alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Menjadi Youtuber Kian Menggiurkan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d7c5988b3cb76b97cb7ce/menjadi-youtuber-kian-menggiurkan

Menjadi Youtuber Kian Menggiurkan

Empat belas tahun lalu, steven chen, chad hurley, dan jawed karim mungkin tak pernah mengira kalau youtube mereka buat bakal sedahsyat sekarang. Tak hanya itu, trio asal AS inipun juga tak menyangka medsos karya mereka itu bisa menjadi ladang tambahan penghasilan untuk banyak orang.

Menjadi youtuber kian menggiurkan, tak perlu membayar tapi bisa mendatangkan rupiah bermiliar miliar. Bahkan mendadak bisa lebih ngetop ketimbang artis terkenal sekalipun.

Menjadi Youtuber Kian Menggiurkan

Ria Ricis bukan penyanyi, Atta Halilintar juga bukan bintang film. Tapi, saat ini kedua "orang biasa" ini punya pengikut lebih banyak ketimbang artis. Ari Lasso (46) yang sudah malang melintang di dunia musik hampir 30 tahun saja begitu girang saat followers—nya di Instagram menembus angka sejuta. Sementara Atta Halilintar (24), asli bukan penyanyi, sepertinya santai saja punya pengikut yang 6 kali lebih banyak daripada Ari, Pun kanal Youtubenya yang punya 16 juta pelanggan,

Atau Ria Ricis yang “pelanggan" kanal Youtubenya mencapai sekitar 11 juta bahkan jauh mengungguli The Princess Syahrini yang "hanya" punya " sekitar 500.000 subscribers! Atau Chandra Liow, yang sudah jatuh bangun 11 tahun mengelola channel Youtubenya, dan memiliki 2 juta pengikut saat ini.

Sebagai youtuber teratas di Indonesia, Ria dan Atta bukan hanya ngetop tapi juga dalam waktu singkat bisa meraup penghasilan hingga miliaran rupiah.

Sudah begini, wajar jika sebagian artis pun “cemburu" pada dua orang itu. Hingga beberapa mulai aktif bikin kanal dan mengunggah video di Youtube. Dan berhasilkah mereka menyaingi Ria—Atta di medsos berbasis video itu?

Jika pun ada bolehlah disebut pasangan Paula Verhoeven dan Baim Wong, salah satunya. Pasangan ini sukses menjadi "orang gila" lewat akun Youtube mereka: Bapau. Dan menjadi youtuber pun kontan menjadi idaman banyak orang, Bahkan tak sedikit yang berniat menjadi youtuber sebagai profesi.

Padahal, "Orang yang memasukkan video ke platform Youtube disebut youtuber. Penikmat Youtube pun bisa disebut youtuber. Tapi masyarakat kita menganggap Youtuber itu orang—orang yang secara aktif memanfaatkan Youtube untuk berbagai kepentingan.

Jadi, sebagian kita memang rancu menyebut youtuber itu hanya semacam Ria Ricis atau Atta Halilintar. Mereka yang begitu rajin mengunggah video dan punya pelanggan juta—jutaan dan mengantungi miliaran rupiah dari Youtube.

Menjadi Youtuber Kian Menggiurkan

Sementara jika artis banyak mendadak jadi youtuber, ibarat artis itu pengusaha, kenapa mereka enggak masuk juga ketika ada pasar baru dan bisa digarap dengan baik. Walaupun hasilnya bisa sukses atau bisa tidak seperti yang diharapkan.

Tampil di Youtube tak serepot bikin album musik atau main film. Bahkan, seperti kita tahu, mengunggah video ke Youtube itu tak perlu bayar. Sebaliknya, begitu video kita mendapat banyak perhatian, kita terima bayaran. Karena materi video kita dipasangi iklan.

Sehingga orang—orang pun terpacu untuk menjadikan Youtube lading penghasilan. Ketika ngetop di dunia maya pun mereka jadi influencer. Ditambah lagi perkembangan teknologi, orang makin cepat unggah dan masyarakat juga lebih cepat lihat. Kualitas gambar pun lebih bagus karena kamera ponsel yang pixelnya demikian besar.

Meskipun tampak mudah dan menjanjikan, diingatkan untuk tak menjadikan profesi youtuber sebagai pekerjaan utama. Karena memang bukan lapangan pekerjaan. Kalau bisa, youtuber sebagai sampingan saja.

Bisa begitu karena tidak semua youtuber juga sukses. Jangan terlalu bergantung banyaklah untuk menjadi seorang youtuber. Kecuali memang kita benar—benar sepenuhnya mau masuk dan terjun, kita punya kreativitas, ide, sampai konsistensi.

Belum lagi, belakangan semakin banyak kreator video yang muncul. Sehingga persaingan pun menjadi ketat. Artinya, hanya konten yang benar—benar menarik yang akan dilihat pengguna Youtube.

Artis yang beralih menjadi youtuber
Menjadi Youtuber Kian Menggiurkan


Sementara arena Youtube sering kali berbeda dengan dunia musik atau film. Konten yang diperkirakan akan berhasil, eh nyatanya tidak. Lantas yang dibuat sekadarnya, kok maiah bisa sangat tenar. Pertama, nasib—nasiban. Kedua, segmennya. Sekarang variatif. Ada yang senang lucu, kepoin nasib orang, atau juga konten receh yang nontonnya enggak perlu mikir.

Namun meskipun persaingan kian ketat, sehingga tak lagi semudah dulu video kita dipasangi iklan, tak menyurutkan niat youtuber beraksi. Karena, menjadi youtuber dianggap menjadi jalan pintas untuk meraih popularitas dan uang tentunya. Seperti penyanyi, enggak perlu bikin seribu album ngetop untuk jadi terkenal, cukup satu yang menggelegar dan viral.

Menjadi Youtuber Kian Menggiurkan

Persis yang kerap terjadi di dunia musik, one hit wonder, yakni penyanyi atau band yang melesat hanya berbekal satu lagu hit saja. Pola semacam itu, tentu tidak salah. Tapi, bukankah konsisten untuk menghasilkan konten yang menarik dan semoga bermutu, yang membuat pelakunya bisa bertahan lama, bukan yang hanya menelurkan karya ecek—ecek demi sekadar mengundang komen atau ”jempol"? Paula dan Baim yang artis itu tentu paham sekali tentang hal ini. Tapi entahlah dengan Ria Ricis atau Atta Halilintar.



Quote:



Spoiler for Referensi:
Diubah oleh babygani86
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di