yang banyak ditiru partisipan.


Setiap tahunnya perayaan Halloween di Amerika diramaikan oleh berbagai kalangan. Berbagai generasi dari negeri ini baik yang tua dan anak-anak seolah tak mau ketinggalan serunya event tahunan ini.

New York merupakan negara yang ritin mengadakan parade Haloween. Parade terbesar di dunia tersebut biasanya berlangsung di Sixth Evenue dan Greenwich Village itu selalu diikuti lebih dari dua juta partisipan


2. Meksiko

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara
Kostum horor pada foto ini menunjukkan ciri khas Mexico.


Berbeda dengan tanggal perayaan Halloween yang jatuh pada 31 Oktober. Meksiko lebih memilih merayakan tradisi bernama El Dla De Los Muertosatau Hari Kematian lebih awal. Masyarakat Meksiko memilih tanggal 1 November sebagai All Sain's Day dan tanggal 2 berikutnya sebagai All Soul's Day.

Meski tanggal perayaan berbeda, tak serta merta konsep yang diusung negara ini berbeda. Masyarakat pun menggunakan kostum dan buah labu selayaknya Halloween pada umumnya. Tentunya event tahunan ini juga diikiti berbagai kalangan.



3. China

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara
Ribuan masyarakat China menerbangkan lentera yang telah dibakar. Masyarakat China percaya membakar dan menerbangkan lentera mampu mengantarkan roh-roh yang berkeliaran ke surga.


Uniknya konsep Halloween di China yakni dengan mengadakan Teng Chieh.Biasanya warga China akan mengunjungi beberapa makam keluarga dan kerabat dengan membawa makanan dan bunga yang akan ditaruh tepat di atas kuburan.

Setelah itu warga China akan membakar dan menerbangkan lentera. Tradisi ini bertujuan untuk mengembalikan roh-roh yang berkeliaran ke surga. Pastinya ada ratusan bahkan ribuan lentera yang diterbangkan pada malam perayaan event ini. Tentunya langit China pada malam itu akan sangat indah. Hmmm, penasaran nngak Gan Sis?



4. Hongkong

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara
Suasana jalan-jalan yang dipenuhi dupa, aneka buah dan uang mainan yang dibakar
.


Tradisi tahunan ini lebih dikenal dengan sebutan Yue Lanatau Festival Hantu Lapar. Beberapa masyarakat Hongkong pun ada yang mengenakan kostum horor dan berparade untuk meramaikan event ini. Namun hal itu hanya ada di beberapa daerah saja.

Masyarakat di negara ini lebih memilih membakar gambar buah dan uang yang terbuat dari kertas dari pada harus berparade layaknya di Amerika. Masyarakat Hongkong sepertinya masih kuat memegang tradisi yang dipercaya bisa mengusir roh jahat ini.


5. Austria

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara
Masyarakat di Austria menyediakan meja yang berisi roti, air putih dan lampu sebagai persembahan kepada para roh yang datang ke rumah.


Setiap negara memang punya tradisi unik dalam merayakan Halloween di negara mereka.

Demikian pula dengan Austria yang selalu menyalakan lampu sehari sebelum memasuki malam perayaan Halloween yang jatuh pada 31 Oktober. Tradisi ini dilakukan untuk menyambut para arwah leluhur yang turun ke bumi.

Selain tradisi ntentrik si atas. Masyarakat Austria juga berpuasa sebelum memasuki malam Halloween. Wow, keren gak sih Sos.

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara
Picture: familyholiday.net



BTW, ada kemiripan nggak sih tradisi orang Austria dengan masyarakat Jawa dalam menyambut arwah yang datang?

Setahu saya dalam masyarakat Jawa ada kebiasaan memberi sesajen pada acara selametan kematian. Sama halnya dengan Austria, sesajen yang diberikan ditaruh diatas meja. Bedanya, sesajen yang diberikan adalah seporsi makanan dalam piring bersama seputung rokok (obsional) dan dua macam minuman (kopi/teh dan air gula).

6. Jerman

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara
Seluruh pisau disembunyikan oleh masyarakat Jerman tepat pada tanggal 31 Oktober.


Konsep yang diusung negara ini cukup unik karena berbeda dengan negara lain.
Biasanya, masyarakat Jerman tak hanya akan mendekorasi rumah dan sudut-sudut kota dengan labu dan berbagai asesoris horor lainnya. Uniknya, mereka juga menyembunyikan seluruh pisau yang berada di rumah.

Bukan tanpa alasan, dengan melakukan hal diatas masyarakat percaya roh jahat tidak akan mengganggu. Tentunya mereka pun yakin akan terhindar dari gangguan pisau-pisau tersebut. Hmmm unik juga ya Gan Sis?


7. Irlandia

Uniknya Konsep Halloween Di Berbagai Negara
Kemeriahan parade Tur Dublin berhantu. Parade ini selalu dimeriahkan dengan pertunjukan Hitchcock dengan diiringi oleh iringan musik.

Tur Dublin Berhantuadalah salah satu parade terbesar dari sekian parade yang diadakan berbagi daerah dari negara ini. Tak seperti Amerika yang mengadakan parade keliling, Irlandia memilih paradeNational Concert Hall sebagai lokasi parodi nasional. Di lokasi tersebut, warga lokal pun bisa bergabung dalam Bram Stoker Dracula Halloween Horor Festival.


Dari ketujuh tradisi Halloween di atas kira-kira mana sih yang bagus menurut Agan Sista? Kalau saya sih suka yang terbangin lampion. Gak kebayang indahnya langit jika diepnuhi lampion. emoticon-Motret

Sekian dulu thread kali ini Agan Sista. Terima kasih. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom koment ya


Sumber Gambar Utama dan Berita

Halloween di Autria
profile-picture
profile-picture
alizazet dan triwinarti memberi reputasi
Diubah oleh l13ska
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
cakep banget tuh nerbangin lentera..
emoticon-Matabelo
profile-picture
l13ska memberi reputasi
Quote:


Iya Gan... Di Indonesia belum ada ya acara nerbangin lampion?
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Simak thread TS yg lain yah...
klik
Intip juga Kisah Para Pejuang Qurani klik
Balasan post l13ska
hm, sepertinya blom pernah denger.
adanya nerbangin harapan untuk bisa bersamanya tapi sirna ditengah jalan..
profile-picture
l13ska memberi reputasi
Quote:


Ish ish ish... Kasihan sekali Agan ini.

Santai, pasti ada jodoh terbaik yg ditakdirkan Allah buat Agan emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
alizazet dan perihbanget memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post l13ska
kayak upin ipin. emoticon-Ngakak (S)
ish ish ish.. benar benar benar..
profile-picture
l13ska memberi reputasi
Quote:


Semngat Gan. emoticon-Recommended Seller

Hidup terus berlanjut meski dia terabng dibawa angin dan hatinya diselimuti kabut
profile-picture
perihbanget memberi reputasi
semoga lolos
profile-picture
l13ska memberi reputasi
Quote:


Amin
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
Quote:


emoticon-2 Jempol
Indonesia? bukan budaya kita lah gak ada halloween gak apa apa
Quote:


Pean kog percaya ha ha ha orang gebetannya dari sabang sampe merauke
Quote:


Tp melihat pengertian halloween sebenarnya Indonesia udah punya yrasiai terkait perayaan akan kaembalinya roh-roh
Diubah oleh l13ska


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di