alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Buzzer Harus Ditertibkan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d50a2018e0d137d3ece40/buzzer-harus-ditertibkan

Buzzer Harus Ditertibkan

Buzzer Harus Ditertibkan

Pemerintah harus menertibkan buzzer (pendengung) nakal yang memanipulasi fakta dan opini publik karena membahayakan persatuan dan kesatuan negara.

"Keberadaan buzzer, tidak hanya melulu jelek, tetapi tetap ada positif. Tapi bila buzzermemanipulasi opini publik, memanipulasi fakta, maka itu menjadi salah. Kalau itu terjadi tentu buzzer harus dihapuskan karena bukan hanya membahayakan negara, tetapi bisa memecah belah rakyat," kata pengamat Komunikasi Politik Hendri Satrio di Jakarta, Selasa (8/10), seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, keberadaan buzzer di era media sosial (medsos) tidak bisa dinafikan lagi. Sama juga seperti medsos, buzzer juga memiliki sisi positif dan negatif. Karena itu, sebagai orang yang hidup di Bumi Indonesia, buzzer juga harus memiliki etika dalam menyebarkan berita atau opini ke masyarakat. Pasalnya, konten yang disebar para buzzerini akan sangat mudah diserap masyarakat.

Hendri mengatakan, yang paling menakutkan bila kemudian buzzer-buzzer itu dianggap sebagai salah satu pendorong orang untuk membenci manusia Indonesia lainnya.

Hendri menilai, keberadaan buzzer ini harus dibedakan dibandingkan medsos. Medsos sisi positifnya sebenarnya lebih banyak dibandingkan mudharatnya. Paling kentara, dengan adanya medsos, setiap orang akhirnya bisa bebas berpendapat tanpa harus menunggu media konvensional seperti televisi, radio, dan surat kabar memuat pemikiran individu yang lain.

Selain itu, dengan medsos, orang bisa lebih eksis mengeluarkan pendapatnya. Tapi, menurut dosen Komunikasi Politik Universitas Paramadina ini, masalahnya adalah banyak orang yang justru bukan menyuarakan opini di medsos, tetapi hanya membaca opini orang lain. Dengan adanya opini orang lain di medsos, maka kemudian medsos dianggap sebagai wahana yang bisa mengatur opini orang lain.

Hendri melanjutkan, dengan opini orang lain dibaca, maka si individu itu bisa ikut-ikutan memiliki opini yang sama dan bisa menyuarakan opini yang sama dengan yang dibaca. Karena fenomena itu kemudian, dimanfaatkan orang-orang yang memanfaatkan medsos untuk kepentingannya dengan menggunakan buzzer.

Hendri menilai, sejauh pengamatannya, keberadaan buzzer ini sangat efektif untuk melakukan propaganda. Pasalnya, rata-rata para buzzer memiliki follower yang banyak. Itulah yang membuat buzzer sangat laris, tidak hanya di even politik, tetapi juga untuk mempromosikan sesuatu.

Sebenarnya, kata Hendri, keberadaan para buzzer ini mudah dikenali. Caranya mereka pasti menggiring opini yang sama, isu yang sama, meskipun caranya berbeda.

Untuk itu, ia mengimbau, di tengah kondisi negara yang ‘belum sembuh’ setelah menjalani proses demokrasi serta kondisi sosial politik akhir-akhir ini, para buzzer ini harus menggunakan hati nuraninya untuk ikut serta menjaga perdamaian dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apalagi ancaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme masih menjadi ancaman nyata bagi Indonesia.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 7 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
kalo menurut ane ngebuzzer untuk menetralkan suasana gapapa sih, asal jangan ngebuzzer untuk kepentingan suatu kelompok aja
ditertibkannya jgn sampe kebablasan yaaaa... ntar jd ga demokratis yeee... mantul nih infonyaaaa... update dan terbaru... bisa jd bahan bacaan dan refleksi diiriii... jugaaa isinyaaa menarik dan berbobottttttt... mantul dehhhh... lanjutkan share info2 menarik lainnyaaa gannnn... ditunggu jugaaaa... biar makin banyak bacaan2 okok di kasku yeeeee kannnnn... ntappsss dehhhhhh....ditungguuu....
Quote:


Ojo2 sampean kang MATT*****76 emoticon-Leh Uga
profile-picture
liee memberi reputasi
musnahkan saja! wkwkwk....
Fungsi Buzzer sendiri gak jelas dalam undang-undang negara. ia sebagai pengaman, pers, ASN atau PNS?
apakah buzzer dari golongan Kampret? Golongan Cebong?
atau
malah persatuan Cebong & kampret. (Apakah agan-agan ada yg tau? )
emoticon-Bingung
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Pemerintah bagai kacang lupa kulit. Mereka bisa duduk disana ya berkat jasa buzzer mereka a.k.a jasmev emoticon-Malu

Skarang tugas jasmev dah kelar, udah menang 2 periode . Waktunya dilepeh

Terima kasih jasmev atas jasamu mengadu domba netizen indonesia
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


betul.. mulutnya harus dibui juga.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Nah ini ane setuja emoticon-Embarrassment
dimana mana memang selalu ada drama sebab akibat ya, antara yang memanfaatkan dan dimanfaatkan juga banyak, maka sebaiknya kita jadi orang yang "cerdas" dalam hal apapun ya gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Iya betul harus ditertibkan,ganggu trending topic.Pusing ane lama-lama emoticon-Ngamuk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Balasan post raja1998
Quote:


kecuali, dia 'mengganggu' sosmed karena ada kepentingan lain misalnya dibayar (?)
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
ya balik lagi sih tergantung orang yang menggunakan sosmednya. kalau sadar tidak penting dan tidak ada kepentingan, harus sadar untuk stop menyebar negativity di internet
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalau bisa tangkap dan hukumlah emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Wkwkwk kasian bajer kadrun udah gak laku sekarang nyerang bajer pemerintah, sesama bajer sok-sok menyuarakan kebenaran TAAEEKK emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


pateni sisan om emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
kayaknya soeharto tuh bener dengan membatasi orang buat ngomong, karna ternyata omongannya kyak tai semua emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sankus010 dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Setuju

Apalagi kl yg gazebo
Wah jangan dah nyebar yg bikin perpecahan bangsa
Daripada nyimak buzzer mendi nyimak brazzer.

profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di