alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Musim hujan mulai mengintip
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d66fe337f93778c5c179c/musim-hujan-mulai-mengintip

Musim hujan mulai mengintip

Musim hujan mulai mengintip
Angin puting beliung menerjang wilayah Perairan Batam, Kepulauan Riau, Selasa (8/10/2019). Sebagian wilayah Indonesia, termasuk Jakarta, disiram hujan kemarin.
Musim hujan mulai mengintip di wilayah Indonesia. Selasa (8/10/2019), sebagian kecil wilayah Indonesia diguyur hujan. Di Kota Bogor, Jawa Barat, misalnya, hujan deras mengguyur selama dua jam sehingga debit air sungai meluap dan membanjiri permukiman.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor; banjir terjadi di permukiman Kampung Pangumbahan, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan; RW 1, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah; dan Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat.

Ketinggian air yang masuk ke rumah warga setinggi 10-70 cm. Namun, menurut Kepala BPBD Kota Bogor, Juniarti Estiningsih, tak ada warga yang mengungsi karena banjir di permukiman Kota Bogor hanya air lintasan.

"Kalau di hulu sudah surut, genangan air pun ikut surut," kata Esti.

Hujan di Kota Bogor membuat wilayah hilir di sungai Jakarta mengalami peningkatan debit air. Di Pintu Air Manggarai, misalnya, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mencatat ketinggian 540 cm tapi status masih siaga empat per pukul 20.59 WIB.

Meski begitu, seluruh wilayah Jakarta --termasuk Depok, Bekasi, dan Tangerang-- pun diguyur hujan pada Selasa sore. Artinya, ini adalah guyuran pertama sejak hari tanpa hujan berlangsung selama 15-60 hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan sejumlah wilayah di Indonesia memang sudah memasuki fase peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Kabag Humas BMKG, Harry Tirto Djatmiko, mengatakan musim hujan tidak akan lama lagi tiba.

BMKG memprediksi wilayah selatan Indonesia akan lebih dulu dihampiri hujan yang rutin mulai saat ini sampai pertengahan November. "Sementara di bagian utara pada November dan Desember," ujar Harry, Selasa (8/10).

Namun begitu, Kedeputian Klimatologi BMKG Indra Gustari, mengatakan sebagian wilayah Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat mulai masuk musim penghujan. Berikutnya wilayah di Sumatra lain dan sebagian Kalimantan akan dihampiri hujan mulai pertengahan hingga akhir bulan ini.

Merujuk pada kriteria BMKG, musim hujan berarti suatu wilayah diguyur hujan lebih dari 50 mm per 10 hari dan berlanjut dua dasarian (20 hari).

Hujan lebat pun masih berpotensi terjadi sedikitnya di sembilan provinsi pada Rabu (9/10). Bahkan siaran pers BMKG menyebutkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir, guntur, dan angin kencang.

Situasi tersebut bisa terjadi di Bengkulu, Lampung, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Banten, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat.
Musim hujan mulai mengintip


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ulai-mengintip

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Musim hujan mulai mengintip Para pelajar di Aceh ikuti simulasi gempa dan tsunami

- Musim hujan mulai mengintip Berkat dinasti politik, Wawan diduga keruk hingga Rp500 miliar

- Musim hujan mulai mengintip Rekonstruksi Wamena dimulai akhir Oktober

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di