alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Ini Dia Bahayanya Makan Siomay Daging Ikan Sapu-Sapu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d5aa7337f934e8d6a6ea1/ini-dia-bahayanya-makan-siomay-daging-ikan-sapu-sapu

Ini Dia Bahayanya Makan Siomay Daging Ikan Sapu-Sapu

Ini Dia Bahayanya Makan Siomay Daging Ikan Sapu-Sapu


Ikan sapu-sapu atau dalam bahasa latin hypostomus plecostamus, adalah ikan yang dapat bertahan hidup dalam cuaca ekstrim maupun kondisi air yang kotor. Rasa siomay memang enak, baik untuk dikonsumsi sebagai camilan maupun sebagai makanan utama. Namun jika siomay yang kita konsumsi adalah siomay dengan berbahan daging ikan sapu-sapu yang hidup di air kotor makan akan lain ceritanya. ikan sapu-sapu yang digunakan untuk membuat siomay oleh pedagang nakal biasanya ikan sapu-sapu yang hidup di air kotor. Air kotor tersebut sudah terkontaminasi berbagai kotoran, mulai dari limbah rumah tangga hingga berbagai logam berat. Bahaya apa saja yang bisa kita alami jika mengkonsumsi ikan sapu-sapu yang terkontaminasi berbagai kotoran tadi? Simak info berikut:

Luka pada lambung

Ikan sapu-sapu yang hidup di air yang terkontaminasi logam dengan jenis kadmium dapat mengakibatkan iritasi pada lambung dan dasar lambung yang dapat mengakibatkan peradangan serta peningkatan kadar asam lambung. Hal ini akan berujung pada luka pada lambung atau tukak lambung.

Gangguan fungsi hati

Daging ikan sapu-sapu yang terkontaminasi tembaga dan kadmium sekaligus dapat melukai dinding liver. Jika hati mengalami luka dan terjadi peradangan maka akan menurunkan kualitas fungsinya. Logam berat yang mengendap dalam jaringan hati dapat menyumbat, memperlambat, bahkan memblokir lanvarnya aktifitas hati.

Kerusakan pada otak

Siomay dari daging ikan sapu-sapu yang mengandung timbal dan tembaga, jika dikonsumsi dapat memyebabkan tersumbatnya aliran darah seputar otak, menyebabkan iritasi, meracuni darah dan oksigen yang masuk ke kepala bahkan merusak pembuluh darah otak yang nantinya dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak.

Anemia

Mengkonsumsi siomay dari daging ikan sapu-sapu yang tercemar secara terus menerusdapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah. Logam berat yang ada pada daging ikan sapu-sapu dapat menyerap, mencemari, dan mengikat sel darah merah dalam tubuh. Akibatnya jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang yang mengakibatkan seseorang dapat terserang anemia.

Tulang mudah rapuh

Jika dikonsumsi terus menerus, daging ikan sapu-sapu yang memiliki kandungan logam jenis kadmium, dalam jangka panjang dapat mempercepat pengikisan kalsium dalam tulang. Akibatnya tulang dapat dengan mudah menjadi keropos dan rapuh. Logam jenis kadmium dapat meruask kekuatan permukaan tulang secara bertahap hingga ke dasar tulang.

Kelima bahaya di atas bukan bahaya yang main-main. Kita butuh makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh kita. Jangan sampai keinginan makan ini itu membuat kita lupa akan kebersihan dan kesehatan.


Spoiler for Sumber:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di