alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Asal Mula Perayaan Halloween dengan Kostum yang Menyeramkan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d72f68d9b17309a4f5e64/asal-mula-perayaan-halloween-dengan-kostum-yang-menyeramkan

Asal Mula Perayaan Halloween dengan Kostum yang Menyeramkan

Asal Mula Perayaan Halloween dengan Kostum yang Menyeramkan

Hallo sahabat kaskuser dimana pun berada, apa kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya.

Sekarang kita sudah memasuki bulan Oktober. Nah, Gan-Sis pasti sudah tahu kan ya, di bulan ini bakalan ada perayaan atau festival apa. Yap betul banget Gan-Sis, di akhir bulan Oktober, tepatnya di tanggal 31 Oktober nanti, akan di adakan perayaan atau festival Halloween Gan-Sis. Walaupun tidak semua orang merayakan Halloween, tapi perayaan ini pun akan di adakan secara serentak di seluruh dunia, termasuk di beberapa kota besar yang ada di Indonesia.

Pada awal sejarahnya, Bangsa Kelt yang juga disebut sebagai Bangsa Celtic yang menghuni wilayah Inggris, Irlandia, dan Perancis, sejak 2000 tahun yang lalu telah merayakan festival Samhain, festival ini pun dilaksnakan setiap tanggal 31 Oktober.

Bangsa Kelt percaya setiap tanggal 31 Oktober, dewa kematian yang di sebut Saman akan datang, dan membantu para roh orang-orang yang sudah meninggal dalam rentang waktu satu tahun, untuk mencapai kehidupan selanjutnya.

Asal Mula Perayaan Halloween dengan Kostum yang Menyeramkan

Pada saat itu pula dipercaya para roh, setan dan juga iblis akan berkeliaran, karena mendpatkan ruang untuk bergerak. Para roh jahat, setan dan juga iblis itu pun akan mampu berbuat onar serta menghancurkan hasil panen warga.

Pada saat perayaan Samhain tersebut para warga akan mengadakan parade keluar kota, dengan pengenakan pakaian dan juga riasan wajah seram, yang menyerupai hantu. Sehingga para roh jahat setan dan juga iblis yang datang pun mengira para warga adalah teman mereka. Hal-hal yang tidak di inginkan pun tidak terjadi. Parade tersebut juga bertujuan untuk mengantar para roh pergi dari pemukiman warga. Warga juga akan menyalakan api unggun pada festival Samhain tersebut. Sampai saat ini festival tersebut masih dilaksanakan dengan nama festival Halloween.

Asal Mula Perayaan Halloween dengan Kostum yang Menyeramkan

Cukup menarik juga ya, sejarah dari perayaan Halloween tersebut. Gimana Gan-Sis, sudah siap dengan kostum tokoh hantu favorit kalian belum, buat ngerayain Halloween yang bakal dirayakan tanggal 31 Oktober mendatang? Misalnya nih, Gan-Sis boleh memakai kostum hantu luar negeri seperti drakula dan manusia serigala juga zombie, atau mau memakai kostum dan riasan wajah hantu lokal, seperti pocong, kuntilanak, atau pun suster ngesot wkwkw ....

Tak kalah penting dari perayaan Halloween ini adalah hiasan labu, yang dibuat menyerupai wajah seram dan juga orang-orangan sawah yang juga tak kalah seramnya. Mungkin hiasan labu dan juga orang-orangan sawah menyeramkan tersebut, digunakan agar para iblis dan roh jahat tidak merusak hasil panen dari ladang dan juga perkebunan warga. Tapi ternyata ada sejarahnya juga lho Gan-Sis.

Hiasan labu menyeramkan yang secara universal memang digunakan sebagai lambang dari perayaan Halloween ini, disebut dengan nama Jack-O-Lantern. Di dalamnya biasanya diletakkan sebuah lilin atau lampu agar memberikan kesan seram di malam hari.

Asal Mula Perayaan Halloween dengan Kostum yang Menyeramkan

Menurut legenda Irlandia, Jack-O-Lantern adalah seorang petani yang malas namun cerdas. Dia berhasil mengelabuhi para iblis sehingga gagal membawanya menuju ke neraka. Namun, karena dosanya, Jack-O-Lantern pun tak dapat masuk ke surga, yang membuat arwahnya bergentayangan seraya membawa sebuah lentera. Legenda yang hidup di masyarakat ini pun dibuatkan simbol berupa labu, dengan ukiran seram yang di letakkan di depan rumah orang yang merayakan Halloween.

Satu lagi nih Gan-Sis, hal yang tak dapat dilepaskan dari perayaan Halloween, yaitu kalimat "Trick or Treat".

Kalimat atau ucapan "Trick or Treat" tersebut pada awal mulanya digunakan sebagai mantra untuk mengusir dan menenangkan para roh jahat, seiring berjalannya waktu mantra tersebut pun berubah arti dan tujuannya. Dimulai ketika bangsa Irlandia bermigrasi ke Amerika, banyak anak-anak kecil dari Irlandia yang berasal dari keluarga miskin, mengunjungi satu per satu rumah warga Amrika dari pintu ke pintu dan mengucapkan kalimat "Trick ot Treat" tersebut, dengan tujuan meminta permen atau pun coklat. Sampai saat ini kebiasaan itu pun sudah menjadi tradisi wajib setiap diadakannya perayaan Halloween.

Asal Mula Perayaan Halloween dengan Kostum yang Menyeramkan

Mitos yang beredar dalam perayaan Halloween diantaranya adalah, bila tanpa sengaja kita melihat laba-laba maka menandakan bahwa ada arwah dari orang yang kita sayangi sedang mengawasi dan berada di dekat kita. Membunyikan bel rumah pada malam Halloween juga dipercaya mampu mengusir roh jahat.

Yang jelas pada saat perayaan Halloween ini, bagi Gan-Sis yang merayakan harus siap sedia banyak permen dan coklat ya wkwkwk ... supaya tidak dijahili dengan berbagai trik jahil dari anak-anak yang meminta permen. Biasanya mereka akan mengacak tanaman di pekarangan rumah atau pun mencorat-coret jendela rumah bila tidak diberi permen sebagai balasan dari kalimat "Trick or Treat" tersebut.

Berikut ini gambar kostum menyeramkan yang mungkin bisa Gan-Sis kenakan saat perayaan Halloween :

Asal Mula Perayaan Halloween dengan Kostum yang Menyeramkan

Semoga thread saya kali ini bermanfaat ya, Gan-Sis. Sampai jumpa lagi di thread saya selanjutnya.

Penulis : fanya06

Sumber referensi : 1 , 2 , 3
Diubah oleh fanya06
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

Baca Juga :

Diubah oleh fanya06

Baca Juga Thread Saya Yang Lainnya, Klik Gambar di Bawah Ini 👇

Asal Mula Perayaan Halloween dengan Kostum yang Menyeramkan
Diubah oleh fanya06
selamat membaca
selamat menyambut halloween
fanya...kanu nanti pake kostum apa,jgn serem² ya,nanti cantiknya hilang loh..
emoticon-Malu
profile-picture
fanya06 memberi reputasi
Bukan tanggal merah coy, ngapain dirayain..
profile-picture
fanya06 memberi reputasi
Quote:


iya Gan 😅😅😅
Neng?


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di