alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
5 Manfaat Kacang Almond
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d5985e83c726db0534942/5-manfaat-kacang-almond

5 Manfaat Kacang Almond

5 Manfaat Kacang Almond

Ilustrasi. Kacang almond kaya akan nutrisi (Pixabay)





Selain kacang tanah dan kedelai, almond juga merupakan salah satu kacang yang paling populer di berbagai wilayah di dunia. Kacang yang berasal dari pohon badam ini diketahui berasal dari kawasan Timur Tengah.

Almond mengandung berbagai macam nutrisi yang membuatnya bermanfaat untuk dikonsumsi. Tak hanya disantap langsung sebagai camilan, almond pun kerap menghiasi berbagai jenis makanan sebagai topping.

Berikut beberapa manfaat yang almond sediakan untuk kesehatan tubuh.

1.      Kaya nutrisi

Dalam 1 ons atau setara dengan 28 gram almond mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak yang 9 gram di antaranya adalah lemak tak jenuh tunggal.

Almond juga menyimpan nutrisi lain seperti vitamin E, vitamin B2, mangan, magnesium, tembaga, serta asam fitat yang merupakan zat pengikat mineral tertentu.

2.      Tinggi antioksidan

Almond kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan mampu melindungi tubuh dari stres oksidatif yang dapat merusak molekul sel dan mengakibatkan peradangan dan sejumlah penyakit kronis seperti kanker.

Antioksidan paling tinggi terdapat di bagian kulit almond yang berwarna cokelat. Oleh karena itu, almond berwarna pucat yang dihilangkan kulitnya tidak mampu menjadi sumber antioksidan.

3.      Mengontrol gula darah

Magnesium merupakan jenis mineral yang terlibat ke dalam lebih dari 300 proses tubuh, termasuk mengontrol kadar gula darah.

Almond sendiri kaya akan kandungan magnesium. Mengonsumsi almond sangat berkhasiat bagi mereka yang mengidap kondisi sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

4.      Mengurangi kadar kolesterol

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi almond dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Seseorang yang memiliki kadar kolesterol jahat dalam jumlah tinggi dapat berisiko mengalami penyakit jantung.

Almond juga dapat melindungi LDL dari proses oksidasi yang merupakan langkah berbahaya dalam perkembangan munculnya penyakit jantung.

5.      Mengurangi rasa lapar

Almond kaya akan protein dan serat serta rendah karbohidrat. Dengan kandungan nutrisi ini membuat tubuh akan merasa kenyang lebih lama sesaat setelah mengonsumsi almond. Hal ini juga dapat membantu mengurangi asupan kalori.


Sumber: CNNIndonesia.com, Healthline.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di