alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Apa Kabar Revolusi Mental Jokowi?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d5c7e28c99149526f9d6a/apa-kabar-revolusi-mental-jokowi

Apa Kabar Revolusi Mental Jokowi?

Apa kabar ya Revolusi Mental?

Itu kan sebuah jargon kampanye yang begitu fenomenal, sampai membuat banyak orang yang ikut berkampanye mau perang total. Kok sekarang jadi tak begitu terkenal? Apakah mungkin program ini sudah akan terpental?

Pada tahun 2014, kampanye milik Pak Jokowi ini kan begitu menarik bagi banyak orang. Gimana enggak, untuk pertama kalinya, ada terobosan dalam kampanye politik Indonesia yang selama ini diisi oleh jargon-jargon bernada terlampau umum.

Kalau melihat asal pemikirannya, siapapun pasti terpukau dengan gagasan revolusi mental Pak Jokowi ini. Kata-kata ini kan di Indonesia pertama kali mengemuka dari Soekarno, presiden pertama negeri ini.

Konon, Revolusi Mental menurut Soekarno adalah suatu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala.

Kurang lebih, revolusi ini terkait dengan perubahan pola pikir agar tak terus memiliki mental seperti bangsa terjajah.

Nah, dengan jargon memukau semacam itu, semua orang pasti menanti-nanti seperti kelanjutannya ketika Pak Jokowi menjabat.


Sayangnya, selama lima tahun periode pertama Pak Jokowi, program tersebut relatif minim sekali didengar. Memang sih ada kementeriannya Bu Puan Maharani yang jadi ujung tombak dari program tersebut. Pak Jokowi sendiri sudah meneken Inpres terkait dengan program tersebut. Selain itu, di situs-situs instansi pemerintahan juga jargon itu kerap dipajang dengan rapi.

Meski demikian, sulit untuk bilang bahwa program tersebut telah benar-benar sukses. Kalaupun pemerintah mengaku sudah menjalankan gagasan revolusioner tersebut, bagaimana ya caranya buat mengukurnya?

Malah sebenarnya ada ironi tersendiri bagi jargon tersebut. Jadi kan, di pemerintahan Pak Jokowi ini ada penghargaan Revolusi Mental Awards 2018 mengukur dan mengapresiasi implementasi revolusi mental di lembaga pemerintahan, kementerian, dan BUMN.

Nah, di antara pemenang penghargaan tersebut, terselip nama Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro sebagai salah satu pemenang. Ironisnya, delapan bulan setelah mendapat penghargaan, Pak Djoko justru malah ditangkap oleh KPK.

Jadi, wajar tuh kalau publik bertanya apanya yang direvolusi ya kalau pemenang penghargaannya malah ditangkap KPK.

Sebenarnya ada perkara lain yang membuat pertanyaan soal kabar Revolusi Mental ini jadi keluar. Pada kampanye Pilpres 2019, sepertinya istilah ini hampir tak terdengar dan kalah pamor dari program lain semacam Kartu Pra Kerja atau Pemerintahan Dilan (Digital Melayani).

Apa mungkin ini jadi sinyal kalau program revolusi mental yang fenomenal itu akan terpental?

Wah, sayang sekali ya, kan sudah banyak yang terpukau dengan revolusi mental ini, apalagi sampai meminjam pemikiran Bung Karno segala. Kita tunggu saja ya, apakah program ini beneran terpental atau akan tetap dikenal.


Sumber: Pinterpolitik.com

Instagram: @pinterpolitik
Twitter: @pinterpolitik
Instagram: @coretanpolitik
LINE OA: @pinterpolitik
YouTube: Pinter Politik
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tolak ukur keberhasilannya apa
Quote:



Waduuuh...emoticon-Bingung
Gagal revolusi mental.., ada wni eks isis mewek2 mau pulang kampung ke indo..., ini contoh mujahid bermental tempe...
TSnya PKI atau HTI?
hasilnya ya cebong2 tolol di kaskus iniemoticon-2 Jempol
mampus lah ts bakalan d serang nastaik bani togok
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
clyope dan soljin7 memberi reputasi
Sudah terlaksana dg baik, makanya banyak kaum agamis pemegang kunci sorga sekarang!
Loh emangnya ada? Program siapa itu dulunya yak? Kok gue ga inget..?? emoticon-Bingung
Udah sukses gan

Bikin www.revolusimental.go.id pake anggaran 140 milyar
Bela negara pake anggaran 45 milyar pertahun

Belum lagi proyek yang lain
profile-picture
I.Just.Run memberi reputasi
Diubah oleh suromenggolo
revolusi mental dimulai dari kantor2 pemerintah.
ane udah keluar masuk dispenda,bapenda, kantor lelang, kantor pertanahan dll.

sudah tidak ada lagi pungutan liar/uang dibawah meja. semua pembayaran serba online melalui bank.
ane sempat balik nama sertifikat, semua dokumen2 selesai tepat waktu tanpa dimintai uang rokok.
biaya yang dibayarkan ke bank sesuai ketentuan.
profile-picture
Balziev memberi reputasi
Kaga ada gaungnya tuh stelah jadi presiden.. ga ada sama sekali ..5 tahun loh, ga kedengeran tuh Puan ama wiwi berusaha, mreka sibuk dengan kartu2 sakti dan bangga dengan kartu2 sakti mreka. padahal kalau revolusi mental dijalankan.. mantul
Emang dia mgerti apa yang dia omongin?
ane rasa sih udah lumayan berhasil revolusi mental nya gan, mental masyrakat jadi lebih terbiasa untuk tidak mendapat subsidi dari pemerintah, mental pejabat jadi makin terbiasa tak perlu memikirkan rakyat emoticon-Big Grin emoticon-2 Jempol
menurut gw pribadi sih berhasil ya.. setidaknya d (mayoritas) warga pulau jawa - bali.. emoticon-Malu (S)

Sisanya ya ga bisa d revolusi mentalnya.. mereka kudu & mesti evolusi dulu.. emoticon-Malu (S)

Pake logika aja deh.. sekarang abad 21 dg segala usaha (be)revolusi d berbagai bidang.. tapi mental dan pemikirannya malah mundur k abad pertengahan.. tau kan siapa ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Sukses banget

Negara lain udah mikirin program masa depan, disini masih sibuk ngurus selangkangan
Apa Kabar Revolusi Mental Jokowi? jawabnnya MANTUL !!!
Revolusi mental, mulailah dari diri sendiri...
Belajar mengantri, dahsyat efeknya..tidak mengambil hak orang lain, lebih menghormati orang lain, lebih tertib, lebih jujur..


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di