alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jadi Varian Termahal, Motor Ini Pakai Mesin 3 Silinder 2300cc, Gak Kebayang Gedenya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d5c410577a939733593ed/jadi-varian-termahal-motor-ini-pakai-mesin-3-silinder-2300cc-gak-kebayang-gedenya

Jadi Varian Termahal, Motor Ini Pakai Mesin 3 Silinder 2300cc, Gak Kebayang Gedenya


Triumph Rocket 3



Jadi Varian Termahal, Motor Ini Pakai Mesin 3 Silinder 2300cc, Gak Kebayang Gedenya

Mungkin sedikit terdengar asing ditelinga kalian mendengar sebutan motor bernama Triumph Motorcycle buatan Inggris ini yang sudah terkenal melahirkan produk berkualitas tinggi. Pertama kali memproduksi sebuah motor pada tahun 1902, sampai akhirnya hasil produksi tersebut menyebar dan dapat dinikmati diseluruh dunia hingga sampai indonesia, namun sempat tidak lagi masuk di Indonesia pada tahun 1970 karena beberapa alasan dan kemudian pada tahun 2012 lalu Triumph kembali ke indonesia sebagai Triumph Motorcycle Indonesia

Triumph Bonneville adalah salah satu andalan dari Triumph sebagai motor klasik yang sudah diproduksi dari dulu hingga sekarang tetap mempertahankan kekonsistenannya, namun kali ini kita tidak membahas sosok Triumph Bonneville melainkan sosok varian terbesar dan termahal dari Triumph yaitu Triumph Rocket 3. Proyek Rocket 3 ini sudah dimulai sejak tahun 1998 oleh Triumph Product Range Manager Ross Clifford dan memulai dengan banyak penelitian - terutama di AS sebagai pesaing dari Harley Davidson Ultraglide dan Honda Goldwing, maka pencetusan awal dari motor ini mengembangkan motor cruiser bermesin 1600cc

Eksperimen yang dilakukan dalam pembuatan Rocket 3 telah menghasilkan beberapa mesin inline 4 bahkan V6, namun rancangan triple atau mesin 3 silinder yang memanjang secara longitudinal menjadi keputusan akhir, menghasilkan kode konsep desain yang diberi nama C15XB Series S1. Desainer bodi dari Rocker 3, John Mockett bereksperimen Model S2 adalah versi yang disederhanakan dengan mudguard belakang yang lebih simpel dan beberapa fitur yang membuatnya sampai pada desain akhir. Namun pada akhirnya model S2 tersebut terlalu radikal lalu disederhanakan agar lebih mudah diterima untuk masyarakat pecinta motor cruiser. 

Pada tahun 2002 motor ini masih berbentuk prototipe yang belum disempurnakan terutama masalah pada mesin karena basis awal pembuatan motor ini mengusung mesin 1600cc, disis lain Triumph mendengar kabar bahwa Yamaha meluncurkan Warrior 1700cc dan Honda mengeluarkan VTX1800, hal tersebut memutuskan Triumph untuk meningkatkan kapasitas mesin menjadi 2300cc yang rencana semula mengusung mesin 1600cc namun masih tetap menggunakan konfigurasi mesin 3 silinder longitudinal. Hingga saatnya prototipe model S3 disempurnakan dan berganti nama menjadi Rocket 3 pada tahun 2003 bersamaan diresmikan di AS tepatnya di San Antonio, Texas 20 Agustus 2003

Mengusung spesifikasi yang unggul mulai dari pengereman yang kabarnya menggunakan rem yang sama dari Triumph Daytona sang superbike andalan Triumph dengan dual disc 320mm 4 kaliper untuk depan dan single disc 316mm 2 kaliper untuk bagian belakang, yang pastinya telah ditunjang dengan teknologi fitur ABS sebagai salah satu keamanan berkendara. Memiliki badan yang sangat bongsor dan berat ini penempatan sektor kaki-kaki yang kokoh merupakan hal terpenting, untuk Rocket 3 ini dibekali velg yang cukup unik dengan ukuran ring 17,5 untuk depan dan ring 16,5 untuk belakang dengan ban yang lebar dan besar. Salah satu ciri khas sebagai motor cruiser adalah memberikan kenyamanan pada saat berkendara, salah satu penunjang kenyamanan tersebut adalah penggunaan suspensi yang mumpuni sebagai peredam guncangan yang baik, Triumph membekali sosok Rocket 3 ini dengan suspensi USD 43mm bagian depan dan Chromed spring twin shock with adjustable preload.

Jadi Varian Termahal, Motor Ini Pakai Mesin 3 Silinder 2300cc, Gak Kebayang Gedenya

Sebagai tambahan di akhir, Triumph Rocket 3 ini memiliki beberapa varian seperti Rocket 3 Cruiser dan Touring yang diperkenalkan tahun 2004.


Jadi Varian Termahal, Motor Ini Pakai Mesin 3 Silinder 2300cc, Gak Kebayang Gedenya

Kemudian Rocket 3 Classic diperkenalkan pada tahun 2006 perbedaan terletak pada muffler dan penggunaan setang pullback.

Jadi Varian Termahal, Motor Ini Pakai Mesin 3 Silinder 2300cc, Gak Kebayang Gedenya

Disusul tahun 2007 dengan Rocket 3 Tourer yang merupakan limited edition karena berumur pendek serta dibekali pannier bagasi beserta sandaran dan screen dibagian depan.

Jadi Varian Termahal, Motor Ini Pakai Mesin 3 Silinder 2300cc, Gak Kebayang Gedenya

Dan yang terakhir model Rocket 3 Roadster sebagai line up dari Rocket 3 series karena memiliki power yang lebih sangar serta penggunaan dual knalpot penambah kesan sporty. Bagaimana soal performa mesin dan spesifikasi lain yang diberikan Rocket 3 ini, mari kita simak ulasan berikut seperti dilansir topspeed.com(11/4/2016).


Kapasitas Mesin : 2294cc DOHC 12 Valve
Pendingin : Cairan
Konfigurasi : 3 Silinder Longitudinal
Tenaga : 106hp @6000rpm, 148hp @5750rpm(Roadster)
Torsi : 203Nm @2500rpm, 221Nm @2750rpm(Roadster)
Transmisi : 5 Percepatan
Top Speed : 219kmh
Kapasitas Tangki : 24 Liter (6,4l/100km)
Berat : 358 Kilogram (Dry Weight) ,334 Kilogram (Dry Weight) Roadster


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di