alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
7 Cara Mengatasi Kulit Berjerawat Secara Alami
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d70b49a972e745738c401/7-cara-mengatasi-kulit-berjerawat-secara-alami

7 Cara Mengatasi Kulit Berjerawat Secara Alami

7 Cara Mengatasi Kulit Berjerawat Secara Alami

Cara mengatasi kulit berjerawat - memiliki kulit berjerawat tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Dengan kondisi kulit seperti itu, penampilan kalian akan jadi lebih buruk. Ruam dan bintik merah jerawat akan menambah penampilan kalian jadi kurang menarik. Apalagi kalau jumlah dan kuantitas jerawat banyak. Hal itu tentu berpengaruh pada rasa percaya diri kalian.
Ya, jerawat sendiri adalah masalah kulit yang banyak dialami. Bisa dikatakan juga kalau masalah ini masalah ringan. Tapi biar begitu, ada juga orang yang mengalami jerawat kronis.
Apa itu jerawat kronis? Jerawat kronis adalah kondisi di mana jerawat sudah lagi nggak terkendali. Biasanya pertumbuhan jerawat akan ekstra cepat. Ruam merah pada wajah pun semakin banyak. Pun dengan rasa sakit yang dialami penderita.
Pada dasarnya setiap orang memiliki risiko yang sama atas jerawat. Pun dengan pencegahan dan penanganan jerawat itu sendiri.

Penanganan jerawat umumnya bisa dilakukan dengan cara alami dan sederhana. Walau demikian, cara-cara medis juga dianjurkan; terlebih bila  kondisi jerawat sudah nggak terlanjur kronis dan nggak bisa disembuhkan dengan cara-cara alami.  Namun demikian, cara medis dinilai lebih mahal dibanding cara alami. Oleh karena itu, dibanding cara medis, orang-orang jauh lebih menyukai cara-cara alami untuk mengatasi jerawat.

Nah, lantas, apa saja cara mengatasi kulit berjerawat dengan metode alami ini? Bagaimana penerapannya? Dan, seperti apa tahapannya? Ok. Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Hindari polusi sedini mungkin - cara mengatasi kulit berjerawat

Polusi adalah satu dari sekian penyebab utama jerawat. Polusi akan menyumbat pori dan meningkatkan produksi minyak berlebih pada wajah. Kondisi itu kemudian ditindak lanjuti dengan meningkatkan potensi tumbuhnya jerawat. Dengan kata lain, semakin kalian sering terpapar polusi, semakin mungkin kalian terkena jerawat.

Lantas bagaimana cara menghindari polusi tersebut? Mudah. Jika aktivitas kalian di jalanan, pastikan kalian selalu menggunakan masker, helm, penutup wajah, atau apapun yang menghindarkan wajah kalian dari polusi.

Lakukan cara ini setiap kalian beraktivitas di luar ruangan. Dengan cara ini, paparan polusi yang kalian terima jauh lebih sedikit. Kondisi tersebut akan efektif menurunkan potensi tumbuhnya jerawat. Lagi pula, cara ini juga menjaga wajah kalian agar tetap bersih dari debu dan kotoran. Sederhananya sih, biar nggak kusam-kusam amat.

2. Cuci muka setiap selesai beraktivitas di luar ruangan - cara mengatasi kulit berjerawat

Jika kalian sudah selesai melakukan aktivitas di luar ruangan, kalian bisa membersihkan wajah dengan cuci muka. Cuci muka akan mengangkat kotoran dan debu yang bisa menimbulkan jerawat. Lagi pula, cuci muka juga efektif untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Jadi, semakin sering kalian cuci muka setelah aktivitas luar ruangan, semakin kecil potensi kalian memperoleh kulit berjerawat.

Oh ya, untuk cuci muka ini, kalian bisa lakukan dengan atau tanpa menggunakan sabun. Lakukan mana saja yang menurut kalian efektif.

3. Oleskan toner ke wajah - cara mengatasi kulit berjerawat

Jika sudah selesai dengan cuci muka, kalian dianjurkan untuk menggunakan toner. Kenapa harus toner? Toner adalah bahan yang efektif mengangkat kotoran yang menempel di wajah, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengurangi resiko penumpukan jerawat di wajah.
Loh, kan kotoran sudah terangkat sejak kita menggunakan sabun cuci muka? Iya. Kita memang sudah mengangkat kotoran dengan cuci muka. Tapi kotoran itu kan banyak, nggak semuanya bisa terangkat hanya dengan cuci muka. Oleh karena itu, kita membutuhkan toner untuk mengatasi kotoran-kotoran yang membandel pada wajah.

Agar lebih alami, kalian bisa gunakan toner dengan bahan-bahan alam. Banyak kok toner berbahan alami yang tersedia di pasaran.

4. Gunakan  es batu untuk mengurangi peradangan - cara mengatasi kulit berjerawat

Jika jerawat kalian sudah parah dan muncul peradangan, salah satu cara yang paling dianjurkan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan es batu.
Kenapa harus es batu? Es batu adalah bahan alami yang mampu menekan rasa sakit akibat peradangan. Penekanan rasa sakit ini berguna untuk mengurangi penderitaan kalian. Lagi pula, menggunakan es batu juga sangat efektif untuk menekan peradangan.

Kalian bisa menggunakan es batu tatkala rasa sakit dan peradangan pada jerawat muncul. Kalian juga bisa menggunakan es batu manakala ingin melakukan treatment penyembuhan lain.

5. Gunakan madu untuk mengurangi pertumbuhan jerawat - cara mengatasi kulit berjerawat

Madu adalah satu dari sekian bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker. Madu memiliki manfaat yang unik, yaitu menjaga bakteri baik pada wajah dan berperan aktif dalam mempercepat proses penyembuhan jerawat. Madu dapat digunakan secara rutin. Belum ada resiko yang muncul atas penggunaan madu secara rutin.

Kalian bisa menggunakan masker madu setiap hari untuk menekan pertumbuhan jerawat. Cara menggunakan masker madu pun cukup mudah. Kalian hanya perlu  memasukanya ke dalam microwave selama 30 detik, lalu mengoleskannya secara merata pada seluruh bagian wajah.

6. Mencengkan wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih menggunakan putih telur - cara mengatasi kulit berjerawat

Jika kalian berpikir bahwa wajah kalian sudah mulai mengendur dan ditumbuhi jerawat, kalian bisa menggunakan putih telur untuk mengatasi keduanya. Cara menggunakan putih telur pun relatif mudah. Kalian hanya perlu mengoleskannya sebagai masker. Diamkan telur pada wajah kalian selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

7. Atasi pembengkakan akibat jerawat menggunakan mentimun - cara mengatasi kulit berjerawat

Jika kalian berpikir kalau mentimun hanya bisa digunakan sebagai pemuas nafsu saja, kalian salah. Sebab nyatanya, mentimun juga efektif untuk mengatasi masalah wajah wanita. Kalian bisa mengatasi masalah jerawat seperti pembengkakan menggunakan mentimun. Yang perlu kalian lakukan hanyalah menyisir mentimun menjadi bentukan pipih, tempelkan sisiran tersebut pada area wajah yang mengalami pembengkakan, setalah itu diamkan.


Sumber : https://dijelas.in/2019/10/09/7-cara...-secara-alami/
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di